Masih Sendiri Jangan Lalai, Begini Cara Atur Keuangan yang Tepat untuk Para Single

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 26 September 2020 21:40
Masih Sendiri Jangan Lalai, Begini Cara Atur Keuangan yang Tepat untuk Para Single
Mentang-mentang belum berkeluarga terus jadi foya-foya gitu?

Belum punya pasangan apa lagi keluarga. Penghasilan tetap sudah ada. Hmmm, hidup rasanya bebas sekali. Mau apa aja yang perlu pakai duit kemungkinan besar bisa diwujudkan.

Eits, tapi jangan sampai terlena dan melupakan pentingnya perencanaan keuangan. Walaupun sekarang kamu masih single, uang-uang yang kamu miliki tetap harus dikelola dengan baik lho.

1 dari 5 halaman

Dua jenis single

Dilansir dari laman Lifepal, wealth asset manager Fioney Sofyan Ponda, S.Ked., RFA mengatakan bahwa ada dua jenis single berdasarkan beban keuangannya, yakni yang tanpa tanggungan dan dengan tanggungan.

Single tanpa tanggungan adalah mereka yang memiliki penghasilan tetap tanpa harus menanggung siapa-siapa lagi selain diri sendiri. Sementara single dengan tanggungan sebaliknya, mereka belum berkeluarga, namun memiliki tanggung jawab terhadap pihak lain selain dirinya. Misal, masih memiliki adik yang bersekolah dan harus dibantu pembiayaannya.

Untuk para single dengan tanggungan, ada tiga hal yang perlu diingat dalam rangka mengatur keuangan. Apa aja sih?

2 dari 5 halaman

1. Dana darurat

Miliki dana darurat setidaknya enam bulan dari gaji. Bukan berharap datangnya hal buruk, tapi sekedar berjaga-jaga jika ada hal yang mendadak muncul di saat keuangan utama sedang tak bisa digunakan, kamu masih bisa menutupi pengeluaran sampai enam bulan ke depan.

3 dari 5 halaman

2. Asuransi

Asuransi kesehatan dan asuransi jiwa adalah dua hal yang wajib dimiliki seorang single dengan tanggungan. Kamu nggak bisa bergantung dengan orang lain, sebaliknya, kamu adalah tempat orang lain bergantung. Miliki lah asuransi swasta sebagai pendamping BPJS agar mendapatkan perlindungan yang saling mengisi satu sama lain.

4 dari 5 halaman

3. Investasi

Menabung sudah pasti harus dilakukan. Lebih dari itu, uang yang kamu miliki bisa diputar agar menghasilkan uang yang lebih lagi lewat jalur investasi. Berinvestasi dalam bentuk emas, saham, obligasi, dan lain sebagainya akan bermanfaat untuk tujuan pribadimu yang bersifat jangka panjang. Menanggung orang lain jangan sampai bikin lupa tujuan pribadi kan?

Beri Komentar