Tren Muda-mudi Korea Selatan Beri Hadiah Saham untuk Pasangan, Bisa Diterapkan di Indonesia?

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 20 Mei 2021 16:49
Tren Muda-mudi Korea Selatan Beri Hadiah Saham untuk Pasangan, Bisa Diterapkan di Indonesia?
Hadiah anti-mainstream dari anak muda Korea Selatan untuk pasangannya.

Hadiah apa yang biasa Diazens berikan untuk pasangan? Bunga? Cokelat? Dinner mewah?

Di Korea Selatan, deretan hadiah romantis itu belakangan mulai tergeser popularitasnya, berganti dengan bentuk hadiah yang sekilas terdengar tak lazim, yakni saham.

Ya, muda-mudi di Negeri Gingseng belakangan punya kecenderungan untuk memberi saham sebagai hadiah pada pasangan. Alih-alih memberi iPhone atau MacBook, muda-mudi Korea Selatan justru menghadiahkan sekian persen kepemilikan perusahaan Apple untuk pasangannya.

Bagaimana tren ini bermula?

1 dari 3 halaman

Tren Gift Card Saham di Korea Selatan

Gift card saham di Korea Selatan © Diadona

Dilansir dari laman Insider, tren ini berawal dari keputusan salah satu perusahaan pialang sekuritas dan perbankan investasi terbesar di Korea Selatan, Shinhan Investment Corp. Mereka mencantumkan opsi saham dalam bentuk gift card pada salah satu aplikasi keluaran KakaoTalk, yakni Kakao Gift.

Berlaku sejak Natal 2020, opsi ini berhasil meningkatkan popularitas kegiatan investasi dalam bentuk saham pada muda-mudi Korea Selatan karena mudahnya akses yang ditawarkan. Tak perlu mahir dalam hal teknologi atau investasi, pembeli gift card saham cukup memasukkan kode registrasi dan saham pun akan terbeli.

Saham dari sejumlah perusahaan tersedia dalam bentuk gift card di aplikasi Kakao Gift. Sebut saja gift card saham Apple yang diargai mulai dari Rp 300 ribu sampai gift card saham Tesla mulai dari Rp 370 ribu.

Gift card saham ini menjadi sangat populer. Tercatat sebanyak lebih dari 20.000 gift card saham telah terjual sejak 24 Desember 2020. Rataan usia pembeli berkisar antara 20-an samai 30-an dengan pembelian gift card Tesla, Apple, Starbucks, dan Netflix sebagai yang paling populer.

2 dari 3 halaman

Bisa Diterapkan di Indonesia?

Mengingat pengaruh besar Korea Selatan sebagai kiblat romansa muda-mudi saat ini, apakah menggunakan saham sebagai hadiah untuk pasangan bisa diterapkan juga di Indonesia?

Jawabannya bisa. Meski saat ini belum ada fitur gift card saham yang membuat akses jual beli di pasar modal jadi lebih mudah, namun kita tetap bisa mengakalinya. Caranya, dengan menransfer sejumlah saham dengan rekening dana investor (RDI) milik pasangan sebagai tujuannya.

Tentu ada beberapa syarat agar cara ini bisa terlaksana dan tetap romantis. Pertama, kita harus pastikan bahwa pasangan telah memiliki RDI dan aktif di Pasar Modal. Kedua, kita sebagai pemberi juga harus aktif dalam investasi saham, karena sistemnya yang tak sepraktis gift card.

3 dari 3 halaman

Terakhir, pastikan bahwa pasangan yang diberi hadiah berupa saham merupakan pasangan tetap atau setidaknya yang sudah serius. Dengan demikian hadiah saham tak hanya romantis, namun juga bermanfaat untuk kehidupan rumah tangga atau persiapan menuju pernikahan.

Kalau sudah kasih hadiah saham, eh hubungannya kandas, gimana dong? Yaudah, ikhlasin aja ya.

Beri Komentar