Hadapi Krisis, Begini 4 Cara Berhemat di Masa Pandemi

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 23 September 2020 18:40
Hadapi Krisis, Begini 4 Cara Berhemat di Masa Pandemi
Gimana sih cara agar keuangan bertahan di masa pandemi?

Ancaman pandemi COVID-19 memang berbahaya. Tak hanya membunuh banyak nyawa, namun juga memutus banyak sumber penghidupan manusia. Mulai dari hilang pekerjaan, potong gaji, atau bisnis yang terpaksa gulung tikar akibat imbas penyakit yang disebabkan oleh virus corona tersebut.

Segala ketidak pastian finansial itu menyebabkan kita harus pandai-pandai dalam berstrategi mengatur pola keuangan. Salah perhitungan dan perlakuan sedikit saja bisa jadi malah bakal menyusahkan kehidupanmu ke depan.

Nah, dalam rangka menghadapi krisis, berikut ini Diadona akan bagikan empat langkah berhemat di masa pandemi.

1 dari 5 halaman

1. Hitung dan catat pengeluaran

Langkah pertamanya sederhana. Lakukan pencatatan dan penghitungan pengeluaran sedetil mungkin, bahkan sampai pengeluaran untuk hal-hal minor sekalipun. Buat rincian dari catatan tersebut, kemudian hitung total pengeluaran yang kamu lakukan. Setelahnya, coba bandingkan dengan berapa pemasukan ke depan serta berapa sisa tabungan yang ada. Tujuannya adalah untuk menjadi dasar perencanaan alokasi keuanganmu ke depannya.

2 dari 5 halaman

2. Usahakan memangkas pengeluaran

Setelah mendapatkan jumlah hitungan pengeluaran yang tepat, kamu juga harus melakukan adaptasi berupa pemangkasan pengeluaran. Di tengah pemasukan yang berkurang tentu nggak mungkin dong kamu bergaya hidup seperti di waktu normal?

Potong biaya-biaya yang kemungkinan besar tak terpakai di era pandemi ini seperti biaya transportasi ke kantor, biaya makan siang, serta biaya liburan. Tinjau ulang juga semua pengeluaran dalam hal layanan berlangganan seperti internet, tv kabel, Netflix, Spotify, dan layanan sejenis. Mana yang benar-benar butuh dan mana yang bisa kamu hentikan sementara?

3 dari 5 halaman

3. Negosiasi ulang tagihan

Krisis karena pandemi ini tak hanya berdampak ke segelintir pihak, namun hampir menyeluruh. Oleh karena itu, beberapa perusahaan bisnis kredit atau pinjaman biasanya akan menyediakan keringanan untuk pelunasan tagihan.

Selain itu, untuk utang yang hubungannya dengan perseorangan juga sangat bisa untuk dinegosiasikan. Tapi ingat, harus tetap dilunasi ya.

4 dari 5 halaman

4. Cari penghasilan tambahan

Pandemi memang menggebuk banyak pelaku bisnis serta membuat beberapa karyawan harus merasakan pengurangan gaji, namun bukan berarti usaha serta merta berhenti. Kamu tetap bisa memanfaatkan waktu yang lebih banyak dihabiskan di rumah untuk mendapatkan penghasilan tambahan, misal lewat berjualan makanan dengan sistem online, mengajarkan kursus daring, dan masih banyak lagi.

Beri Komentar