Sulit Tidur Pasca Melahirkan? Coba 5 Metode Alami Ini Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 8 September 2021 16:57
Sulit Tidur Pasca Melahirkan? Coba 5 Metode Alami Ini Moms!
Susah tidur pastinya bikin Moms sangat lelah.

Sulit tidur setelah melahirkan atau postpartum insomnia sangat lumrah dialami perempuan. Fluktuasi hormonal, gangguan mood, dan penyesuaian waktu istirahat dengan kehadiran si Kecil kerap memicu kondisi ini.

Moms yang mengalami postpartum insomnia akan sulit sekali tidur lelap meski si Kecil sudah tertidur dan sangat mudah terbangun karena cemas atau berkeringat, bahkan hanya karena sedikit sekali gangguan suara.

Lalu bagaimana ya cara mengatasinya?

1 dari 5 halaman

Kurangi Kafein

Salah satu alasan Moms sulit tidur adalah karena asupan kafein harian yang berlebih. Batasi konsumsi kopi harian Moms menjadi hanya satu cangkir per hari.

Sebagai alternatif jangka pendek, Mama bisa mencoba mengonsumsi teh lavender atau chamomile. Dua teh herbal ini terbukti secara ilmiah mampu merangsang perasaan positif dan ikatan emosional Moms terhadap bayi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi gejala depresi serta kelelahan.

2 dari 5 halaman

Lakukan Teknik Pernapasan

Latihan pernapasan sederhana bisa membantu Moms rileks dan mengantuk. Sementara, latihan relaksasi otot membantu Moms menenangkan diri dan pada akhirnya juga mengantuk.

Moms bisa mempraktekkan kedua hal ini dari internet ya!

3 dari 5 halaman

Lakukan Akupresur

Akupresur adalah sebuah terapi tradisional asal Tiongkok berupa penekanan titik tertentu pada tubuh menggunakan jari. Moms bisa menekan titik Shen Men di telinga, tepatnya pada puncak fossa segitiga.

Ilustrasi AkupresurIlustrasi Akupresur © Pinterest BodyJ4You

Menekan atau memijat bagian ini bisa membantu mengatasi berbagai kondisi kecemasan, rasa takut, dan stress yang seringkali menjadi penyebab sulit tidur. Moms bisa melakukan teknik akupresur sendiri atau dengan bantuan pasangan atau ahli.

4 dari 5 halaman

Matikan Gadget

Menjelang tidur, Moms mungkin masih sering menonton televisi atau melihat media sosial. Tanpa sadar waktu terus berlalu hingga sangat larut.

Perlu diketahui, cahaya yang dipancarkan peralatan ini juga menurunkan tingkat melatonin atau hormon tidur dalam tubuh hingga menyebabkan Mama sulit tidur nyenyak.

Oleh karena itu, yuk mulai sekarang kurangi screen time sebelum tidur!

5 dari 5 halaman

Pijat Punggung

Sebuah studi membuktikan bahwa terapi pijat punggung selama 20 menit setiap sore selama lima hari berturut-turut mampu memperbaiki kualitas tidur perempuan pasca melahirkan.

Moms bisa meminta orang terdekat atau memanggil tenaga pijat khusus untuk membantu relaksasi tubuh dan memperbaiki kualitas tidur.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar