Punya Rekening Lebih dari Satu, Ini 5 Tujuan yang Perlu Dipertimbangkan

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 23 Maret 2021 07:40
Punya Rekening Lebih dari Satu, Ini 5 Tujuan yang Perlu Dipertimbangkan
Bagi duit ke lima rekening berbeda? Repot banget! Emang buat apa sih?

Membuat rekening terpisah adalah salah satu metode umum yang dilakukan saat menabung. Biasanya, kita membagi rekening ke dalam dua tujuan, satu untuk diendapkan dan satu lagi untuk digunakan.

Rupanya, ada metode alternatif dalam menabung di mana kita akan membagi rekening ke dalam lima tujuan. Metode ini diungkapkan oleh perencana keuangan Ferdie Darmawan.

Apa saja tujuan dari pembagian lima rekening tersebut? Simak pembahasan berikut yuk, Diaznes!

1 dari 6 halaman

Simpan Penghasilan

Rekening pertama adalah untuk penyimpanan utamamu, yakni rekening yang digunakan untuk menyimpang uang penghasilan dari hasil bekerja. Walaupun punya lebih dari satu sumber, usahakan untuk tetap menyimpan seluruhnya di satu rekening ini.

Uang di dalam rekening ini lah yang kemudian akan dipartisi dan disimpan di beberapa rekening terpisah sesuai dengan kebutuhannya. Uang yang masih tersisa setelah kamu membaginya sesuai tujuan akan jadi tabungan yang terus bertambah tiap bulannya.

2 dari 6 halaman

Kebutuhan Operasional

Rekening kedua yang perlu dimiliki adalah rekening penyimpanan uang untuk tujuan operasional. Mulai dari kebutuhan harian, bulanan, sampai berbagai cicilan dan tagihan.

Menyatukan seluruh uang kebutuhan operasional ke dalam satu rekening akan memudahkanmu dalam melakukan pembayaran. Selain itu, hal ini dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kebocoran pengeluaran yang tak sesuai tujuan awal.

3 dari 6 halaman

Dana Darurat Jangka Pendek

Dana darurat adalah salah satu pengaman yang perlu dipersiapkan sejak awal. Dana darurat pun rupanya dapat dibagi lagi ke dalam dua jenis menurut rentang waktunya, yakni dana darurat jangka pendek dan dana darurat jangka panjang.

Simpan uang di dalam rekening untuk dana darurat jangka pendek apabila uang-uang tersebut ditujukan untuk mempersiapkan kondisi sakit ringan, kecelakaan kecil, serta kemungkinan PHK.

4 dari 6 halaman

Dana Darurat Jangka Panjang

Sementara itu, rekening dana darurat jangka panjang akan berisi uang yang ditujukan untuk kebutuhan tak terduga yang lebih besar risikonya, yakni yang berhubungan dengan hilangnya sesuatu secara permanen, mulai kesehatan, penghasilan, sampai nyawa.

Wujud dari rekening ini adalah berupa tabungan proteksi asuransi penghasilan.

5 dari 6 halaman

Investasi

Jika sudah memiliki empat rekening di atas, kita juga haru memiliki satu rekening lagi yang ditujukan untuk berinvestasi. Tak hanya berfungsi untuk menyimpan uang, rekening ini juga dapat membantumu melakukan perputaran uang sehingga jadi lebih untung.

Beri Komentar