Cara Mengelola Gaji Kerja Part Time, Biar Nggak Cuma Habis Buat Nongkrong

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 12 Mei 2020 15:40
Cara Mengelola Gaji Kerja Part Time, Biar Nggak Cuma Habis Buat Nongkrong
Gaji part time habis cuma buat life style? Gimana sih cara ngaturnya?

Tugas utama mahasiswa adalah belajar, namun nggak sedikit juga yang mulai merambah dunia profesional dengan mengambil kerja part time.

Di samping mendapatkan pengalaman, dengan kerja part time kita juga bisa mendapatkan tambahan pundi-pundi. Hal ini tentu cukup membantu perekonomian pribadimu, terlebih masih ada uang saku dari orang tua.

Meski begitu, sering kali gaji part time diperlakukan dengan semena-mena sehingga jejaknya hilang tak berbekas dalam tempo singkat. Entah habis buat nongkrong atau sekedar jajan.

Lalu, sebenernya gimana sih cara mengatur gaji part time yang bijak? Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah langkah-langkahnya.

1 dari 3 halaman

Buka rekening baru

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuangan adalah dengan membuka rekening baru yang khusus untuk menampung gaji hasil part time. Tujuannya adalah agar kamu bisa leluasa mengatur pendapatanmu karena tidak tercampur dengan rekening pokok yang berisi uang kiriman orang tua, misalnya.

2 dari 3 halaman

Biasakan menabung

Di awal kerja part time, sering ada kesalahan berpikir yang menganggap gaji bisa dihabiskan sambpai jumlah nol. Memang, kamu masih mendapat kiriman dari orang tua, namun menabung gaji part time tetap jadi hal yang wajib dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan uang kiriman dari orang tua untuk kebutuhan sehari-hari dan memanfaat sebagian gaji part time untuk kebutuhan hiburan, sementara sisanya ditabung.

3 dari 3 halaman

Lakukan alokasi dana yang jelas

Menentukan ke mana dana akan mengalir di awal bulan sangatlah penting untuk mengontrol pengeluaranmu. Dengan alokasi dana yang jelas, maka pengeluaran mendadak untuk hal-hal yang kurang penting akan dapat diminimalisir.

Beri Komentar