Waspadai Kebocoran Gaji, Lakukan 3 Tahap Pengecekan Ini Sebelum Melakukan Pembelian

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 11 Agustus 2020 09:40
Waspadai Kebocoran Gaji, Lakukan 3 Tahap Pengecekan Ini Sebelum Melakukan Pembelian
Cek cek cek~

Hari-hari di awal gajian rasanya jadi momen semanis gula bagi kehidupan para pekerja. Namun, yang namanya gula kalau nggak bisa dikontrol pemakaiannya juga bakal bikin eneg, nggak enak. Begitu pula dalam hal gaji.

Bijak memperlakukan gaji agaknya masih jadi pekerjaan rumah bagi banyak pekerja, mulai dari yang masih ada di tahap first jobber sampai yang sudah lama bekerja. Semua pasti pernah mengalami terjebak dalam pembelian yang kurang bijak dan menyebabkan pengeluaran bocor nggak keruan.

Untuk mengerem kebocoran itu, ada tiga langkah pengecekan yang bisa kamu lakukan terlebih dahulu. Yuk sama-sama simak ulasannya!

1 dari 4 halaman

Cek kondisi keuangan

Ilustrasi cek isi dompet © Diadona

Tanggal gajian tiba. Nominal saldo tabungan sudah bertambah. Eits, jangan keburu nafsu membeli ini itu. Ada baiknya kamu mengecek kondisi keuanganmu secara keseluruhan terlebih dahulu.

Maksudnya, cek segala pengeluaran pokok yang perlu kamu lakukan. Apakah masih ada utang yang perlu dilunasi? Ada tagihan rutin yang perlu dibayar? Ada kebutuhan lain yang lebih urgent?

Kalau keuanganmu sendiri belum terlalu sehat dan cenderung mepet, tahan diri dulu deh. Urungkan sejenak niatmu untuk hedon dan fokus perkuat kondisi finansialmu.

2 dari 4 halaman

Cek motivasi pembelianmu

Ilustrasi kolektor mobil © Diadona

Pengecekan tahap pertama sudah lewat. Setelah dikurangi dengan segala pengeluaran rutin, ternyata kondisi keuanganmu masih cukup sehat. Ada sejumlah uang yang bisa kamu alokasikan untuk membeli barang idaman.

Lagi-lagi, jangan keburu beli. Sekarang waktunya kamu cek motivasimu membeli barang tersebut. Apakah kamu ingin membelinya untuk tujuan hiburan dan menyenangkan diri? Atau justru kamu ingin membelinya agar nampak wow di mata orang lain?

Kalau alasanmu adalah yang kedua, lebih baik kembali urungkan niatan pembelianmu. Kebahagiaan pasca membeli barang dengan niat membuat kagum orang lain nggak akan bertahan lama kok. Lagipula, bisa-bisa biaya pamermu bakal lebih tinggi dari biaya hidup.

3 dari 4 halaman

Cek kelayakannya

Ilustrasi perempuan belanja © Diadona

Pengecekan tahap kedua terlewati. Ternyata motivasimu memang untuk membahagiakan diri. Oke, boleh. Sekarang lakukan pengecekan terakhir.

" Hah, masih harus ngecek lagi?"

Iya, tenang ini yang terakhir kok. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah pembelian yang akan kamu lakukan sebanding dengan kerja kerasmu untuk mendapatkan uang selama ini? Tujuannya sederhana kok, biar kamu lebih bisa menghargai barang yang kamu beli nantinya.

Membeli barang mungkin akan membuatmu senang, tapi melakukan introspeksi sebelum pembelian seperti ini juga termasuk dalam bentuk penghargaan pada diri sendiri.

Beri Komentar