Gaji 20 Juta tapi Kena Potong 50%? Ini Tips Keuangan yang Bisa jadi Jalan Keluarmu

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 18 Mei 2020 15:50
Gaji 20 Juta tapi Kena Potong 50%? Ini Tips Keuangan yang Bisa jadi Jalan Keluarmu
Baru-baru ini ada sebuah berita viral yang tersebar di media sosial. Seorang karyawan di Jakarta meminta bantuan sosial (Bansos) kepada pemerintah, karena gajinya kena potong 50%.

 
 
 
View this post on Instagram

. Wuaduhhh Gajinya udah 20 juta ????????????

A post shared by OFFICIAL LAMBE TURAH ENTERTAIN (@lambeturah_official) on

Gajinya yang berjumlah Rp20 juta per bulan harus dipotong 50%, sehingga dirinya hanya mendapatkan gaji sebesar Rp10 juta perbulan. Hal ini sontak jadi viral karena nominal gaji karyawan ini sebenarnya termasuk masih terhitung besar untuk mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Apalagi dalam curhatan hatinya itu, pria ini mengatakan bahwa dirinya masih mempunyai tanggungan untuk membayar cicilan rumah dan kredit mobil. Jadi setelah ditotal, sisa uang yang ada kini konon tidak dapat memenuhi kebutuhan harian keluarganya.

1 dari 3 halaman

Pihak Pemprov DKI Jakarta pun telah memberikan keterangan terkait hal ini. Pada akhirnya, berdasarkan kualifikasi, warga DKI Jakarta tersebut tidak tergolong sebagai penerima bantuan sosial, karena tidak termasuk pemegang KJR, KJP atau kartu lainnya. Pria itu juga bukan seorang korban PHK Dan penghasilannya tidak di bawah Rp5 juta.

Tips Keuangan Gaji 20 Juta © Diadona

Tapi masih ada cara lain yang bisa ditempuh karyawan ini untuk mengelola keuangannya. Melansir dari Jouska_id, ada beberapa solusi yang ia tawarkan. Berdasarkan cash flow bulanan yang sudah dihitung, karyawan ini hanya menyisakan uang sejumlah Rp500 ribu dari total gaji yang ia terima saat ini. Maka solusi pertama yang diberikan oleh Jouska adalah:

2 dari 3 halaman

1. Over Kredit Mobil

Tips Keuangan Gaji 20 Juta © Diadona

Cara satu ini tentu bisa ditempuh karena cenderung memberikan keringanan pada pengaju. Anggap saja hasil yang didapat dari over kredit sebesar 20-30 juta, bergantung pada masa sisa hutang dan harga mobil. Jadi cicilan mobil bisa mencapai Rp0. nah, karena sudah tidak ada pengeluaran untuk cicilan mobil maka kini sisa uang yang bisa dimiliki sejumlah Rp5 juta.

3 dari 3 halaman

2. Solusi yang kedua adalah Restrukturisasi KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Tips Keuangan Gaji 20 Juta © Diadona

Anggap saja ia akan dapat keringanan sebesar 40%, bergantung pada negosiasi dengan pihak bank. Maka 40% dari cicilan KPR awal sejumlah Rp5 juta hanya akan menjadi Rp3 juta saja. Dengan demikian karyawan ini akan mendapatkan sisa uang dari total gaji yang ia terima saat ini sebesar Rp7 juta.

Semoga ini bisa membantu, dan semoga ini juga bisa menjadi solusi dan inspirasi bagi siapapun yang mengalami hal serupa.

Beri Komentar