11 Desain Taman Bawah Tangga, Buat Suasana Ruangan Jadi Tambah Hidup

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 Januari 2024 22:00
11 Desain Taman Bawah Tangga, Buat Suasana Ruangan Jadi Tambah Hidup
Kenyamanan dan keindahan pada rumah sangat mudah didapatkan, salah satunya dengan menghadirkan taman bawah tangga rumah minimalis.

Taman bawah tangga rumah minimalis menjadi dekorasi yang bisa menghidupkan suasana baru saat di rumah. Area yang dihiasi oleh rumput hijau dan berbagai tanaman hias ini bisa melengkapi elemen ruangan yang bersifat catchy dan pemanfaatan ruang yang sangat optimal.

Dalam membuat taman di bawah tangga, desain dan estetika nggak boleh jadi pertimbangan utama. Aspek lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan antara lain : 

Pencahayaan

Pastikan taman di bawah tangga punya pencahayaan yang cukup. Kalau memungkinkan, gunakan cahaya alami dengan memanfaatkan celah atau jendela.

Drainase

Pastikan sistem drainase yang baik untuk menghindari masalah saluran air penyiraman. Kamu bisa memilih tanaman sesuai dengan sistem drainase yang kamu pasang.

Pemilihan Tanaman

Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi cahaya di taman bawah tangga tersebut. Pastikan juga tanaman tersebut sesuai dengan iklim dan lingkungan mikro di area tersebut. Pilih tanaman yang tidak terlalu besar agar sesuai dengan ruang yang terbatas.

Perawatan

Kalau kamu nggak memiliki banyak waktu buat merawat tanaman, pilih tanaman dengan perawatan minimal. Walau berada di bawah tangga, pastikan kamu memiliki akses yang mudah merawat tanaman di bawah tangga.

Penasaran nggak sih apa saja model taman bawah tangga rumah minimalis? Langsung aja simak referensinya di bawah ini ya.

1 dari 11 halaman

Taman Kecil di Bawah Tangga

Taman Kering di Bawah Tangga Bergaya Jepang © Diadona

Space kecil di bawah tangga biasanya dengan sisi pencahayaan yang baik, bisa dimanfaatkan sebagai taman mini. Pilih tanaman dengan perawatan yang minimal dan sesuai dengan pencahayaan.

Salah satu jenis tanaman hias indoor yang paling mudah dirawat yakni sirih gading, lidah mertua, hingga monstera.

2 dari 11 halaman

Taman Kering di Bawah Tangga Sederhana © Diadona

Dikutip dari Healthline, keberadaan taman di dalam ruangan memiliki banyak manfaat, antara lain:

Menghilangkan Stress

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Physiological Anthropology menemukan kalau keberadaan tanaman di dalam rumah bisa menimbulkan rasa nyaman dan juga tentram.

Meningkatkan Konsentrasi

Penelitian lain juga menyebut nih kalau tanaman asli yang diletakkan di dalam ruang kelas, ternyata bisa meningkatkan fokus dan konsetrasi siswa. Tertarik mau mencoba?

Meningkatkan Kualitas Udara

Nah kalau manfaat tanaman di dalam ruangan uda pasti bukan rahasia umum lagi. Sebab, tanah dan akar tanaman hias mampu mengurangi senyawa organik volatil secara signifikan.

 

3 dari 11 halaman

Taman Kering di Bawah Tangga

Taman Kering di Bawah Tangga © Diadona

Untuk mengurangi ribetnya sistem drainase pada taman bawah tangga, mungkin kamu bisa mengaplikasikan jenis taman kering. Taman kering adalah taman yang dirancang dengan meminimalkan penggunaan air.

Beberapa karakteristik umum dari taman kering antara lain:

Penggunaan Material Penutup Tanah

Material penutup tanah seperti kerikil, bebatuan, atau mulsa sering digunakan untuk melindungi tanah dari penguapan air dan mempertahankan kelembaban. Ini membantu mengurangi kebutuhan penyiraman. Untuk taman di bawah tangga yang ada di dalam rumah, material penutup tanah ini akan mencegah tanah terciprat ketika disiram.

Pilih Tanaman Tahan Kering

Taman kering didesain untuk tanaman yang tidak membutuhkan banyak air untuk hidup. Ini termasuk diantaranya tanaman sukule, kaktus, dan lainnya.

4 dari 11 halaman

Taman di Bawah Tangga © Diadona

Agar mendapatkan efek keindahan yang optimal, memilih jenis tanaman di taman bawah tangga tentu tak boleh asal-asalan. Untuk kesan rimbun, pilih tanaman berdaun lebar. Namun tentu saja, sesuaikan dengan kondisi pencahayaan dan kebutuhan air tanaman ya!

