6 Tips dan Trik Menyimpan Barang di Ruangan yang Mungil

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 29 Januari 2021 01:30
6 Tips dan Trik Menyimpan Barang di Ruangan yang Mungil
Cara mudah menyimpan berbagai benda di ruang sempit.

Tak bisa dipungkiri, rumah kerap dipenuhi banyak barang untuk melengkapi berbagai kebutuhan. Barang-barang tersebut akan membuat rumah terasa sesak dan berantakan jika tidak disimpan dengan baik. Apalagi jika rumah kamu berukuran kecil, seperti apartemen studio dan kos-kosan.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan semua barang di ruangan mungil ini? Tenang, di sini kamu akan membagikan tips dan trik menyimpan barang di ruangan kecil agar rumah tetap rapi. Yuk, simak ulasannya hingga habis!

1 dari 6 halaman

Manfaatkan area di bawah tempat tidur untuk menyimpan barang

Tips Simpan Barang di Ruangan Kecil © Diadona

Masih banyak orang yang belum menyangka jika area kolong tempat tidur bisa dijadikan tempat menyimpan berbagai barang. Untuk membuatnya lebih rapi, sebaiknya simpan barang-barang kesukaan kamu menggunakan kotak penyimpanan, seperti kotak wadah.

Jika bujet kamu lebih, jangan ragu untuk membuat rak built-in yang menempel pada ranjang. Beberapa barang yang cocok disimpan di bawah tempat tidur adalah perlengkapan mandi, pakaian, sprei, dan sejumlah aksesoris. Jangan lupa, pastikan kamu menyimpan item sesuai kategorinya, agar lebih mudah menemukannya!

2 dari 6 halaman

Menyimpan Peralatan Dapur dengan Gantungan

Tips Simpan Barang di Ruangan Kecil © Diadona

Menyimpan peralatan dapur memang cukup mengganggu. Ini karena peralatan dapur hadir dalam berbagai ukuran dan bentuk. Sedangkan untuk menyimpan piring dan mangkok bisa ditumpuk, tapi untuk pot, pisau, parutan, dan lain sebagainya, lain ceritanya. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menyimpan peralatan dapur ini di ruangan kecil adalah dengan menggantungnya.

Siapkan pengatur gantungan rel besi dan tempelkan pada area atas kompor atau mesin pencuci piring. Gunakan kait untuk menyimpan dan menggantung sejumlah peralatan dapur. Selain tidak memakan tempat, tempat penyimpanan ini juga lebih mudah dibersihkan, lho!

3 dari 6 halaman

Area pintu sebagai tempat menyimpan berbagai barang

Tips Simpan Barang di Ruangan Kecil © Diadona

Menyimpan barang di area pintu, kenapa tidak? Pilih beberapa tempat di dekat pintu yang tidak menghalangi jalan masuk dan keluar, misalnya di bagian belakang pintu tempat kamu bisa mengubahnya menjadi rak sepatu vertikal. Gunakan saja pengatur gantung yang terbuat dari bahan pvc yang ringan namun tetap kuat.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan bagian atas pintu untuk menyimpan sejumlah barang dengan menggunakan rak dinding. Area ini direkomendasikan hanya untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan, seperti kotak perkakas atau berbagai koleksi milikmu. Hal ini dikarenakan lokasinya yang cukup tinggi dan akan sedikit merepotkan jika harus bolak-balik.

4 dari 6 halaman

Gunakan Ottoman, Furnitur Multifungsi

Tips Simpan Barang di Ruangan Kecil © Diadona

Dulu, ottoman digunakan sebagai tempat pijakan kaki sekaligus tempat duduk tambahan. Namun, di zaman modern, ottoman telah dimodifikasi sebagai tempat penyimpanan juga. Buka saja bagian atas dan kamu dapat menyimpan berbagai item di dalamnya.

Saat ditutup, ottoman bisa dijadikan tempat duduk. Furnitur serba guna ini sangat cocok untuk menyimpan buku, alat tulis, bahkan makanan ringan. Dengan demikian, ruangan akan terlihat lebih rapi dan tidak ada yang menyangka bahwa kamu memiliki banyak barang di dalamnya. Tertarik menggunakannya?

5 dari 6 halaman

Menyimpan Peralatan Rias di Meja Rias

Tips Simpan Barang di Ruangan Kecil © Diadona

Bagi wanita, memiliki banyak koleksi produk make up dan perawatan wajah adalah hal yang lumrah. Namun, menyimpan semua koleksi ini di atas meja menggunakan laci kecil juga kurang efisien di ruangan kecil.

Jadi, sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan meja rias ala kotak kayu China. Bentuknya seperti kotak, tapi tutupnya dilengkapi cermin. Dengan demikian, kamu bisa menyimpan semua koleksi make up di dalamnya sekaligus make up wajah kamu. Praktis banget, ya?

6 dari 6 halaman

Menyimpan Item di Rak Vertikal

Tips Simpan Barang di Ruangan Kecil © Diadona

Salah satu prinsip menyimpan barang di ruangan kecil adalah menyimpannya secara vertikal. Karena itu, kamu bisa memanfaatkan rak vertikal yang tinggi dan ramping untuk menghemat tempat. Jika ruangan kecil kamu memiliki sudut kosong, jangan ragu untuk meletakkan rak vertikal di sana.

Itulah tips dan trik menyimpan barang di ruangan mungil yang bisa langsung kamu ikuti. Jangan lupa biasakan untuk segera meletakkan kembali barang-barang bekasmu pada tempatnya ya! Nikmati kamar kecilmu yang rapi!

Beri Komentar