Yang Perlu Diperhatikan dari Penggunaan Kartu Kredit, Biar Nggak Asal Pakai dan Berujung Panik

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 23 Juli 2020 09:40
Yang Perlu Diperhatikan dari Penggunaan Kartu Kredit, Biar Nggak Asal Pakai dan Berujung Panik
Jangan sampai kemudahan yang ditawarkan kartu kredit justru menyulitkanmu.

Sistem kartu kredit adalah sebuah fitur yang dimaksudkan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan transaksi. Tanpa mengeluarkan uang tunai dan menggunakan sebuah kartu saja. Tinggal gesek dan transaksi pun terjadi. Terlebih saat ini juga muncul varian lain bernama pay later yang berkonsep sama dengan kartu kredit hanya saja berwujud digital.

Kemudahan selalu membuat terlena, termasuk dalam penggunaan kartu kredit. Artis dan desainer kondang Ivan Gunawan diketahui menggunting banyak kartu kreditnya karena mulai merasa kecanduan belanja akibat kemudahan kartu kredit.

Kecanduan belanja hanya satu hal saja yang perlu diwaspadai dari penggunaan kartu kredit. Banyak hal lain yang juga perlu kita perhatikan. Apa saja kah itu? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Penggunaan kartu kredit sebaiknya hanya dilakukan di saat-saat tertentu saja. Ini untuk menghindari kemungkinan menjadi terlena sehingga berlebihan dalam bertransaksi dengan kartu kredit.

Agar penggunaannya terjaga, perlakukan kartu kredit layaknya kartu debet yang hanya kamu pakai saat tidak punya uang tunai untuk membayar.

Selain itu, kartu kredit juga lebih baik dimanfaatkan untuk pengeluaran yang pasti akan diganti seperti uang makan yang akan diganti oleh kantor atau biaya berobat yang pasti mendapat reimburse.

2 dari 4 halaman

Banyak orang yang terlena dalam penggunaan kartu kredit maupun paylater semata karena kemudahan transaksinya. Saat menggunakan sistem kartu kredit atau paylater, kita merasa seperti tak mengeluarkan uang sepeser pun untuk membeli sesuatu.

Tidak menutup kemungkinan seseorang menjadi terlena dan tergiur untuk melaukan banyak transaksi tanpa memikirkan bagaimana melunasinya. Ujung-ujungnya justru menyulitkan diri sendiri.

Padahal, tetap perlu diingat bahwa kartu kredit dan pay later adalah bentuk lain dari utang. Selayaknya utang yang biasa kamu lakukan, maka transaksi lewat dua fitur tersebut juga perlu untuk dilunasi, bahkan sangat penting untuk diprioritaskan agar tak menjadi beban yang menumpuk.

3 dari 4 halaman

Pembayaran kartu kredit sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Tidak perlu menunggu sampai datang tanggal jatuh tempo untuk melakukan pembayaran. Toh dengan membayar lebih cepat kamu juga akan mendapatkan keuntungan seperti terbebas dari bunga.

Terakhir, jangan anggap kekayaanmu bertambah hanya dengan memiliki kartu kredit. Kartu kredit bukanlah gaji tambahan yang membuatmu bisa bebas membeli apapun yang dimau. Walaupun transaksinya terasa mudah, namun sebenarnya segala transaksi dengan kartu kredit tetap akan dibebankan padamu di akhir.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi kartu kredit © Diadona

Kartu kredit dan paylater adalah kemudahan yang bisa mendatangkan manfaat kalau bisa dipergunakan dengan bijak.

Sebaliknya, kalau kamu gegabah, ya siap-siap aja bakal kesusahan sendiri.

Beri Komentar