7 Perbedaan Mendasar Orang Hemat dan Pelit, Kamu Termasuk yang Mana nih?

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 30 Desember 2020 08:47
7 Perbedaan Mendasar Orang Hemat dan Pelit, Kamu Termasuk yang Mana nih?
Meski terlihat sama, tapi sebenarnya dua hal ini berbeda lho!

Uang adalah hal yang cukup kompleks sekaligus sensitif untuk dibahas. Tak bisa dipungkiri, tanpa uang kita jelas tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu kita harus mengatur dan mempergunakan uang secara berhati-hati dan bijak.

Tapi tahu gak sih, ternyata ada dua tipe orang dalam hal cara mengatur keuangan, yaitu pelit dan hemat.

Mungkin sekilas terlihat sama. Tapi ternyata ada beberapa hal dasar yang membedakan dari keduanya lho. Lantas, apa saja? Yuk langsung simak artikelnya!

1 dari 7 halaman

Orang Hemat Memprioritaskan Uang untuk Kebutuhan, Orang Pelit Merasa Rugi

Setiap bulannya pasti kita butuh yang namanya pergi berbelanja bulanan. Orang hemat bakal secara cermat menghitung biaya yang dibutuhkan sebelum pergi untuk membeli kebutuhan dasar. Sedangkan orang pelit cenderung mengeluh karena merasa berat hati mengeluarkan isi tabungannya, padahal itu untuk kebutuhan dasar.

2 dari 7 halaman

Orang Hemat Menyisihkan Uang untuk Masa Depan, Orang Pelit Hanya Mengeluarkan Sedikit Uang

Orang hemat selalu menyisihkan uang setiap bulannya untuk berjaga-jaga siapa tahu ada kebutuhan darurat di masa kelak. Berbeda dengan orang pelit yang hanya mau mengeluarkan sedikit uang, itupun kadang masih mengeluh.

3 dari 7 halaman

Orang Hemat Suka Berdonasi, Orang Pelit Boro-Boro!

Orang hemat cenderung dermawan dan tidak merasa keberatan untuk mengeluarkan uang untuk membantu orang lain. Sedangkan orang pelit sebaliknya, mereka enggan berdonasi.

4 dari 7 halaman

Orang Hemat Belanja dengan Bijak, Orang Pelit Belanja Barang yang Paling Murah bahkan Suka Gratisan

Orang hemat cenderung berbelanja kebutuhan dengan bijak. Saat belanja mereka akan melihat kualitas barang tersebut. Jika kualitas barang tersebut baik, artinya barang itu akan awet. Soal harga asalkan mampu, mereka tidak merasa masalah. Kebalikannya, orang pelit selalu memilih barang dengan harga termurah, malah kalau bisa gratis.

5 dari 7 halaman

Orang Hemat Tidak Masalah untuk Berbagi, Orang Pelit Merasa Rugi

Seperti halnya berdonasi, orang hemat merasa tidak masalah berbagi kepada orang lain asalkan masih masuk akal. Sedangkan orang pelit yang selalu perhitungan karena merasa rugi kalau harus berbagi.

6 dari 7 halaman

Saat Berbisnis Orang Hemat Mengeluarkan Modal Secukupnya, Orang Pelit Mengeluarkan Modal Kecil tapi Ingin Untung Besar

Saat memulai bisnis, orang hemat cenderung mengeluarkan modal secukupnya namun tetap berhati-hati. Kemudian kalau dirasa menguntungkan, barulah mereka akan menambahkan modal lagi. Sedangkan orang pelit selalu mencari cara apapun untuk mengeluarkan modal sedikit dengan banyak untung. Waduh!

7 dari 7 halaman

Orang Hemat Masih Memberi Dirinya Self Reward, Orang Pelit Jangan Harap!

Setelah bekerja keras, biasanya sebagian orang menghadiahi diri mereka sendiri dengan liburan atau self reward lainnya. Orang hemat sesekali tidak masalah untuk memanjakan dirinya seperti pergi liburan. Sedangkan orang pelit masih saja perhitungan dengan diri sendiri dengan mencari liburan termurah atau tidak liburan sama sekali.

Hayooo, kalian termasuk yang mana nih? Sekali lagi, hemat itu harus tapi jangan sampai pelit ya!

 

Beri Komentar