9 Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru yang Menyegat, Rumah Jadi Segar dan Fresh

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 Desember 2023 21:04
9 Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru yang Menyegat, Rumah Jadi Segar dan Fresh
Cara menghilangkan bau cat rumah baru penting banget kamu lakukan supaya tetap nyaman saat menghirup udara dan hawa rumah

Untuk menambahkan unsur estetika dan keindahan dalam rumah kamu bisa mengecat dinding dengan warna yang sesuai dengan selera atau gaya dekorasi rumahmu. Namun terkadang bau dari cat rumah terlalu menyengat hingga mengganggu, oleh karena itu dibutuhkan cara untuk menghilangkan bau tersebut.

Cara menghilangkan bau cat rumah baru merupakan langkah yang penting untuk memastikan kenyamanan dan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Bau cat umumnya berasal dari senyawa kimia yang dilepaskan selama proses pengeringan cat. 

Bau cat yang persisten dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti bahan kimia yang memiliki kandungan VOCs (Volatile Organic Compounds) dalam cat, ventilasi yang kurang baik hingga penggunaan cat yang tidak tepat.

Sehingga rumah yang habis dicat terkadang menghasilkan bau yang menyengat dan membuat pemilik rumah merasa terganggu hingga tidak nyaman. Oleh karena itu, penting bagi pemilik rumah untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkan bau cat rumah baru dengan efektif. 

Meskipun sekarang sudah banyak produk cat yang mengklaim jika dapat mengurangi aroma bau tidak menyenangkan, namun pada kenyataannya bau cat tersebut tetap melekat di dalam sebuah ruangan.

Tetapi kalian tak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk menghilangkan bau cat rumah dengan bahan-bahan alami atau bahan alternatif lainnya. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung aja simak beberapa tipsnya di bawah ini!

 

1 dari 9 halaman

Menambah Ventilasi untuk Memperlancar Sirkulasi Udara

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Cara menghilangkan bau cat rumah baru yang pertama adalah dengan menambahkan ventilasi. Dengan menambah ventilasi dapat memperlancar sirkulasi udara ke dalam ruangan, mengurangi kelembaban dan meningkatkan kualitas udara. Sirkulasi udara yang baik akan mengurangi resiko masalah kesehatan dan memberikan kenyamanan yang lebih baik.

Gunakan jendela dan pintu yang dirancang untuk meningkatkan aliran udara seperti jendela geser atau pintu dengan ventilasi terbuka. Bersihkan ruangan secara teratur untuk mengurangi debu atau alergi di udara. 

 

2 dari 9 halaman

Tambahkan Pengharum Ruangan

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Pengharum ruangan dapat menjadi solusi yang efektif untuk menjadi cara menghilangkan bau cat rumah baru. Gunakan diffuser aromaterapi dengan minyak esensial dapat memberikan aroma alami ke dalam ruangan. Pilih minyak esensial dengan aroma yang kamu sukai seperti lavender, peppermint atau lemon.

Diffuser ruangan dapat memberikan wangi yang menenangkan ke dalam ruangan sehingga mampu untuk mengurangi bau cat tersebut. Pastikan untuk memilih pengharum yang tidak hanya menyamarkan bau tetapi juga meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. 

 

3 dari 9 halaman

Menggunakan Bubuk Kopi

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Jika kamu menginginkan cara yang alami untuk menghilangkan bau cat rumah baru, cobalah untuk menggunakan bubuk kopi. Letakkan mangkuk kecil yang berisi bubuk kopi di ruangan yang baru dicat. Tempatkan mangkuk tersebut di pusat ruangan atau tempat yang cenderung memiliki bau cat kuat.

Bungkus bubuk kopi di dalam kain menjadi bola, kemudian tempatkan bola kain tersebut di tempat yang membutuhkan penyaringan bau seperti di dekat ventilasi atau sudut ruangan. Namun bubuk kopi akan menjadi kurang efektif seiring waktu karena menyerap bau, oleh karena itu gantilah bubuk kopi tersebut secara berkala. 

 

 

4 dari 9 halaman

Memanfaatkan Pengharum Ruangan dengan Jeruk Nipis atau Lemon

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Cara menghilangkan bau cat rumah baru yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pengharum ruangan dengan jeruk nipis atau lemon. Dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon akan menjadi pilihan yang segar dan alami untuk membantu menghilangkan bau cat tersebut.

