5 Aturan Mandi untuk Ibu Hamil, Catat ya Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Sabtu, 11 September 2021 07:57
5 Aturan Mandi untuk Ibu Hamil, Catat ya Moms!
Mandi bagi ibu hamil ternyata tidak boleh asal.

Menjaga kesehatan tubuh di masa kehamilan adalah hal yang penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mandi dua kali sehari.

Di mana mandi bisa membuat tubuh Moms lebih segar dan meningkatkan sistem kekebalan. Pasalnya ibu hamil jadi mudah merasa gerah atau kepanasan.

Meskipun ibu hamil bisa mandi seperti orang pada umumnya, sayangnya mandi tidak boleh asal tanpa mempertimbangkan 5 aturan berikut:

1 dari 5 halaman

Hindari Mandi dengan Air Terlalu Panas

Siapa sih yang tidak suka mandi dengan air hangat? Tapi saat tubuh terasa lelah dan tekanan darah turun, mandi dengan air hangat akan membuat pembuluh darah di tubuh ibu hamil menjadi melebar.

Selain itu, berendam di air panas berlama-lama pada trimester pertama kehamilan sangat tidak dianjurkan. Hal tersebut bisa membatasi aliran darah dan nutrisi untuk bayi.

Jika ingin mandi dengan air hangat, sebaiknya tidak boleh melebihi 39 derajat celcius. Jadi gunakanlah air hangat yang mendekati dingin.

2 dari 5 halaman

Waktu Mandi yang Tepat

Khusus ibu hamil punya aturan mandi tersendiri. Di mana aturan ini sebenarnya untuk membuat sang ibu dan janin tetap dalam kondisi baik.

Tubuh ibu hamil sangat sensitif, oleh karena itu sebaiknya tidak sembarangan memilih waktu untuk mandi. Moms sebaiknya memilih waktu yang paling nyaman seperti di atas jam 5 pagi dan mandi pada sore hari. Hindari pula kebiasaan mandi terlalu pagi dan di tengah malam.

3 dari 5 halaman

Jangan Berendam Terlalu Lama

Kebiasaan berendam di bathtub yang terlalu lama saat hamil berisiko memengaruhi perkembangan janin.

Disinfektan pada air yang dipakai berendam oleh ibu hamil bisa memengaruhi janin melalui paparan kulit Moms dan terhirup ketika bernapas.

Selain itu, terlalu banyak menggunakan sabun khusus saat berendam cukup berbahaya bagi kesehatan vagina dan busanya bisa mengganggu keseimbangan pH di miss V ibu hamil.

4 dari 5 halaman

Perhatikan Kondisi Kamar Mandi

Saat berbadan dua dan agak lemah, peluang mengalami cedera karena jatuh di dalam kamar mandi akan besar.

Oleh karena itu, Moms harus memperhatikan pijakan ketika berjalan di dalam kamar mandi, terutama di bagian lantai yang tidak rata. Disarankan untuk tidak mengenakan sendal selagi mandi. 

5 dari 5 halaman

Tidak Pakai Sabun Terlalu Wangi

Peningkatan kemampuan penciuman ibu hamil umumnya terjadi pada trimester pertama. Di mana ibu hamil jadi lebih sensitif terhadap wewangian karena adanya perubahan hormon.

Maka sebaiknya Moms tidak memilih sabun yang baunya menyengat. Menggunakan sabun yang terlalu wangi bisa berisiko mual dan muntah ketika sedang mandi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar