Jadi Camilan Favorit, Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Seblak?

Reporter : Mila I
Kamis, 8 Desember 2022 10:57
Jadi Camilan Favorit, Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Seblak?
Pasti banyak nih yang doyan makan seblak.

Kehamilan jadi sebuah momen yang begitu membahagiakan oleh ibu hamil karena harus fokus menjaga si Kecil saat masih berada di dalam kandungan. Tak jarang kebahagiaan pun datang dari makanan apalagi saat ingin selalu mengunyah, sehingga berbagai makanan favorit dikonsumsi sewaktu hamil.

Seblak menjadi salah satu makanan yang bisa mengungah selera makan ibu hamil, apalagi disajikan di kala hujan. 

Seblak adalah jajanan khas Bandung yang jadi hits dan disukai banyak kalangan, termasuk ibu hamil. Lantas, apakah boleh ibu hamil makan seblak?

1 dari 4 halaman

Bolehkah Ibu Hamil Makan Seblak?

Jawabannya boleh, Moms. Tapi sebaiknya Moms mengolah seblak di rumah karena lebih higienis dan bisa memilih sendiri bahan yang aman atau tidak. 

Selain itu, dengan mengolah sendiri, Moms bisa mengukur tingkat kepedasan yang aman.

Tidak kalah penting, pastikan juga seblak yang Moms olah matang dengan sempurna.

2 dari 4 halaman

Manfaat Makan Seblak saat Hamil

Kalau seblak dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai salah satu favoritnya, maka rasa stres ketika sedang menjalani masa kehamilan akan berkurang. 

Seblak yang disajikan dengan kondisi hangat bisa membantu meredakan rasa mual dan muntah. Bumbu-bumbu dalam seblak yang gurih dan pedas membantu ibu hamil mengatasi salah satu masalah selama masa kehamilan.  

Tak hanya mampu mengatasi mual dan muntah saat hamil saja, namun seblak yang pedas pun memiliki kandungan vitamin C sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Ibu hamil yang tak nafsu makan melihat nasi bisa menganti sumber karbohidrat dengan beberapa bahan di dalam seblak. Perlu diingat bahwa karbohidrat menjadi sumber energi untuk ibu hamil karena harus menjalani berbagai aktivitas.

3 dari 4 halaman

Efek Samping Makan Seblak saat Hamil

Seblak yang diolah dengan berbagai bumbu atau MSG (Monosodium Glutamat) tentu memberikan efek untuk kesehatan ibu hamil. 

Di Indonesia sendiri memang belum ada takaran yang pasti dalam anjuran penggunaan MSG, tapi beberapa negara maju sudah ada batasan dalam konsumsi MSG melalui makanan yakni 0,3 – 1 gram setiap harinya.

Demi kesehatan janin di dalam kandungan terutama terhadap penurunan fungsi otak, maka dari itu penggunaan MSG memang perlu dibatasi atau bisa beralih pada penyedap rasa alami.

Beri Komentar