7 Tips Tanam Pohon Dekat Rumah dan Manfaatnya

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 2 Februari 2024 09:00
7 Tips Tanam Pohon Dekat Rumah dan Manfaatnya
Jangan asal tanam ya biar nggak merusah bangunan rumah kamu~

Tips tanam pohon dekat rumah adalah bagian penting saat kamu hendak mempercantik rumah kamu. Ya, rumah dengan halaman yang asri tentu saja akan memberikan nilai plus baik itu dari segi pemandangan ataupun dari segi kesehatan.

Sayangnya, kamu nggak bisa dengan asal-asalan menanam pohon di sekitaran rumah kamu. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar pohon yang kamu tanam tidak merugikan kamu atau bahkan merusak beberapa bagian dari rumah kamu.

Nggak perlu lama-lama, yuk kita simak bareng-bareng tips tanam pohon dekat rumah yang bisa jadikan catatan. Simak sampai tuntas habis ya!

1 dari 6 halaman

Tips Tanam Pohon Dekat Rumah © Diadona

Atur Jarak Pohon dengan Bangunan dan Rumah Tetangga

Tips tanam pohon dekat rumah yang pertama adalah perhatikan jarak pohon dengan bangunan. Baik itu dengan bangunan rumah kamu ataupun bangunan tetangga yang ada di sekitar rumah kamu. 

Jarak yang ideal disarankan tentu saja bervariasi tergantung pada jenis pohon, tetapi umumnya minimal 3-5 meter. Kenapa harus berjarak dari bangunan? Alasannya adalah terlalu dekat dengan struktur bangunan atau tembok dapat menghambat pertumbuhan akar dan ranting.

Selain itu, ketika pohon sudah tumbuh besar akan berbahaya dan berpotensi merusak bangunan. Baik itu akar yang akan merusak pondasi, ataupun daun dan ranting yang akan merusak bangunan tersebut. 

Cari Tahu Informasi Pohon Hendak Ditanam

Tips yang nggak bisa kamu lewatkan begitu saja adalah cari tahu betul tentang informasi pohon yang akan kamu tanam. Pastikan kamu memilih pohon dengan resiko merusak struktur bangunan yang sangat minim. 

Jika kamu ingin menanam pohon dengan tujuan untuk peneduh rumah ataupun halaman, biasanya akan memilih tanaman dengan kanopi yang lebar atau rindang. Namun, perlu diingat bahwa tanaman berkanopi lebar dan rindang biasanya memiliki perakaran yang lebar juga. Jadi pilih dengan seksama ya.

2 dari 6 halaman

Tips Tanam Pohon Dekat Rumah © Diadona

Atur Jarak Pohon dengan Jalan

Tips menanam pohon di dekat rumah yang juga harus kamu perhatikan adalah lokasi tanam dengan akses jalan. Perkirakan dengan betul agar nantinya pohon yang kamu tanam tidak menghalangi akses jalan baik itu jalan di rumah kamu ataupun jalan umum ataupun jalan raya.

Jangan sampai ya, nanti pohon yang sudah kamu tanam itu kemudian tumbuh dan malah merugikan kamu dan beberapa orang di sekitar kamu. POhon yang terlalu dekat dengan jalan kemungkinan besar bisa merusak struktur jalan. Pun kalau tumbang juga bisa mengganggu akses lalu lintas.

Tanam dari Awal atau Pindahkan Pohon

Selanjutnya, saat menanam pohon di dekat rumah kamu akan mempunyai dua pilihan. Yaitu, kamu bisa menanam sedari kecil ataupun menanam pohon yang besar dengan cara memindahkan pohon tersebut dari tempat semula dan memindahkannya ke halam rumah. 

Nah, jika kamu hendak memindahkan pohon yang sudah besar, pastikan untuk menangani akar dengan hati-hati dan persiapkan lubang tanam yang cukup besar. Oh iya, dengan metode pemindahan ini dalam kurun waktu satu hingga dua bulan, maka pohon akan beradaptasi dan terlihat kering. Namun, setelah itu akan tumbuh kembali.