Bau yang dihasilkan jeruk nipis dan lemon memiliki aroma yang menyegarkan sehingga dapat nuansa bersih dan citrus ke dalam ruangan. Potong kulit jeruk nipis atau lemon menjadi irisan yang tipis, kemudian tempatkan potongan kulit tersebut ke dalam mangkuk dan letakkan di ruangan yang baru dicat. Jika ingin lebih simple, gunakan diffuser aromaterapi dengan varian jeruk nipis atau lemon. 

 

5 dari 9 halaman

Memakai Arang

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Arang aktif atau arang batok kelapa dapat digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan bau cat rumah baru. Bau yang dihasilkan arang dapat menyerap dan menghilangkan bau cat di dalam ruangan. Tempatkan arang aktif di dalam kain yang dapat diikat, kemudian digantung ke ruangan yang baru dicat atau tempatkan di ruangan yang membutuhkan penyaringan udara tambahan seperti dekat ventilasi atau sudut ruangan.

Jika memungkinkan campurkan arang aktif dengan baking soda ke dalam mangkuk, kemudian letakkan campuran tersebut di dalam ruangan yang memerlukan penyarinagn udara. 

 

6 dari 9 halaman

Menggunakan AC (Air Conditioner)

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Meskipun AC tidak dirancang khusus untuk menghilangkan bau cat, namun kamu masih dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk membantu menyaring dan mengalirkan udara segar ke dalam ruangan.

Pastikan sistem ventilasi pada AC berfungsi dengan baik agar membantu untuk mengalirkan udara bersih ke dalam ruangan dan mengeluarkan partikel atau udara kotor. Aktifkan mode sirkulasi udara atau fan only pada AC untuk membantu mengalirkan udara di dalam ruangan sehingga membantu mengurangi bau menyengat dari cat dinding.

 

7 dari 9 halaman

Manfaatkan Tanaman yang Harum Semerbak

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Dengan memanfaatkan tanaman yang memiliki aroma harum semerbak dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau cat rumah baru. Tanaman tersebut tidak hanya berfungsi sebagai mempercantik dekorasi ruangan, namun juga memberikan aroma terapi yang mampu mengharumkan ruangan di sekitar.

Salah satunya tanaman lavender, aroma yang dihasilkan memiliki sifat relaksasi dan menenangkan. Sehingga lavender seringkali dijadikan sebagai minyak aroma terapi untuk mengurangi bau menyengat dari cat rumah.

 

8 dari 9 halaman

Meminimalisir Bau dengan Bawang Putih dan Bawang Merah

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Cara menghilangkan bau cat rumah baru yang terakhir adalah dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Kedua bahan masakan dapur tersebut ternyata memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur sehingga dapat membantu meminimalisir bau cat dari dinding.

Kamu dapat memotong bawang tersebut dan letakkan dalam kain yang dapat diikat, kemudian letakkan kain tersebut di dekat area yang baru dicat. Pastikan untuk mengganti bawang secara berkala karena setelah beberapa waktu, bawang tersebut tidak lagi berfungsi secara efektif. 

 

9 dari 9 halaman

Soda Kue

Cara Menghilangkan Bau Cat Rumah Baru © Diadona

Baking soda dapat menjadi pilihan yang baik sebagai cara menghilangkan bau cat rumah baru. Baking soda memiliki sifat penyerap bau, kamu dapat mencampurkan baking soda dengan arang aktif dalam mangkuk.

Kemudian tempatkan mangkuk tersebut di area yang membutuhkan penyegaran udara terutama pada area dekat dengan sumber bau cat. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menempatkan wadah kecil berisi baking soda, kemudian letakkan di laci yang berbau cat. Pastikan untuk menggantinya secara berkala agar baking soda tetap berfungsi secara efektif. 

 

Itulah sejumlah cara yang dapat dipakai untuk menghilangkan bau cat rumah rumah dengan efektif. Hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan pengharum ruangan ternyata mampu untuk mengurangi senyawa kimia yang dihasilkan cat dinding. Setelah mengetahui sejumlah tips di atas, semoga dapat mengurangi bau tidak nyaman yang dihasilkan dari cat dinding di rumahmu ya!

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar