Tren Interior 2021, Mengusung Konsep Layout Adaptif dengan Furnitur Space-Saving

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 1 Februari 2021 14:00
Tren Interior 2021, Mengusung Konsep Layout Adaptif dengan Furnitur Space-Saving
Desain layout adaptif mampu memaksimalkan sebuah ruangan untuk melakukan lebih dari satu aktivitas.

Masa pandemi yang hingga kini belum usai turut membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Kita yang sebelumnya melakukan aktivitas di luar rumah, kini harus sabar menunggu hingga kondisi pulih dengan tetap beraktivitas di dalam ruang hunian. Tak khayal, hampir semua kegiatan seperti bekerja, sekolah, dan belanja kebutuhan harus dilakukan di rumah saja.

Lantaran semua kegiatan dilakuakn di dalam rumah, alhasil rumah pun harus adaptif serta mampu mengikuti kebutuhan penghuni. Tak hanya sebagai tempat berlindung saja, kini rumah juga perlu diperhatikan secara mendetail guna terpenuhinya semua kebutuhan saat kita sedang beraktivitas. Melansir dari Dekoruma pada Senin (1/2/2021), berikut ini interior yang akan jadi tren di tahun 2021 dengan mengusung konsep adaptif yang lebih memanfaatkan furnitur space-saving.

1 dari 4 halaman

Ruangan untuk Berbagai Aktivitas yang Berbeda

Konsep Layout Adaptif dengan Furnitur Space-Saving © Diadona

Selama masa pandemi, rumah tentu akan jauh dari kata sepi. Yap, Moms yang harus tetap mengurus kebutuhan rumah tangga akan ikut berbaur dengan ayah yang bekerja serta si kecil yang sedang sekolah secara daring. Hal ini tentu akan membuat rumah makin sesak jika tak diperhatikan secara mendetail.

Oleh sebab itu, Moms bisa menerapkan desain layout yang adaptif serta mampu memaksimalkan satu ruangan untuk melakukan lebih dari satu aktivitas. Ruangan adaptif tentu bisa diterapkan di ruang mana pun. Sebagai contoh, Moms bisa mengubah ruang keluarga jadi ruang kerja sekaligus tempat bermain si kecil melakukan hobi.

2 dari 4 halaman

Moms juga bisa menggunakan ruang tamu sekaligus sebagai ruang olahraga dan tempat untuk nonton serial bersama. Semua hal bisa dilakukan secara adaptif demi terpenuhinya semua kebutuhan dalam rangka menjalankan semua aktivitas dengan nyaman.

Lalu, gimana dengan kondisi ruangan yang serba minimalis dan terbatas?

Tenang, untuk menyiasati keadaan ini, Moms bisa menggunakan desain layout adaptif dengan konsep open space. Yap, tak perlu lagi ada sekat antar ruangan agar hunian terlihat jadi lapang. Seperti halnya ruang tamu, ruang makan, dan dapur bisa dibuat menyatu. Dengan demikian, Moms dapat beraktivitas secara lelusa sekaligus mampu mengawasi si kecil selama sekolah secara daring.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Furnitur Space-Saving

Konsep Layout Adaptif dengan Furnitur Space-Saving © Diadona

Penggunaan layout adaptif tak akan maksimal tanpa memanfaatkan furnitur fungsional. Jadi, alangkah lebih baiknya Moms memilih furnitur space-saving yang serba multifungsi dan compact. Furnitur ini dilengkapi dengan area penyimpanan yang akan menjaga rumah makin rapi dengan penataan barang yang tepat.

Dalam ruang tamu, Moms bisa meletakkan sofa, coffe table dan meja TV yang multifungsi sekaligsu bisa digunakan sebagai tempat penyimpanana. Hal ini juga berlaku untuk runag tidur dengan menambahkan rak dinding untuk meletakkan aneka perabotan dan barang dekorasi lainnya.

4 dari 4 halaman

Pada ruang makan dan dapur, Moms bisa menggunakan meja makan lipat. Desainnya yang space-saving, membuat acara bersantap jadi makin praktis. Moms bisa melipat meja makan tersebut supaya ruangan jadi lebih lega dan bisa dipakai untuk kegiatan lain. Pilihlah meja makan lipat serbaguna yang juga dilengkapi laci untuk menyimpan peralatan makan.

Moms juga bisa menggunakan kabinet dapur multifungsi yang tak hanya digunakan untuk menyimpan alat-alat masak, namun juga untuk berbagai elektronik dapur, seperti oven atau coffee maker. Dengan menggunakan furnitur space-saving, tentu hunian akan jadi lebih efisien dan hemat tempat. Itulah tadi informasi seputar desain interior yang akan jadi tren di tahun 2021, Moms. Semoga menginspirasi ya!

Beri Komentar