8 Tips Memilih Water Heater, Jangan Asal Biar Tak Kena Zonk

Reporter : Arifina
Senin, 19 Februari 2024 16:37
8 Tips Memilih Water Heater, Jangan Asal Biar Tak Kena Zonk
Jangan asal ya! Perlu memperhatikan beberapa hal berikut!

Tips memilih water heater (pemanas air) menjadi bagian terpenting yang perlu diperhatikan dengan tepat. Water heater kini banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk memenuhi kebutuhan air hangat dengan mudah.

Keberadaan water heater menjadi salah satu solusi instan bagi pemilik rumah dalam memenuhi kebutuhan air panas untuk mandi ataupun hal lainnya. Penggunaan alat ini memungkinkan kamu untuk menikmati air hangat yang menyegarkan dengan cara mandi ideal di musim pancaroba, dingin atau mandi di pagi hari.

1 dari 9 halaman

Tips Memilih Water Heater © Diadona

Namun, guna mendapatkan asupan air hangat yang pas perlu kiranya memilih water heater yang tepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih wter heater untuk dibeli ya!

Pemilihan alat pemanas air yang tepat ini bukan hanya sekedar memenuhi asupan kebutuhan semata. Melainkan, juga akan secara konsisten dalam pemenuhan pasokan air panas, menghemat biya energi, hingga memperpanjang umur dari weater heater itu sendiri lho!

Nah, biar tak asal pilih, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memilih weater heater dengan tepat!

2 dari 9 halaman

Pahami Jenis Water Heater

Sebelum memulai memilih, kamu perlu tahu akan jenis-jenis water heater. Beberapa jenisnya yakni, water heater listrik, Solar water heater, water heater pompa panas, dan water heater gas.

Ada juga jenis water heater tankless (on-demand), yakni mampu menghangatkan air secara langsung tanpa menyimpannya dalam tangki. Serta jenis tank (storage) yang mampu menyimpan air dalam tangki dan menghangatkannya secara terus-menerus.

Dari beberapa jenis tersebut pahami terlebih dahulu mana sekiranya yang cocok untuk kebutuhan kamu dan keluarga di rumah.

3 dari 9 halaman

Perhatikan Kapasitas Tangki

Kapasitas tangki water heater menentukan jumlah air panas yang dapat disimpan. Pilihlah kapasitas tangki yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pastikan juga ukuran water heater sesuai dengan ruang yang tersedia di tempat pemasangannya. Adapun, gambarannya untuk water heater dengan kapasitas 10-15 liter cocok untuk 1-2 orang. Kemudian, kapasitas 20-30 liter akan cocok untuk 3-4 orang.

Sedangkan kapasitas 40-50 liter cocok untuk 5 orang atau lebih. Pertimbangan ukuran ini bertujuan meminimalisir kejadian mandi dengan air hangat terhambat untuk seluruh penghuni rumah karena harus melakukan proses pemanasan ulang pada water heater.

4 dari 9 halaman

Pilih Sesuai Budget dan Bergaransi

Tips Memilih Water Heater © Diadona

Sesuaikan anggaran yang kamu miliki dengan harga water heater yang akan dipilih. Perhatikan juga garansi yang ditawarkan oleh produsen, karena garansi yang baik dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap kerusakan atau masalah teknis.

Sehingga, apabila ada kejadian cacat pada produk ataupun masalah pada water heater yang dibeli akan mudah ditukarkan dengn garansi tersebut.

Jangan lupa untuk selalu melihat review-review dri pembeli lainnya sebagai bahan pertimbangan lain ya.

5 dari 9 halaman

Pilih yang Efisiensi Energi

Mempertimbangkan tingkat efisiensi energi pada water heater perlu menjadi perhatian. Pilih perangkat yang memiliki label Energy Star atau sertifikasi sejenis untuk memastikan penggunaan energi yang lebih efisien, yang dapat mengurangi tagihan listrik di rumah.

Karena itu, sebelum mulai memilih dan membelinya perlu untuk memperhatikan kapasitas listrik yang kamu pakai di rumah. Sebab, water heater ini memang kebanyakan akn menyedot daya listrik.

Nah, dengan begitu kamu bisa memilih jenis water heater yang sesuai dengan kapasitas listrik di rumah agar tidak over ya.

6 dari 9 halaman

Perhatikan Teknologi Pengamanan

Memperhatikan fitur keamanan pada water heater ini cukup penting sebelum membelinya. Misalnya, jenis water heater yang memiliki proteksi terhadap kelebihan tekanan atau overheat.

Fitur ini penting untuk menjaga keamanan penggunaan perangkat dan mencegah potensi masalah keamanan. Selkain itu, adanya sistem keamanan ini juga meminimalisir terjdinya kebocoran gas.

Sehingga, kamu perlu untuk memilih jenis water heater yang dilengkapi safety system.

7 dari 9 halaman

Pelajari Cara Kerja Alat

Tips Memilih Water Heater © Diadona

Hal terpenting sebelum memilih jenis water heater, kamu perlu mempelajari cara kerja alatnya. Informsi ini biasanya bisa dilihat dari manual produk yang akan dibeli.

Kamu juga bisa mengakses website toko yang menjual water heater untuk mengetahui cara kerja pemanas air ini. Sehingga, saat membelinya kamu sudah paham terkait penggunaannya.

Mempelajari cara kerja alat water heater ini akan memudahkan juga dalam pemilihan produk yang sesuai kebutuhan. Bagaimana kaitannya juga dengan safety system yang dimiliki produk.

8 dari 9 halaman

Ketahui Pengaturan Suhunya

Pengaturn suhu pada water heater perlu menjadi perhatian penting. Apakah, alat pemanas air ini memiliki pengaturan suhu yang konstan atau bisa berubah-ubah.

Pastikan water heater yang dipilih dapat diatur suhunya sesuai dengan preferensi kamu. Beberapa model dilengkapi dengan pengaturan suhu yang dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan, seperti mencuci piring, mandi, atau mencuci tangan.

Ada juga jenis water heater yang memiliki pentauran kontan untuk menghemat waktu si pemakainya. Sehingga, saat akan digunakan mandi, anggota keluarga yang lain tidak perlu repot menyesuaikan suhunya.

9 dari 9 halaman

Pastikan Water Heater Tahan Karat

Salah satu hal yang juga tak boleh dilewatkan adalah perihal jenis bahan pada water heater. Dalam hal ini, pilihlh water heater yang terbuat dari bahan tahan karat atau dilapisi dengan bahan yang mencegah korosi.

Bahan tersebut dapat meningkatkan umur pakai perangkat dan memastikan air yang dihasilkan tetap bersih dan aman. Jika bahan berkualitas, maka juga akan meminimalisir kerusakan.

Sehingga, kamu juga tidak perlu khawatir berlebihan akan terjadi kebocoran dan hal lainnya.

Itulah sederet tips memilih water heater yang tepat dan sesuai kebutuhan. mandi air hangat kini tak pelu ribet ya! Semoga bermanfaat.

Beri Komentar