Jangan Ngasal, Ini 4 Cara Mandi yang Ideal Saat Musim Pancaroba!

Reporter : Wicha Mashita
Kamis, 1 April 2021 09:00
Jangan Ngasal, Ini 4 Cara Mandi yang Ideal Saat Musim Pancaroba!
Mandi yang kayak gini bagus buat kesehatan juga loh!

Buat masyarakat Indonesia, mandi dua kali sehari sudah seperti sebuah keharusan. Cuaca yang gerah, aktivitas padat dan keringat berlebih bisa membuat badan terasa tak nyaman. Belum lagi menumpuknya sel mati, kotoran yang bisa memunculkan berbagai gangguan kesehatan.

Tapi kalau ngomongin mandi, kata 'mager' bisa jadi senjata buat sebagian orang untuk nggak melakukan kegiatan satu ini. Terlebih bagi mereka yang tinggi di daerah bersuhu rendah.

Padahal mandi adalah ritual yang penting lho, Diazens! Nggak hanya untuk membersihkan kuman dan kotoran di badan, tapi juga bisa bantu relaksasi diri. Mandi air hangat nggak cuman jadi solusi menghadapi suhu udara yang dingin tapi juga punya beragam manfaat untuk kesehatan.

1 dari 5 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat Mandi Air Hangat © Diadona

Apa aja sih manfaatnya? Simak ulasan Diadona berikut yuk!

Melancarkan Peredaran Darah

Mandi dengan air hangat bisa melancarkan peredaran darah, terlebih bila dilakukan di bawah pancuran air dengan tekanan yang stabil selama lima menit. Selain itu juga bisa melemaskan otot-otot yang tegang karena aktivitas padatmu seharian. Pijat perlahan dengan air hangat bisa meredakan nyeri otot, loh!

Mencegah Insomnia dan Gangguan Tidur

Mandi air hangat ini juga bisa mencegah insomnia dan gangguan tidur. Kok bisa? Soalnya, mandi dengan air hangat membantu merangsang otot untuk memproduksi hormon oksitosin yang tugasnya membuat perasaanmu jadi tenang dan positif. Manfaat mandi air hangat ini juga berkaitan dengan tubuh yang lebih rileks dan penurunan suhu tubuh selepas mandi.

Bagus untuk Kesehatan Jantung

Nah, manfaat mandi air hangat ini berhubungan dengan manfaatnya sebagai pelancar peredarah darah.

Sebuah penelitian di tahun 2012 lalu membuktikan bahwa orang yang berendam di air hangat mengalami penurunan kekakuan arteri. Padahal nih arteri yang kaku atau kurang fleksibel punya peran utama dalam kondisi kardiovaskular aterosklerosis, si penyebab tekanan darah tinggi. Lebih lanjut, tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko besar dalam terjadinya penyakit jantung.

Jadi dengan demikian bisa disimpulkan bahwa berendam dengan air hangat bisa meningkatkan kesehatan jantung.

2 dari 5 halaman

Manfaat Mandi Air Hangat © Diadona

Meningkatkan Kesehatan Otak

Mandi air hangat di pagi hari juga bisa meningkatkan kesehatan otak, loh! Manfaat ini didapat dari peningkatan brain derived neurotrophic factor (BDNF), yaitu protein dengan beragam fungsi untuk otak, antara lain:

  • membantu kelangsungan hidup sel-sel saraf
  • membantu meningkatkan pertumbuhan, pematangan, dan pemeliharaan sel-sel saraf
  • meningkatkan proses pembelajaran dan daya ingat

Bukti ini memang didapat dari penelitian yang hanya melibatkan sedikit subjek. Tapi nggak ada salahnya bila kamu ingin mencobanya di rumah kan!

Meningkatkan Kesehatan Otot dan Sendi

Nyeri sendi dan otot adalah kondisi yang rumit, tapi banyak penderita yang menemukan pereda rasa sakitnya dengan terapi air hangat. Melansir situs Arthtitis, berendam dengan air hangat adalah salah satu bentuk terapi komplementer tertua, termurah dan teraman untuk penderita nyeri sendi.

Katanya nih karena terapi air hangat bisa melebarkan pembuluh darah sehingga memungkinkan lebih banyak darah, oksigen dan nutrisi dikirim ke jaringan yang luka. Sirkulasi yang lebih banyak berarti relaksasi yang lebih besar bagi otot dan sendi sendi yang kaku.

3 dari 5 halaman

Cara Terbaik Mandi Air Hangat

Ilustrasi Berendam Air Hangat © Diadona

Nggak sekedar mandi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar mendpatkan manfaatnya secara optimal.

Suhu Air

Sesuaikan air mandi dengan suhu tubuh dan ruangan. Jadi bila suhu rata-rata tubuh manusia berada pada 37 derajat celcius, maka suhu air mandi hangat yang ideal berada di antara 40 - 45 derajat celcius.

Tapi saat mandi sebelum tidur, suhu air hangat untuk mandi dan berendam bisa diset pada 41 derajat celcius.

Hindari mandi dengan suhu yang terlalu panas ya terutama di hari yang dingin. Kenapa? Karena peningkatan suhu yang tiba-tiba justru membuat otot jantung tegang.

Durasi Mandi

Selain suhu, pastikan kamu juga memperhatikan durasi mandi, yakni sekitar 5-10 menit untuk membilas dan membersihkan tubuh saja. Dikutip dari Insider, semakin lama berada di dalam air maka semakin banyak kelembaban kulit yang akan hilang.

4 dari 5 halaman

Maksimalkan Pengalaman Mandi Air Hangatmu dengan Water Heater Electrolux

Water Heater Electrolux © Diadona

Biar acara mandi dan berendam air hangatmu maksimal, tentu saja kamu butuh alat yang terpercaya kan? Electrolux punya solusinya nih buat kamu yang menghadirkan water heater storage dengan beragam fitur.

ELCB Internal

Dimulai dari fitur ELCB yang terdapat di dalam unitnya. Electrolux berinovasi dengan fitur keamanan yang satu ini loh! Sifatnya sangat sensitif sehingga bisa langsung memutuskan aliran listrik jika terjadi kebocoran sekecil apapun. Mandimu jadi aman dan nyaman deh tanpa takut tersengat listrik. 

Thermal Protection

Nah, kalau fitur yang ini bisa mencegah terjadinya pemanasan suhu yang berlebih. Ada juga sensor di heating element yang bisa mendeteksi suhu secara otomatis buat mematikan unit kalau suhu air terlalu panas.

5 dari 5 halaman

Blue Glass Silicone

Selain itu juga dilapisi Blue Glass Silicone yang anti karat. Jadi tentu saja water heater Electrolux ini awet dan tahan lama. Apalagi fitur ini bisa mencegah penebalan kerak air di tangki.

 Hemat Listrik

Ini nih yang paling ditunggu tentang water heater storage Electrolux. Yap, tentu saja selain nyaman buat ritual mandimu juga aman di kantong. Soalnya nggak perlu boros listrik, Diazens. Menariknya, water heater ini hanya memerlukan daya 300Watt saja loh!

Hemat Biaya Maintenance

Selain ramah lingkungan karena hemat listrik, Water Heater Storage Electrolux juga punya saluran khusus buat menguras tangkinya. Itu kenapa tangki selalu bersih tanpa kerak air. Jadi nggak perlu keluar biaya deh buat maintenance-nya.

Beri Komentar