Trik Menghitung Kontraksi Jelang Persalinan, Wajib Paham Moms!

Reporter : Mila
Kamis, 9 September 2021 16:57
Trik Menghitung Kontraksi Jelang Persalinan, Wajib Paham Moms!
Penting untuk diketahui nih.

Di trimester tiga kehamilan, Momsmulai mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran bayi. Salah satunya adalah dengan mencari informasi soal kontraksi.

Kontraksi terjadi ketika otot rahim meregang dan mengerut untuk membuka jalan rahim dan mendorong bayi ke leher rahim. Saat kontraksi terjadi, tahap persalinan pun dimulai. Intensitas kontraksi persalinan akan terus bertambah kuat dengan semakin dekatnya waktu persalinan.

Mengatur waktu kontraksi bisa memberikan gambaran yang lebih baik tentang tahap persalinan. Ini juga menjadi informasi Moms Mama mengenai kapan waktunya untuk pergi ke rumah sakit.

1 dari 3 halaman

Kapan Mulai Menghitung Waktu Kontraksi?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Mulailah mengatur waktu kontraksi segera setelah Moms mengalami dua atau tiga kali kontraksi yang cukup teratur.

" Kalau ibu mengalami kontraksi satu atau dua kali, tunggu sampai yang ketiga. Pada saat itu Mama mulai memasuki tahapan persalinan," kata Cheryl MacDonald, pendiri Birth Rocks.

Untuk memulai menghitungnya, kontraksi mungkin akan berlangsung sekitar satu menit dan terjadi setiap 15 menit atau lebih.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada pola yang ditetapkan jadi jangan khawatir jika kontraksi yang Mom alami tidak teratur.

2 dari 3 halaman

Kapan Harus ke Dokter?

Setelah kontraksi mulai datang lebih sering, lebih konsisten, durasinya lebih lama dan lebih menyakitkan, sekarang saatnya untuk menghubungi dokter. Sekalipun intervalnya tidak konsisten atau jika Moms tidak yakin kalau Mama mengalami persalinan nyata, tetapi kontraksi datang cukup teratur, tetaplah menghubungi dokter, untuk memastikan semua baik-baik saja.

ilustrasi ibu hamil dan dokter © Diadona

Moms juga bisa langsung pergi ke rumah sakit ketika ketuban pecah, mengalami perdarahan, atau cairan berwarna merah terang (bukan cokelat atau merah muda). Bila Moms mengalami penglihatan kabur atau ganda, sakit kepala parah atau terjadi pembengkakan mendadak, ini juga salah satu tanda untuk segera ke rumah sakit atau menghubungi dokter.

3 dari 3 halaman

Tanda Persalinan Sudah Dekat

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Moms akan mengetahui bahwa inilah waktunya untuk bersalin jika mengalami beberapa hal berikut:

  • Keputihan bersamaan dengan darah,
  • kontraksi mulai datang lebih sering,mungkin setiap lima menit,
  • kontraksi yang sering ini tidak mereda dan tetap kuat secara konsisten alih-alih mereda,
  • setiap kontraksi lebih lama durasinya (30 hingga 70 detik) dan lebih menyakitkan daripada yang di fase awal,
  • punggung terasa sakit,
  • ketuban pecah.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar