Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan, Gak Perlu sampai Makan Mie Instant Lagi deh!

Reporter : Mila
Sabtu, 26 September 2020 16:57
Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan, Gak Perlu sampai Makan Mie Instant Lagi deh!
Akhir bulan nggak akan terasa berat lagi kalau kamu menerapkan tips-tips di bawah.

Akhir bulan sering kali menjadi momok bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, uang yang mulai menipis dan banyaknya kebutuhan yang masih harus dipenuhi membuat kamu panik dan takut gak bisa bertahan hidup. Kalau sudah kayak gini, ujung-ujungnya ya apalagi kalau bukan makan indomie dan minum promag.

Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan

Eits-eits, yang kalimat terakhir tadi jangan ditiru ya. Selain gak baik untuk tubuhmu, hal seperti itu juga menggambarkan kamu yang gak bisa mengatur keuangan di akhir bulan.

Untuk itu kami tim dari DIADONA.id merangkum beberapa tips supaya kamu bisa tetap bertahan di akhir bulan tanpa harus sengsara makan mie instant tiap hari. Langsung simak aja ya artikelnya di bawah!

1 dari 4 halaman

Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Coba deh kita flashback ke awal bulan, waktu uang yang kamu punya masih gemuk-gemuknya. Apa kamu suka menghabiskan duit untuk sesuatu hal yang sebenarnya gak kamu butuhkan?

Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan © Diadona

Kalau iya kamu harus tahu dulu nih cara membedakan kebutuhan dan keinginan alias lapar mata saja. Kalau dirasa suka kalap membeli suatu hal yang gak penting, inget deh ntar akhir bulannya kamu bakal sengsara. Memenuhi keinginana memang menyenangkan, tapi bukankah memenuhi kebutuhan lebih bermanfaat?

2 dari 4 halaman

Metode 50:30:20

Metode ini pertama kali dicetuskan oleh Elizabeth Warren, seorang ahli dari Harvard Univesity sekaligus pakar perencana keuangan terkemuka di Amerika.

Metode 50:30:20 mengharuskan kamu membagi penghasilan menjadi 3 kategori, yaitu needs (kebutuhan), wants (keinginan) dan saving (menabung).

Untuk lebih jelasnya kamu bisa nonton video di bawah ini ya!

3 dari 4 halaman

Pakai Promo

Promo yang ada harus kamu manfaatkan semaksimal mungkin, apalagi waktu akhir bulan atau tanggal tua. Meskipun tetap harus membayar setidaknya menggunakan promo bisa membuatmu sedikit berhemat. Makanya pintar-pintar ya cari promo, hehe.

Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan © Diadona

4 dari 4 halaman

Iuran/Patungan

Seperti kata pepatah, segalanya akan lebih ringan jika dipikul bersama. Jadi gak ada salahnya nih untuk urusan perut kamu sharing bill alias patungan dengan teman atau kerabat lain. Perut kenyang, dompet tetep aman!

Tips Bertahan Hidup di Akhir Bulan © Diadona

Nah itu tadi tips-tips untuk bertahan hidup di akhir bulan. Semoga informasi ini berguna ya untuk kamu. Selamat mencoba!

Beri Komentar