Tips Manajemen Keuangan ala Tokopedia, Biar Makin Cuan di 2023

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 1 Februari 2023 17:05
Tips Manajemen Keuangan ala Tokopedia, Biar Makin Cuan di 2023
Tokopedia bersama Tirta Prayudha, pendiri Big Alpha, punya tips manajemen keuangan yang akan buat 2023 kamu makin cuan nih

Pembahasan tentang manajemen keuangan akhir-akhir ini semakin marak dan banyak didiskusikan di berbagai tempat dan platform sosial media. Tentu saja ini adalah berita yang sangat baik karena secara tidak langsung masyarakat kita mulai melek dan peduli dengan literasi keuangan.

Sejalan dengan hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mengeluarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada tahun 2022 yang menyebutkan bahwa literasi keuangan masyarakat Indonesia meningkat sebesar 49,68 persen, dibanding 2019 yang hanya 38,03 persen. Artinya, awareness literasi keuangan di masyarakat bukanlah isapan jempol belaka.

Oleh karena itu, tak heran jika di awal tahun baru ini banyak masyarakat Indonesia yang ingin mengubah kondisi finansial lebih baik dengan membuat resolusi keuangan 2023. Lalu, bagaimana sih tips manajemen keuangan yang baik biar di tahun 2023 ini makin cuan? Simak beberapa tips ala Tokopedia di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Tips dan Trik Mengatur Keuangan Pribadi Jadi Lebih Sehat ala Tokopedia

Jadi, Tokopedia bersama Tirta Prayudha, pendiri Big Alpha-platform penyedia konten edukasi mengenai keuangan, membagikan tips cara berinvestasi yang tepat agar semakin cuan di tahun yang baru. Di bawah ini, adalah tips yang bisa kamu ikuti agar kamu makin cuan!

1. Kelola Keuangan dengan Baik

Tips pertama demi keuangan yang sehat, kebiasaan pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan harus dihindari. Kemudian, juga jangan sampai lupa untuk mencatat semua pengeluaran dengan menggunakan sarana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. “ Tujuannya agar dapat mengukur kemampuan menabung dan berinvestasi,” ucap Tirta.

2 dari 4 halaman

2. Siapkan Dana Darurat

Kemudian tip yang kedua adalah menyiapkan dana D=darurat. Jadi, dana darurat adalah hal penting yang perlu disiapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi secara mendadak dan mungkin bisa menyebabkan kondisi keuangan terganggu.

Caranya gimana?

Caranya bisa dengan menabung secara otomatis dari rekening yang dimiliki. Sehingga, nantinya akan lebih disiplin dalam memisahkan dana darurat yang dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

3. Tentukan Instrumen Investasi

Tips Manajemen Keuangan ala Tokopedia © Diadona

Lalu yang terakhir adalah berinvestasi. Dan layaknya berinvestasi yang baik, tentukan instrumen investasi yang cocok dengan keadaan dan kebutuhan kamu.

Nah, dalam menentukan instrumen investasi yang tepat, jangan terbuai dengan keuntungan fantastis tanpa melakukan riset. “ Carilah instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan finansial serta cari tahu profil risikonya. Misalnya, emas dan reksa dana merupakan dua instrumen keuangan yang dinilai relatif aman bagi pemula bisa menjadi pilihan.”

“ Dan jangan ragu untuk bertanya atau berkonsultasi dengan financial planner agar investasi yang dilakukan bisa mendatangkan keuntungan,” jelas Tirta.

Tips Manajemen Keuangan ala Tokopedia © Diadona

Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, sekaligus bagian dari Grup GoTo, Tokopedia terus berupaya #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk dalam memulai dan menemukan produk investasi, seperti Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana (terdapat pilihan Pasar Uang dan Pendapatan Tetap agar sesuai dengan profil risiko yang diinginkan pengguna)

4 dari 4 halaman

Secara lebih lanjut, Head of Investment and Insurance Tokopedia, Ruth Afrita mengatakan, “ Di Tokopedia, siapa pun bisa jadi investor. Cukup dengan investasi mulai dari Rp5.000,- untuk Emas (atau dapat dilakukan juga saat berbelanja melalui Pembulatan Emas) dan Rp10.000,- untuk Reksa Dana. Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa dana ini pun telah bekerja sama dengan partner yang diawasi oleh OJK (Bareksa dan Pegadaian) dan BAPPEBTI (Pluang) sehingga aman dan terpercaya”

“ Harapannya, dengan berbagai pilihan investasi di Tokopedia, masyarakat dapat memilih instrumen investasi yang paling sesuai. Serta turut mendorong masyarakat untuk menjadikan sebagai kebiasaan sehingga tujuan investasi dapat tercapai,” tutup Ruth.

So, dari beberapa tips manajemen keuangan ala Tokopedia di atas ada yang perlu kamu garis bawahi ya. Yaitu, tentukan instrumen investasi yang tepat. Pastinya, yuk bareng-bareng jadikan Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana sebagai instrumen investasi kita.

Beri Komentar