9 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Pastikan Aman ya!

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 14 April 2023 14:04
9 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Pastikan Aman ya!
Sederhana sih, tapi kalau teledor bisa bahaya~

Lebaran akan menjadi momen berkumpul bersama keluarga setelah lama tidak bertemu karena merantau ke luar kota. Oleh sebab itu, mudik menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang hidup di perantauan. Sebelum mudik, jangan lupa untuk menyimak tips meninggalkan rumah saat mudik.

Jadi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar rumah atau tempat tinggal yang kamu tempati biar tetap aman saat ditinggal mudik. Misalnya seperti mengunci semua ointu dan jendela, mematikan saluran air dan regulatir gas dan masih banyak lagi.

Berikut ini nin beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber. Yuk simak bareng-bareng biar mudik makin tenang dan nggak khawatir lagi!

1 dari 5 halaman

1. Kunci Seluruh Pintu dan Jendela

Ilustrasi Mengunci Pintu Rumah © Diadona

Pertama dan yang paling utama adalah mengunci semua pintu dan jendela yang ada di rumah kamu. Ini adalah hal wajib yang harus kamu lakukan sebelum rumah kamu tinggal pulang kampung.

Bila perlu, untuk menambah keamanan, kamu bisa menggunakan gembok. Plus, jangan lupa juga untuk membawa semua kuncinya alias jangan ditaruh di sembarangan tempat seperti di bawah keset, pot, atau pun di dalam sepatu.

2. Matikan Semua Peralatan Elektronik

Tips meninggalkan rumah saat mudik yang kedua adalah mencabut semua kabel alat eletronik dari stopkontak. Tujuannya jelas yaitu untuk menhindari terjadinya korsleting yang bisa memicu api.

Jadi, semua barang-barang seperti TV, kulkas, mesin cuci, AC, dispenser, dan lain-lain sudah kamu cabut dan mati. Terlalu beresiko untuk tetap membuat alat-alat tersebut ditinggal dalam keadaan masih menyala.

2 dari 5 halaman

3. Matikan Saluran Air dan Lepas Gas Elpiji

Ilustrasi Saluran Air © Diadona

Selanjutnya Diazens, selain mematikan semua barang eletkronik, jangan sampai lupa untuk mematikan saluran air dan juga gas elpiji. Air atau elpiji yang bocor dalam keadaan rumah kosong pastinya akan sangat berbahaya. Jadi, safety first saja dulu.

4. Amankan Barang Berharga

Lanjut, untuk tips meninggalkan rumah saat mudik adalah aman kan semua barang berharga yang ada di dalam rumah. Barang-barang seperti surat atau dokumen berharga perhiasan dan lain-lain bisa kamu sendirikan di brangkas.

Selain bisa meminimalisir resiko kejahatan, brangkas juga menjadi tempat yang aman dari bencana seperti kebakaran atau pun banjir.

3 dari 5 halaman

5. Isi Token Listrik dan Hidupkan Lampu Teras

Kemudian jangan lupa juga untuk mengisi token listrik sebelum kamu tinggal mudik. Jadi, usahakan kamu tetao menghidupkan lampu teras rumah. Nah, tujuannya mengisi token listrik ini adalah biar lampunya nggak samapi mati meski ditinggal agak lama.

6. Lapor RT/RW Setempat

Sebenarnya ini kondisional ya Diazens. Ini tergantung kamu tinggal di mana saja. Tetapi, umumnya setiap daerah pasti punya RT ataupun RW yang punya dan kamu jangan lupa lapor ke mereka sebelum pergi mudik.

Tujuannya ya biar sedikit banyak mereka bisa mengamankan rumah atau tempat tinggal kamu. Ya biar dijagain tipis-tipis lah ya rumahnya.

4 dari 5 halaman

7. Pasang CCTV

Ilustrasi CCTV rumah © Diadona

Tips meninggalkan rumah saat mudik yang selanjutnya adalah dengan memasang kamera pengawas atau CCTV dan hububngkan ke smartphone kamu. Jadi, kamu tetap bisa memantau rumah kamu melalui kamera pengawas ini meskipun sedang jauh dari rumah.

8. Bersihkan Rumah Sebelum Mudik

Kemudian, yang nggak bisa kamu lewatkan adalah untuk bersih-bersih rumah sebelum kamu tinggal mudik. Jangan tinggalkan rumah dalam keadaan kotor kalau kamu nggak mau rumah kamu akan menjadi sarang hewan-hewan sepeti kecoa, tikus, semut, dan lain-lain.

5 dari 5 halaman

9. Titipkan pada Orang Terpercaya

Terakhir nih Diazens, jangan lupa juga unruk berpamitan dan titip rumah ke kerabat atau tetangga terdekat yang nggak mudik. Sengan begitu, mereka akan ikut menjaga kemanan rumah kamu dan akan mengeceknya secara berkala.

Oh iya lupa, kalau kamu punya hewan peliharaan seperti jangan tinggalkan sendiri di rumah ya. Solusi paling mudah adalah titipkan ke shelter atau tempat penitipan hewan yang ada di daerah kamu.

Jadi, itulah beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik. Pokoknya nih ya, pastikan semuanya sudah aman dan bersih. Dengan begitu kamu akan mudik dengan tenang dan nyaman. Selamat mudik Diazens!

Beri Komentar