3 dari 6 halaman

Atur Jarak Antar Pohon Jika Banyak

Next, jika kamu ingin menanam pohon dalam jumlah yang banyak atau misal lebih dari satu, kamu harus memperhatikan jarak tanamnya ya. pastikan jarak antara pohon-pohon tersebut cukup, yang terpenting jangan terlalu rapat agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Tujuan dari pemberian jarak tanam ini adalah mencegah persaingan yang berlebihan untuk sumber daya, seperti air, nutrisi, dan sinar matahari. Selain itu Diazens, saat kamu memberikan jarak nantinya kamu juga bisa memberikan tanaman atau tumbuhan lain yang bisa mempercantik lanskap pemandangan.

Tambahkan Tumbuhan lain

Menyambung dari poin sebelumnya, kamu bisa menambahkan jenis tanaman atau tumbuhan lain sebagai pelengkap. Misalnya, untuk menciptakan pemandangan taman yang seimbang dan beragam, tambahkan tumbuhan lain di sekitar pohon seperti tanaman penutup tanah, semak, atau bunga.

Kombinasi berbagai tanaman dan tumbuhan ini akan memberikan kesan yang beragam dan menari di halaman rumah. Tentu saja ini akan membuat kamu makin betah untuk berlama-lama di taman untuk menikmati udara yang segar.

4 dari 6 halaman

Berikan Perawatan Terbaik

Terakhir untuk tips tanam pohon dekat rumah adalah pastikan kamu memberikan perawatan terbaik. Kamu bisa memulainya dengan memberikan pupuk sebagai cadangan makanan yang cukup buat pohon yang akan kamu tanam.

Kemudian, ketika sudah tumbuh berikan perawatan khusus jika pohon tersebut terkena hama dan penyakit. Kamu bisa menggunakan pestisida organis ataupun perawatan lainnya yang tidak beresiko terhadap lingkungan. 

Oh iya, jangan lupa untuk memangkas daun dan juga ranting saat pohon yang kamu tanam sudah mulai tumbuh besar. Tujuannya adalah merapikan pohon dan juga agar pohon bisa tumbuh dengan maksimal.

5 dari 6 halaman

Manfaat Menanam Pohon di Dekat Rumah

Manfaat Tanam Pohon Dekat Rumah © Diadona

Menanam pohon di dekat rumah tidak hanya memberikan keindahan dan kenyamanan. Akan ada banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dari pohon yang kamu tanam tersebut. Berikut untuk beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan.

Udara yang Sejuk

Pohon bisa jadi payung alami buat rumah kita. Dia mencegah sinar matahari yang kelewat panas untuk masuk ke rumah, jadi rumah kita nggak terlalu gerah. Plus, kalau lagi hujan, pohon juga bisa jadi pelindung dari tetesan air.

Kualitas Udara Lebih Sehat

Pohon itu seperti penyaring udara. Lewat proses fotosintesis, dia ubah karbondioksida jadi oksigen. Makin banyak pohon di sekitar rumah, makin banyak oksigen yang dihasilkan. Udara jadi lebih sejuk, segar dan tentu saja menyehatkan.

 

6 dari 6 halaman

Peredam Kebisingan

Kemudian, pohon yang kamu tanam bisa meredam suara bising. Kalau rumah kita dekat jalan raya, menanam pohon bisa jadi solusi. Dia nggak cuma bikin rumah kita teduh, tapi juga bikin telinga kita senang dan suasana menjadi tenang.

Investasi Berharga

Oh iya, menanam pohon juga bisa bikin kantongmu senang, lo! Kehadiran pohon yang rapi dan terawat bisa meningkatkan nilai properti rumahmu. Jadi, selain investasi kesehatan, ini juga investasi finansial yang sayang untuk dilewatkan.

Jadi itu ya Diazens beberapa tips tanam pohon di dekat rumah dan juga beberapa manfaatnya yang bisa kamu jadikan catatan. Nggak ada salahnya loh menanam pohon di dekat rumah karena akan memberikan udara yang segar dan baik untuk kesehatan. 

Beri Komentar