Agar Hidup Makin Tenang, Ikuti 4 Tips Menghentikan Kebiasaan Berutang!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 26 Oktober 2020 16:57
Agar Hidup Makin Tenang, Ikuti 4 Tips Menghentikan Kebiasaan Berutang!
Jangan jadikan kebiasaan ya!

Utang adalah salah satu solusi praktis untuk mendapatkan uang secara cepat. Masalahnya, berutang bisa membuatmu jadi impulsif jika tidak direm.

Utang bagaikan kenikmatan sesaat, setelahnya utang membuat tanggungan bulananmu jadi meningkat. Oleh karena itu, kebiasaan berutang ini perlu diatasi sesegera mungkin. Kalau kamu termasuk salah satu yang ingin segera keluar dari kebiasaan berutang, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba ikuti.

1 dari 4 halaman

Pelajari Tentang Pengelolaan Uang

Kamu gak bisa  mengendalikan keuanganmu kalau gak memahami terlebih dahulu aturan dan metode pengelolaan keuangan pribadi.

Jadi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari buku, majalah, atau situs web tentang manajemen keuangan dan pelajari semua tentang kartu kredit, perbankan elektronik, anggaran, dan investasi. Biar setidaknya kamu tahu teorinya terlebih dahulu.

Tips Menghentikan Kebiasaan BerutangTips Menghentikan Kebiasaan Berutang © shutterstock

2 dari 4 halaman

Hentikan Kebiasaan Belanja Impulsif

Seringkah kamu melihat dan menginginkan sesuatu, dan kamu langsung membelinya tanpa pikir panjang? Kalau iya, berarti kamu impulsif. Belanja impulsif adalah awal dari kebiasaan berutang.

Untuk itu, kamu wajib menghentikan kebiasaan berbelanja secara impulsif. Jika kamu tertarik pada suatu barang, jangan buru-buru membelinya. Biasakan selalu berpikir matang-matang sebelum membeli barang, apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya menginginkannya.

Memang susah sih, tapi kamu harus latihan menahan ya!

Tips Menghentikan Kebiasaan BerutangTips Menghentikan Kebiasaan Berutang © shutterstock

3 dari 4 halaman

Dana Darurat

Adakalanya berutang bukan untuk bersenang-senang, tapi untuk memenuhi kebutuhan mendadak. Tapi tetap saja, hal ini sebenarnya bisa diantisipasi, sehingga kamu gak perlu berutang.

Caranya dengan menyiapkan dana darurat. Dana darurat akan membantu melindungi kamu dari hal-hal darurat yang gak diinginkan, seperti perbaikan kendaraan, biaya berobat, kehilangan pekerjaan, kebutuhan sekolah, dll.

Kamu bisa menyisihkan sebagian uangmu setiap bulannya untuk dana darurat. Kalau dirasa penghasilanmu sudah sangat mepet, kamu tetap perlu menemukan cara untuk menyisihkan uang. Misalnya, memotong pengeluaran tertentu, rajin kerja lembur, dan cari sumber penghasilan ekstra.

Tips Menghentikan Kebiasaan BerutangTips Menghentikan Kebiasaan Berutang © shutterstock

4 dari 4 halaman

Jangan Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain

Jaman sekarang ini kebahagiaan sering diasosiasikan dengan materi, seperti tinggal di tempat yang bagus, kendaraan mewah, gadget terbaru, nongkrong di kafe mahal, sering berlibur di tempat yang bagus, dan hal lain yang sifatnya menghambur-hamburkan uang. Sayangnya, demi memenuhi standar itu, banyak yang memaksakan diri, hingga berutang.

Kalau kamu terus mempertahankan gaya hidup seperti ini, pastinya kamu bakal susah keluar dari kebiasaan utang.

Untuk itu, biasakanlah hidup sesuai kemampuanmu. Tak hanya itu, hentikan juga keinginan untuk selalu membuat orang lain terkesan. Dengan begitu, kamu tidak akan pernah tergoda untuk berutang demi sesuatu yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tips Menghentikan Kebiasaan BerutangTips Menghentikan Kebiasaan Berutang © shutterstock

Beri Komentar