Suami Seorang Habib, Kartika Putri Akui Pegang 100 Persen Keuangan Rumah Tangga

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 23 Maret 2021 17:40
Suami Seorang Habib, Kartika Putri Akui Pegang 100 Persen Keuangan Rumah Tangga
Gimana cara pembagian keuangan dalam keluarga yang paling ideal?

Keuangan dalam rumah tangga jadi satu hal krusial yang sangat penting untuk dibahas bersama. Keterbukaan dan kesepakatan antar pihak dalam hubungan jadi hal wajib untuk diterapkan.

Salah satu bentuk kesepakatan terkait keuangan dalam kelularga ditunjukkan oleh Kartika Putri. Di sebuah wawancara baru-baru ini, artis yang akrab disapa Karput itu mengaku jadi penentu utama arus keuangan di keluarga.

"Semua ATM, duit, aku yang pegang," ujar istri Usman bin Yahya.

"Semua kalau beli apa-apa atas nama aku," imbuhnya.

1 dari 4 halaman

Penghasilan dikelola istri

Tidak ada benar dan salah dalam pembagian keuangan dalam keluarga. Sistemnya justru sangat cair karena berada di ranah privat. Segala sistem yang berlaku harus sesuai dengan kesepakatan suami istri.

Ahli perencanaan keuangan Prita Ghozie menyebut bahwa ada empat jenis pembagian keuangan dalam rumah tangga. Salah satunya telah diterapkan oleh Kartika Putri dan suami dalam rumah tangganya.

" Ini namanya SUAMI. Semua Uang Anda Milik Istri," ujar Prita.

Dalam model pembagian ini, semua uang penghasilan suami akan diserahkan pada istri untuk dikelola. Sementara itu, istri juga akan memegang uangnya sendiri.

2 dari 4 halaman

Penghasilan gabungan

Model pembagian keuangan lain adalah menggabungkan penghasilan. Baik suami maupun istri mempunyai sumber penghasilan masing-masing. Kemudian penghasilan akan digabungkan seratus persen untuk kebutuhan keluarga.

" Mungkin nanti prianya dijatahin berapa, perempuan dijatahin berapa untuk kebutuhan mereka masing-masing, tapi most of it itu masuk ke situ (kebutuhan keluarga)," terang Prita di kanal YouTube Raditya Dika.

3 dari 4 halaman

Penghasilan dikelola masing-masing

Salah satu alternatif lain adalah dengan melakukan pengelolaan mandiri. Baik suami maupun istri sama-sama memiliki sumber penghasilan sendiri-sendiri. Masing-masing pihak juga tidak saling tahu dengan kondisi keuangan pasangannya. Sistem ini memerlukan komunikasi yang lebih intens agar tak terjadi kesalahpahaman.

" Pokoknya si laki-laki nanti akan bertanggung jawab misalnya bayar cicilan, apa apa apa. Perempuan tanggung jawabnya mungkin belanja bulanan dan lain-lain. Masing-masing nggak saling tahu penghasilannya berapa," papar Prita.

4 dari 4 halaman

Penghasilan murni dari suami

Model pembagian keuangan terakhir yang paling sering diterapkan dalam hubungan rumah tangga konservatif adalah suami berperan sebagai pencari uang utama dan satu-satunya.

" Sementara si perempuan dia sama sekali mungkin tidak berpenghasilan. Jadi dia hanya menantikan saja penghasilan dari si laki-lakinya," terang Prita.

Jadi mana yang menurut Diazens lebih tepat? Cara pembagian keuangan seperti pada rumah tangga Kartika Putri atau dengan tiga model lainnya?

Beri Komentar