5 dari 11 halaman

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Halaman Sempit

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Halaman Sempit © Diadona

Memiliki lahan yang terbatas bukan berarti nggak bisa mempercantik isian rumah dengan taman di bawah tangga loh. Justru, taman bawah tangga juga bisa dibangun di dalam rumah mini tanpa memberikan kesan yang jadi terasa sempit.

Sediakan bangunan balok kayu sebagai area taman dan nantinya dapat kamu isi dengan menggunakan batu koral putih untuk hiasan taman. Hindari menaruh tanaman dengan porsi yang terlalu banyak di halaman yang mini supaya bisa menciptakan keindahan taman bawah tangga secara minimalis. 

6 dari 11 halaman

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Dengan Mini Waterfall

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Dengan Mini Waterfall © Diadona

Selain diisi oleh tanaman favorit, kamu juga bisa menambahkan air terjun mini sebagai dekorasi taman bawah tangga rumah. Selain melengkapi rumah jadi semakin indah, hadirnya air terjun mini juga bisa digunakan untuk membantu merelaksasikan pikiran dari suara yang  ditimbulkan dari percikan air. 

Pemasangan air terjun juga sangat mudah sekali untuk dilakukan. Hanya dengan menggunakan alat waterfall instan secara portabel, kamu bisa menciptakan air terjun di rumah tanpa harus menguras biaya pembelian dan perawatan yang cukup besar.

 

7 dari 11 halaman

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Dengan Konsep Semi Outdoor

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Dengan Konsep Semi Outdoor © Diadona

Area bawah tangga semi outdoor adalah lahan taman yang pas banget sebab memiliki pencahayaan yang bagus dan sistem drainase yang oke. Penempatan semi outdoor juga akan memudahkan perawatan tanaman dan pemilihan jenis tanaman.

8 dari 11 halaman

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Estetik

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Estetik © Diadona

Memiliki taman bawah tangga nyatanya bisa digunakan sebagai area baru di dalam rumah. Selain terdapat tanaman hias, ada juga dekorasi lainnya yang bisa melengkapi suasana nyaman saat berada di taman berupa sofa. Kamu bisa menambahkan sofa tempel dinding yang berdekatan dengan taman untuk memiliki spot foto yang instagrammable. 

Jangan lupa untuk menambahkan lampu taman supaya dapat meningkatkan nilai artistik untuk di area taman. Pilihan sorotan lampu taman yang berwarna kuning menciptakan kesan lembut dan rileks saat dipandang. 

9 dari 11 halaman

Taman Vertikal Bawah Tangga

Taman Vertikal Bawah Tangga © Diadona

Taman vertikal adalah solusi menghadirkan tanaman di ruang sempit dan menedekorasi dinding dengan gaya alami. Diaplikasikan di sisi bawah tangga, tentu tak kalah indah!

Tapi tentu saja, sistem menanam dan drainase taman vertikal tentu berbeda dengan taman biasa. Untuk urusan ini, silakan berkonsultasi dengan ahlinya ya!

10 dari 11 halaman

Taman Bawah Tangga di Pot

Taman Bawah Tangga di Pot © Diadona

Bila membuat taman konvensional di bawah tangga terlihat menyulitkan, desain berikut ini bisa menjadi solusi. Taman berikut hanya terdiri dari area lantai yang ditutup dengan bebatuan, lalu pot berisi tanaman.

Taman bawah tangga dengan pot akan memudahkan penataan tanaman. Untuk proses penyiraman, lakukan jangan sampai membuat air menggenang keluar dari pot.

11 dari 11 halaman

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Dengan Relief Tebing

Taman Bawah Tangga Rumah Minimalis Dengan Relief Tebing © Diadona

Agar memiliki kesan taman bawah tangga yang terasa lebih hidup dengan, kamu bisa menambahkan relief tebing sebagai dekorasi dinding tanaman. Relief tebing merupakan seni 3 dimensi yang dibuat dari batuan alami dan buatan melalui proses manual supaya menghasilkan relief tebing yang terlihat secara alami di rumah. 

Untuk menciptakan relief tebing ini, kamu bisa meminta bantuan dari jasa tukang profesional yang telah berpengalaman di bidang pembuatan relief tebing. Harga yang ditawarkan sangat bergantung pada luas halaman rumah dan keinginan pelanggan untuk memilih material yang akan digunakan.

Itulah model taman bawah tangga rumah minimalis. Sangat indah, bukan?

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Baca Juga: 8 Taman Belakang Rumah Luas yang Asri, Cozy Banget Buat Bersantai 10 Jenis Tanaman Pagar Rumah Percantik Halaman Depan Jadi Spot Instagramable 9 Desain Taman Kering Indoor Minimalis yg Rindang dan Mudah Dirawat 10 Pohon Hias Depan Rumah yang Estetik, Ada Pohon Tabebuya yang Lagi Hits! 10 Jenis Tanaman Rambat untuk Taman Vertikal yang Cantik dan Rimbun 8 Tanaman yang Tidak Boleh Ditanam di Depan Rumah

Beri Komentar