Tips Lunasi Utang dengan Cepat, Biar Nggak Malu karena Ditagih-tagih Melulu

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 28 September 2020 08:40
Tips Lunasi Utang dengan Cepat, Biar Nggak Malu karena Ditagih-tagih Melulu
Ditagih-tagih melulu emangnya nggak malu?

Membayar utang sejatinya adalah kewajiban bagi tiap-tiap mereka yang berutang. Meski begitu, mungkin utang adalah salah satu kewajiban yang kerap diputar balikkan perannya. Bukannya si pengutang yang wajib bayar, malah pihak yang diutangi yang wajib menagih.

Sebagai pengutang, ditagih sebenarnya adalah sesuatu yang tidak mengenakkan. Oleh karena itu, sebaiknya orang yang berutang selalu membayar utangnya dengan tepat waktu. Toh kalau utang lebih cepat selesai akan lebih baik kan?

Berikut ini telah Diadona rangkum tips untuk dapat melunasi utang dengan cepat.

1 dari 5 halaman

1.Niat

Selayaknya beribadah, membayar utang pun perlu diniatkan. Tujuannya adalah agar kewajiban membayar utang terpatri di kepala sehingga ketika memiliki uang, kamu langsung otomatis mengalokasikannya untu melunasinya. Bukan malah memakainya untuk kepentingan lain.

2 dari 5 halaman

2. Jadikan prioritas

Setiap akan memulai bulan baru, kita biasanya akan menyusun rancanangan keuangan alias alokasi pengeluaran. Mulai dari pengeluaran tetap dan tidak tetap ada baiknya untuk selalu didaftar. Memprioritaskan pembayaran utang artinya adalah selalu memasukkan pelunasan utang ke dalam perencanaan keuangan utama sebelum pengeluaran lainnya.

3 dari 5 halaman

3. Mulai dari utang kecil

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin saja memiliki lebih dari satu utang dengan tujuan berbeda-beda. Sekilas memang terlihat sangat berat, namun yang diperlukan pertama kali adalah mengurutkan utang berdasarkan yang paling mungkin untuk dilunasi, yakni dari yang nilainya paling kecil terlebih dahulu. Berkurangnya satu utang kecil akan menimbulkan perasaan terbebas dari satu beban sehingga kamu lebih semangat menyelesaikan utang lainnya.

4 dari 5 halaman

4. Restrukturisasi utang

Jika kamu memiliki perhatian lebih untuk alur keuangan jangka panjang, restrukturisasi atau perbaikan utang bisa jadi pilihan untuk dilakukan. Bentuk restrukturisasi ini misalnya adalah dengan memperpanjang jangka waktu sehingga cicilan menjadi lebih ringan.

Beri Komentar