Hamil di Usia Remaja, Waspada Risiko Kanker Rahim!

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 3 September 2021 07:57
Hamil di Usia Remaja, Waspada Risiko Kanker Rahim!
Harus terus waspada ya!

Tahu gak sih kamu kalau salah satu faktor risiko seseorang mengalami kanker rahim adalah kehamilan pada usia dini? Seperti diketahui kanker serviks adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi para wanita, terutama saat masa kehamilan.

Meskipun terbilang jarang sekali terjadi pada wanita hamil, kemungkinan ini masih ada. Kanker serviks akan menyerang sel indung telur pada rahim yang menimbulkan gangguan berbahaya.

Maka dari itu, ketahui yuk risiko kanker rahim pada wanita yang hamil di usia dini.

1 dari 3 halaman

Kanker Rahim pada Usia Dini

Salah satu hal yang berisiko sebabkan kanker rahim adalah usia serviks yang masih terlalu muda. Hal tersebut membuat bagian tersebut lebih mudah untuk dipenetrasi oleh virus.

Oleh karena itu, banyak dokter menyarankan batas usia seseorang untuk menikah adalah 17 tahun. Jika lebih muda dari itu, tidak hanya kanker rahim saja yang bisa terjadi, gangguan-gangguan lainnya juga timbul.

2 dari 3 halaman

Ibu hamil berusia dini dan mengidap kanker serviks dapat mengalami gangguan berbahaya lainnya. Keguguran, kelahiran prematur, janin yang terhambat pertumbuhannya, hingga risiko kanker terjadi pada janin mungkin saja terjadi.

3 dari 3 halaman

Dampak Kesehatan Lainnya

Selain kanker rahim, terdapat gangguan lainnya yang bisa seperti:

  • Kurang perawatan sebelum melahirkan yang menyebabkan risiko bayi lahir cacat.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Bayi lahir dengan berat badan rendah.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar