7 Tips Simpan Sepatu Agar Awet dan Tidak Berbau, Catet Ya!

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 29 Januari 2021 01:49
7 Tips Simpan Sepatu Agar Awet dan Tidak Berbau, Catet Ya!
Layaknya pakaian, sepatu melengkapi penampilan yang dikenakan hampir setiap hari.

Namun mood kamu bisa rusak jika sepatu kesayangan kamu rusak atau mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga kamu tidak akan merasa percaya diri.

Tak perlu khawatir, dengan teknik penyimpanan yang tepat, kamu bisa merawat sepatu dan menghilangkan bau tak sedap di dalamnya. Dengan demikian, sepatu kesayangan kamu bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Nah, berikut kamu akan membagikan tips dan trik menghemat sepatu yang tepat untuk kamu. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya sampai habis ya!

1 dari 7 halaman

Gunakan Rak Sepatu Terbuka

Tips Simpan Sepatu © Diadona

Apakah kamu memakai sepatu yang sama setiap hari? Jika demikian, kamu harus menyimpannya di rak sepatu terbuka. Hal ini dikarenakan sepatu yang sering kamu gunakan rentan terhadap kelembapan akibat kotoran dan keringat. Dengan menyimpannya di rak terbuka, sepatu ini dapat mengalami pergantian udara yang lebih optimal dan meminimalkan tumbuhnya jamur yang dapat merusak sepatu dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Namun, jika kamu hanya memiliki rak sepatu yang tertutup, pastikan untuk membiarkan sepatu yang baru dikenakan di tempat terbuka terlebih dahulu sebelum menyimpannya, oke! Hal ini agar sepatu tersebut tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

2 dari 7 halaman

Simpan Sepatu yang Jarang Digunakan dengan Silica Gel

Tips Simpan Sepatu © Diadona

Untuk koleksi sepatu yang jarang kamu gunakan, simpanlah di kotak penyimpanan khusus sepatu. Namun, jangan lupa untuk menambahkan silica gel pada shoebox agar kelembapannya lebih terjaga. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kotak sepatu transparan atau menambahkan label pada setiap kotak untuk memudahkan kamu saat mencari sepatu untuk dipakai.

3 dari 7 halaman

Jangan Simpan Sepatu dalam Kondisi Basah

Tips Simpan Sepatu © Diadona

Sepatu basah dapat dengan mudah menimbulkan jamur dan bau tak sedap. Oleh karena itu, jangan pernah menyimpan sepatu basah di dalam kotak atau rak sepatu. Biasakan untuk selalu mengeringkan sepatu kamu terlebih dahulu, seperti menjemurnya di bawah sinar matahari atau meletakkannya di luar ruangan sebelum meletakkannya di tempat penyimpanan sepatu. Ini juga cara yang efektif untuk menghilangkan bau sepatu.

4 dari 7 halaman

Jangan Menyimpan Sepatu Bertumpuk

Tips Simpan Sepatu © Diadona

Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang menyimpan sepatu secara bertumpuk untuk menghemat tempat. Meski cara ini berlaku untuk penyimpanan skamul, menumpuknya sepatu bisa membuat sepatu berubah bentuk. Sehingga, kamu merasa tidak nyaman saat memakainya. Oleh karena itu, pertahankan agar sepatu tertata rapi dan berdampingan di tempatnya.

5 dari 7 halaman

Selalu Bersihkan Bagian Dalam Sepatu

Tips Simpan Sepatu © Diadona

Jika kaki kamu banyak mengeluarkan keringat yang menyebabkan bau tidak sedap, usahakan untuk selalu membersihkan bagian dalam sepatu kamu setelah memakainya. kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan alkohol, bubuk antijamur, atau minyak pohon teh yang sering digunakan sebagai aromaterapi. Jangan lupa, selalu kenakan kaus kaki agar sepatu kamu terhindar dari keringat yang bisa menyebarkan bau tak sedap dan mengikis sol sepatu.

6 dari 7 halaman

Gunakan Shoe Tree Agar Bentuk Sepatu Tetap Terjaga

Tips Simpan Sepatu © Diadona

Koleksi sepatu yang disimpan dalam jangka waktu lama bisa berubah bentuk, yang bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman saat dipakai. Nah, agar bentuk sepatu kesayangan kamu tidak berubah, kamu bisa menggunakan alat pendukung atau pohon sepatu.

Pilih pohon sepatu yang terbuat dari kayu karena selain dapat menjaga bentuk sepatu, bahan kayunya juga dapat menyerap kelembapan dari sepatu. Jika kamu tidak memiliki pohon sepatu, coba gunakan handuk kertas atau koran yang sudah dilapisi sebagai alternatif.

7 dari 7 halaman

Penanganan Khusus Sepatu Kulit

Tips Simpan Sepatu © Diadona

Sepatu kulit membutuhkan teknik perawatan yang berbeda dengan sepatu kanvas. Pertama, hindari menyimpan sepatu kulit di dalam plastik karena bisa menyebabkan warna sepatu memudar. Selain itu, hindari juga mencuci sepatu kulit menggunakan sabun karena dapat merusak tekstur kulit. Gunakan cairan pembersih khusus untuk sepatu kulit.

Melalui ketujuh cara di atas, diharapkan kamu dapat menyimpan sepatu dengan baik agar tidak rusak atau tidak berbau. Yuk, rawat koleksi sepatu favoritmu sekarang juga!

Beri Komentar