Jangan Panik, Begini 5 Trik Lunasi Tagihan yang Membengkak

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 19 Maret 2021 06:40
Jangan Panik, Begini 5 Trik Lunasi Tagihan yang Membengkak
Langkah-langkah merapikan kondisi keuangan agar melunasi tagihan terasa lebih ringan.

Melunasi berbagai tagihan adalah rutinitas yang perlu dilakukan setiap bulannya. Saat gaji masuk, saat itu juga kita harus mulai mengalokasikan pundi-pundi untuk berbagai pelunasan tagihan.

Selain tagihan rutin seperti air dan listrik, tagihan utang jadi salah satu beban yang kerap memberatkan. Well, beberapa utang memang terpaksa diambil karena keadaan.

Untuk Diazens yang sedang ingin merapikan keuangan agar bisa melunasi tagihan tanpa harus menunggunya sampai menumpuk, tenang, kami sudah siapkan solusinya.

Berikut adalah ulasannya seperti dilansir dari Liputan6.com.

1 dari 6 halaman

1. Memperhatikan pendapatan dan pengeluaran

Langkah paling awal adalah Anda perlu membuat daftar pendapatan dan pengeluaran Anda di samping mengelola jumlah tagihan.

Mulailah dengan menghitung biaya prioritas yang tidak bisa dihindari setiap bulannya, seperti sewa, biaya makanan, transportasi dan lainnya.

Dengan begitu, Anda bisa lebih realistis tentang apa saja yang dibutuhkan setiap bulannya. Selanjutnya barulah Anda merincikan pengeluaran untuk biaya tambahan yang dibutuhkan lainnya.

2 dari 6 halaman

2. Memangkas pengeluaran

Hal terpenting untuk terbebas dari utang adalah dengan memangkas segala pengeluaran yang ada. Perhatikan layanan bulanan yang Anda gunakan, seperti keanggotaan gym, TV, atau streaming online yang dapat dengan cepat menghabiskan uang Anda.

Tuliskan segala pengeluaran dalam waktu sebulan apa saja yang sudah dibelanjakan. Setelah itu, Anda perlu mengevaluasi segala aktivitas yang banyak mengeluarkan biaya atau yang menurut Anda itu tidak terlalu penting.

Hal itu memudahkan Anda untuk mengklasifikasikan apa saja kebutuhan-kebutuhan yang Anda perlukan.

3 dari 6 halaman

3. Memprioritaskan membayar tagihan

Anda perlu memprioritaskan membayar tagihan, jangan sampai terlewat sekalipun. Dengan memiliki opsi auto-debit, tagihan kartu kredit Anda bisa dibayar tepat waktu setiap bulan.

Dengan membayar tepat waktu dapat menghindari Anda dari pembayaran tagihan yang double atau memiliki bunga tinggi.

4 dari 6 halaman

4. Memiliki strategi pembayaran

Untuk cepat keluar dari tagihan, Anda bisa memilih strategi dengan membayar lebih dari tagihan yang seharusnya. Anda daapt membayar lebih dari jumlah minimun yang harus dibayarkan setiap bulannya untuk cepat mengurangi tagihan Anda.

Meskipun akan ada pengeluaran yang lebih karena membayar lebih dari jumlah minimum, setidaknya Anda bisa mengurangi bunga yang dikenakan setiap periode pembayarannya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan strategi dengan melunasi tagihan-tagihan dari yang terkecil diikuti dengan tagihan yang lebih besar. Dengan cara ini, Anda dapat memprioritaskan daftar pembayaran sesuai jumlah mulai dari yang terkecil.

Cara-cara seperti itu pasti akan membantu Anda menyelesaikan masalah tagihan secara perlahan. Atau kebalikannya, Anda bisa melunasi tagihan mulai dari yang tertinggi lalu terkecil. Strategi ini merupakan salah satu metode yang lebih cepat dan baik untuk melunasi tagihan.

5 dari 6 halaman

5. Konsolidasi tagihan

Terakhir, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggabungkan semua pembayaran kartu kredit Anda dalam satu akun sehingga Anda hanya perlu melakukan satu kali pembayaran setiap bulan.

Beberapa perusahaan kartu kredit pemberi pinjaman menyediakan rencana konsolidasi taighan dengan suku bunga rendah. Anda pun dapat menggunakan kalkulator konsolidasi tagihan yang tersedia secara online untuk melihat bagaimana opsi yang bekerja.

6 dari 6 halaman

Jika diberi kemampuan, tak ada satu orang pun yang ingin berada dalam kondisi terlilit tagihan utang. Jika keadaan memaksa kita untuk mengambil utang sebagai jalan satu-satunya, maka tugas selanjutnya adalah berusaha melunasi dan mencari cara untuk meminimalisir utang di kemudian hari.

Semoga ulasan ini bisa membantu ya, Diazens!

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar