Prinsip Penyimpanan Uang Suami Istri, Sudah Tinggal Serumah Haruskah Satu Rekening Juga?

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 21 Juli 2020 17:40
Prinsip Penyimpanan Uang Suami Istri, Sudah Tinggal Serumah Haruskah Satu Rekening Juga?
Manfaat dan risiko kepemilikian rekening bersama untuk pasangan suami istri.

Dalam hubungan suami istri, kesepakatan finansial adalah salah satu hal yang perlu dirundingkan bersama pasangan.

Selain cara pengelolaan yang menyesuaikan kondisi dalam hubungan suami istri, cara penyimpanan uang jadi persoalan selanjutnya. Apakah uang akan disimpan di rekening masing-masing atau lebih baik dijadikan satu?

1 dari 3 halaman

Membuka rekening bersama untuk pasangan suami istri sejatinya bukanlah suatu keharusan. Namun, langkah tersebut bukannya tanpa manfaat.

Salah satu manfaat paling utama dari keberadaan rekening bersama adalah menumbuhkan keterbukaan terkait masalah keuangan antara suami dan istri. Kedua belah pihak sama-sama punya akses terhadap sumber dana sehingga tidak mungkin ada hal yang saling disembunyikan dari pasangan.

Mempunyai rekening bersama juga dapat membuat kedua belah pihak, baik suami maupun istri, menjadi lebih sadar akan kondisi finansial mereka sebagai pasangan. Tidak ada salah satu pihak yang merasa lebih terbebani karena tau lebih mendalam tentang keuangannya sementara pihak lainnya santai-santai saja. Memiliki rekening bersama akan membuat rasa kepemilikan menjadi lebih tinggi.

Sebagai suami istri, tentu kedua belah pihak harus menyamakan tujuan. Menyatukan dua hati dan isi kepala untuk menuju arah yang sama bukan perkara mudah, namun rekening bersama dapat menjadi alat untuk mempermudah hal tersebut terjadi. Harapannya, suami istri menjadi lebih kompak dalam membuat perencaan keuangan untuk mencapai suatu tujuan bersama.

2 dari 3 halaman

Kendati terlihat sangat positif, keberadaan rekening bersama dalam hubungan suami istri tetaplah mempunyai risiko yang harus diantisipasi.

Risiko paling jelas adalah yang berhubungan dengan keharmonisan rumah tangga. Apabila mulai muncul tanda-tanda perpisahan dalam hubungan tersebut, ada kemungkinan salah satu pasangan berbuat jahat dengan mengambil alih seluruh uang dalam rekening dan mengosongkannya. Kemungkinan yang buruk, tapi tetap harus dipahami keberadaannya.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi tabungan dengan pasanganIlustrasi tabungan dengan pasangan © Shutterstock

Pada akhirnya, merencanakan keuangan dalam hubungan suami istri tetaplah harus memerhatikan kebiasaan dan kepribadian pasangan dalam hal finansial.

Kamu bisa tetap mempunyai rekening masing-masing tanpa rekening bersama. Bisa juga mempunyai rekening pribadi dan menambah satu rekening bersama. Atau justru meniadakan rekening pribadi dan hanya menggunakan satu rekening bersama.

Tinggal sesuaikan, mana yang jadi pilihanmu bersama pasangan?

Beri Komentar