9 Warna Cat Luar Rumah yang Sejuk, Memantulkan Kembali Cahaya Matahari dan Ngasih Efek Tenang secara Psikologi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 3 Februari 2024 08:41
9 Warna Cat Luar Rumah yang Sejuk, Memantulkan Kembali Cahaya Matahari dan Ngasih Efek Tenang secara Psikologi
Warna cat luar rumah yang sejuk didapat dari sifat cat yang memantulkan kembali cahaya matahari sehingga bikin rumah tetap adem, serta efek psikologis yang dihasilkan dari warna tersebut

Warna cat luar rumah ternyata nggak cuman ngasih dampak besar terhadap tampilan rumah, tapi juga bisa memberikan nuansa tersendiri. Salah satunya, dengan pemilihan yang tepat, ternyata ada lho warna cat rumah luar ruangan untuk memberi kesan sejuk dan emang beneran bikin sejuk di bagian dalam rumah.

Beberapa warna dipercaya bisa memantulkan kembali panas matahari di luar ruangan, sehingga nggak bikin rumah kamu panas. Namun ada beberapa warna yang ngasih efek psikologis perasaan kita jadi lebih tenang dan damai, yang pada akhirnya diasosiasikan dengan perasaan sejuk atau adem. Kedengarannya menarik banget, bukan?

Ngomongin soal cat yang beneran bikin rumah adem, ini ada kaitannya dengan sifatnya yang memantulkan atau menyerap cahaya. Cat dengan partikel yang reflektif, misalnya, bakalan memantulkan lebih banyak cahaya sehingga menjaga permukaan yang dilapisinya tetap dingin.

Coba deh tebak deretan warna cat luar rumah apa yang bikin rumah kamu lebih sejuk? Intip rekomendasinya di bawah ini yuk!

 

1 dari 5 halaman

Cat Luar Rumah warna Putih untuk Kesan Sejuk © Diadona

Cat Warna Putih

Warna putih adalah pilihan terbaik sebagai warna cat rumah bagian luar yang bikin sejuk karena memantulkan 100 persen cahaya yang diterimanya. Nggak hanya itu, cat putih juga bikin ruangan kecil jadi terlihat besar. 

Saat sinar matahari yang mengenai bangunan dipantulkan ke oleh cat tembok warna putih, jumlah panas yang diserap oleh dinding rumah akan berkurang. Akibatnya, suhu dalam ruangan jadi sejuk atau adem. 

 

2 dari 5 halaman

Cat Luar Rumah warna Sea Salt untuk Kesan Sejuk © Diadona

Cat Warna Sea Salt

Warna sea salt sering dianggap ngasih kesan yang dingin pada rumah karena warnanya yang menyerupai warna air laut yang tenang dan segar. Makanya, warna ini cocok banget kamu masukkan dalam daftar warna cat luar rumah yang bikin sejuk.

Terlepas dari kecenderungan psikologis individu terhadap warna tertentu, ada beberapa alasan kenapa warna sea salt ini bisa terasa adem di mata saat dipandang

Refleksi Cahaya: Warna-warna pastel atau lembut kayak cat warna sea salt cenderung memantulkan cahaya dengan baik. Hal ini dapat memberikan kesan ruangan yang lebih terang dan terbuka, yang selanjutnya ngasih kesan sejuk pada ruangan atau bangunan.

 

3 dari 5 halaman

Cat Luar Rumah warna Biru Muda untuk Kesan Sejuk © Diadona

Biru Muda

Seperti warna putih, biru muda juga masuk dalam pilihan warna cat luar ruangan yang bikin sejuk karena punya karakteristik yang sama kayak warna putih. Bedanya, warna biru muda ngasih kesan yang lebih mendalam.

Sama kayak warna sea salt, biru muda secara alami dikaitkan dengan elemen-elemen kayak air dan langit yang cerah. Asosiasi ini dapat memicu perasaan tenang dan adem yang dikaitkan dengan sensasi sejuk.

 

4 dari 5 halaman

Cat Luar Rumah Warna Abu-abu © Diadona

Abu-abu

Warna abu-abu juga bikin sejuk karena memantulkan 90 hingga 95 persen cahaya yang mengenainya. Secara psikologis, abu-abu sering dianggap memberikan kesan yang tenang dan stabil. Kesan ini dapat memunculkan rasa nyaman dan sejuk buat orang-orang yang melihat bangunan yang dicat dengan warna abu-abu.

Warna abu-abu sering dipandang sebagai warna yang cocok dengan lingkungan rumah apa saja, mulai dari perkotaan sampai lingkungan alam. Warnanya yang tenang dan elegan pada akhirnya bisa menciptakan kesan sejuk.

Warna Cat Luar Rumah yang Sejuk © Diadona

Cat Rumah Warna Teal

Teal adalah campuran dari biru dan hijau, dan warna ini sering kali dikaitkan dengan kesegaran, kedamaian, dan suasana alam yang tenang. Teal sering kali dikaitkan dengan elemen alam seperti air laut atau vegetasi hijau. Warna ini bisa mengingatkan pada suasana pantai atau hutan yang segar, yang dapat memberikan kesan yang sejuk dan menenangkan bagi yang melihatnya.

5 dari 5 halaman

Cat Luar Rumah Warna Hijau © Diadona

Cat Warna Hijau 

Warna cat hijau luar rumah memancarkan kesan yang sejuk pada bangunan, namun ini tergantung pada nuansa dan intensitas hijau yang dipilih. Biar rumah kamu terlihat adem namun tetap menarik, berikut ini deretan warna cat hijau yang bisa kamu pilih : 

Hijau Mint atau Mint

Hijau mint adalah warna yang lembut dan menyegarkan, sering kali dikaitkan dengan kesan yang sejuk dan tenang. Saat diaplikasikan pada bangunan, warna ini bisa memberikan suasana yang segar dan santai.

Hijau Pucuk Daun atau Lime

Warna hijau pucuk daun atau lime punya tingkat warna kecerahan dan kesegaran yang mencolok. Nah, hijau yang cerah ini sering ngasih kesan yang segar dan energik, jadi bangunan terlihat lebih hidup dan sejuk.

Hijau Zamrud atau Emerald

Hijau zamrud adalah warna hijau yang dalam dan berkilau. Warna hijau zamrud emang nggak cerah, tapi tetep ngasih kesan sejuk. Hijau zamrud juga memancarkan aura elegan pada rumah. 

Hijau Sage

Warna hijau sage sempat populer di tahun 2023 lalu dan banyak diaplikasikan pada prduk fashion. Hijau sage menghadirkan kesan estetis, tenang dan juga sejuk. 

Bahkan, warna hijau sage banyak digunakan di restoran atau kafe kekinian karena cocok dipadukan dengan banyak ide desain. Untuk cat luar rumah, warna hijau sage secara alami mengingatkan pada elemen alam, seperti dedaunan yang hijau dan pohon-pohon yang lebat. Koneksi dengan alam ini dapat ngasih efek menenangkan, jadi bikin mata terasa sejuk saat memandangnya.

Warna cat luar rumah yang sejuk didapat dari sifat cat yang memantulkan kembali cahaya matahari sehingga bikin rumah tetap adem, serta efek psikologis yang dihasilkan dari warna tersebut.

Di antara deretan warna di atas, mana yang paling kamu suka?

Beri Komentar