Awas Kantong Jebol, Ini 5 Trik Jitu Biar Nggak Boros Waktu Belanja di Supermarket

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 21 Agustus 2021 08:40
Awas Kantong Jebol, Ini 5 Trik Jitu Biar Nggak Boros Waktu Belanja di Supermarket
Kebutuhan terpenuhi, kantung pun tetap terisi.

Belanja bulanan adalah salah satu kegiatan wajib yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Banyak pilihan tempat berbelanja, namun supermarket jadi salah satu yang paling populer, terutama untuk mereka yang memang nggak jago nawar kalau belanja di pasar.

Walaupun sekilas terlihat simpel, tapi dalam berbelanja pun butuh kecerdikan tersendiri lho. Dibutuhkan strategi dan kiat-kiat agar uang bisa dimanfaatkan seefektif mungkin sehingga yang kita keluarkan saat belanja tidak berlebihan dan kebutuhan tetap terpenuhi.

Dilansir dari laman magforwoman, berikut ini adalah trik hemat untuk belanja di supermarket. Check it out!

1 dari 6 halaman

1. Buat Daftar Belanja

Ilustrasi daftar belanja © Diadona

Salah satu cara paling sederhana untuk menghindari pengeluaran berlebihan di supermarket adalah dengan membuat daftar barang-barang yang Anda butuhkan sebelum mulai berbelanja.

Ini akan memastikan bahwa Anda tidak membeli barang-barang yang tidak perlu dan mengeluarkan uang terlalu banyak. Lihat terlebih dahulu dapur dan lemari es di rumah untuk memeriksa apa yang masih tersedia dan apa yang sudah habis.

Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak dan kemudian menimbun terlalu banyak bahan. Tetaplah berpegang pada daftar kebutuhan dan hindari pengeluaran berlebihan.

2 dari 6 halaman

2. Jangan Mudah Teralihkan oleh Penawaran

Papan tanda barang diskon atau penawaran gratis buy one get one free dimaksudkan untuk memikat pembeli agar membeli barang yang mungkin sebenarnya tidak mereka butuhkan. Hindari mengarah ke arah papan besar yang meneriakkan penjualan itu.

Tetap pada daftar dan lanjutkan ke bagian pembayaran. Skim melalui kesepakatan yang dipajang hanya jika Anda memiliki kekuatan untuk menahan diri dari godaan untuk memasukkannya ke dalam keranjang Anda.

3 dari 6 halaman

3. Gunakan Uang Tunai

Ilustrasi uang rupiah © Diadona

Kartu kredit cenderung memainkan peran utama dalam membantu pembelanja untuk mengeluarkan uang lebih banyak. Karena tidak ada pertukaran uang tunai yang sebenarnya, pembeli tidak pernah menyadari berapa banyak uang yang diambil dari kartu mereka.

Daripada menyesali pembelian saat membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan, hindari belanja berlebihan dan lebih baik bawalah uang tunai yang terbatas. Menggunakan uang tunai dapat membantu mengawasi kebiasaan belanja dan menjadi sadar tentang barang-barang yang dibeli.

4 dari 6 halaman

4. Manfaatkan Kupon Diskon

Anda dapat memanfaatkan kupon diskon untuk berbagai toko melalui penawaran promosi. Mengumpulkan kupon atau menyimpan kodenya di ponsel mungkin terasa seperti pekerjaan yang membosankan pada awalnya, tetapi ini dapat membantu menghindari pengeluaran berlebihan di supermarket.

Saat menggunakan kupon, Anda akan dapat mengurangi jumlah tagihan dan membeli barang-barang sesuai dengan penawaran pada kupon.

5 dari 6 halaman

5. Jangan Ajak Anak Berbelanja

Ilustrasi belanja bareng anak © Diadona

Anak-anak memiliki kecenderungan khas untuk merengek kepada orang tua sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, terutama ketika mereka berada di supermarket.

Anak-anak terpikat oleh bagian berwarna-warni dari permen, mainan, permainan atau alat tulis, dan mereka dapat mengganggu orang tua untuk mendapatkan mereka barang sampai para orang tua terpaksa menyerah pada tuntutan.

Hindari membawa anak-anak berbelanja, kecuali jika Anda siap untuk mengeluarkan uang banyak.

Beri Komentar