3 Jenis ASI yang Diproduksi Ibu Menyusui, Mana yang Kandungannya Lebih Baik?

Reporter : Mila
Selasa, 26 Januari 2021 07:57
3 Jenis ASI yang Diproduksi Ibu Menyusui, Mana yang Kandungannya Lebih Baik?
Busui harus tahu nih!

Seperti yang kita tahu, Air Susu Ibu (ASI) mengandung nutrisi penting untuk tumbuh kembang buah hati. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan para ibu untuk menyusui bayi selama enam bulan penuh.

Sebelum memberikan ASI, Moms harus tahu dulu nih tentang manfaatnya. Tak lupa, Moms juga harus tahu jenis-jenis ASI biar tak mudah khawatir saat menyusui si kecil.

Ada 3 jenis ASI yang harus Moms tahu. Apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah!

1 dari 3 halaman

Asi Kolostrum

Kolostrum adalah ASI yang diproduksi saat kehamilan dan selama beberapa hari setelah melahirkan. ASI Kolostrrum berwarna kuning dengan tekstru yang lebih lengket.

ASI Kolostrum Mengandung tinggi protein, rendah lemak, dan antibodi, khususnya Immunoglobulin A, serta sel darah putih untuk melawan infeksi. Meski jumlah kolostrum yang dihasilkan tubuh terbilang sedikit, tapi sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi di beberapa hari pertama setelah lahir.

2 dari 3 halaman

ASI Transisi

ASI Transisi adalah kombinasi dari ASI Kolostrum dan ASI Matur. Selama waktu ini, Moms biasanya akan merasakan payudara yang penuh dengan ASI. Hal ini membuat payudara nampak besar, berat, dan bengkak.

Awalnya ASI Transisi akan terlihat lebih kuning dan kental karena masih tercampur dengan ASI Kolostrum. Seiring waktu ASI transisi akan terlihat lebih putih dan cair.

ASI Transisi sendiri mengandung immunoglobulin, protein, dan vitamin yang lebih rendah dari kolostrum.

3 dari 3 halaman

ASI Matur

ASI Transisis ini akan berubah menjadi ASI Matur saat bayi berusia sekitar dua minggu. ASI Matur adalah kombinasi foremilk dan hindmilk. Waktu bayi menyusui, susu pertama yang keluar dari payudara adalah foremilk. Foremilk memiliki tektur lebih tipis, berair, dan rendah lemak dan kalori. Saat bayi terus menyusu, hindmilk akan keluar dan bertekstur lebih tebal, creamy, tinggi lemak, dan kalori.

Saat bayi berusia satu bulan, biasanya ia mengonsumsi 59 hingga 88 ml ASI setiap menyusui. Seorang wanita akan memproduksi sekitar 700 ml ASI setiap hari.

ASI Matur kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi semua kandungan dalam ketiga jenis ASI yang sudah dijelaskan di atas sama pentingnya ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar