Tips dan Ide Dekorasi Kamar Anak, Biar Makin Mandiri dan Berani Tidur Sendiri

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 6 September 2020 09:00
Tips dan Ide Dekorasi Kamar Anak, Biar Makin Mandiri dan Berani Tidur Sendiri
Yuk bikin suasana nyaman untuk kamar tidu anak, Moms!

Masa peralihan dan pertumbuhan anak memang sangat perlu diperhatkah oleh semua orang tua. Terkadang, semakin bertambahnya usia, anak akan meminta dibuatkan kamar tidur sendiri. Terlepas dari keinginannya tersebut, pasti sangat sulit bagi anak untuk memutuskan keinginanya ini.

Pada mulanya, mungkin akan timbul rasa takut tidur sendiri. Oleh krena itu, Moms bisa membuat dekorasi kamar anak yang nyaman untuk bisa membantunya melatih rasa berani. Berikut adalah tips mendesain kamar untuk anak biar makin mandiri untuk tidur sendiri.

1 dari 4 halaman

Pencahayaan Kamar

Kamar Tidur Anak © Diadona

Seorang anak akan banyak menghabiskan kegiatan mereka di dalam kamar. Sebagai suatu tempat yang nyaman untuk mereka, tentu kita sebagai orang tua harus memperhatikan kesehatan mata buah hati dan juga kenyamanannya.

Perhatikan detail cahaya alami dari jendela ataupun cahaya buatan dari lampu. Efek cahaya harus memadai baik pada pagi hari ataupun malam hari. Pencahayaan yang buruk akan membuat kesehatan mata anak memburuk. Namun, hal itu juga akan memberikan kesan ruang yang menyeramkan sehingga anak menjadi takut berada di dalam kamarnya sendiri.

2 dari 4 halaman

Layout Ruang dan Tata Letak Perabotan

Kamar Tidur Anak © Diadona

Tak kalah penting, meletakkan aneka perabot dan mendesain layout kamar anak juga penting. Moms bisa mengatur letakkan perabot atau peralatan yang penting dan utama di area yang mudah dijangkau anak.

Hal ini dilakukan agar perabotan tidak membatasi ruang gerak anak, sehingga anak dapat lebih berekspresif di kamarnya sendiri. Moms juga meletakkan meja belajar di dekat jendela agar pencahayaan saat belajar dapat terpenuhi.

3 dari 4 halaman

Pemilihan Warna

Kamar Tidur Anak © Diadona

Suasana kamar akan tercipta dari pemilihan warna yang digunakan. Pemilihan warna yang berani seperti hijau, oranye, kuning tentu akan terlihat lebih fresh dan juga menyenangkan.

Namun pemilihan warna netral pun juga tidak kalah menariknya. Seperti halnya warna putih, anak-anak akan merasakan ruang yang luas dengan dinding berwarna putih.

4 dari 4 halaman

Tambahkan Area Penyimpanan Barang

Kamar Tidur Anak © Diadona

Pada usia anak-anak, mainan akan menjadi salah satu hal yang digemari. Melatih anak untuk dapat bertanggung jawab dengan barang-barangnya juga bisa diterapkan dengan mendesain kamar yang sesuai dengan keaktifan anak. Jika anak memiliki banyak mainan dan barang-barang untuk bermain, meletakkan tempat penyimpanan di kamar akan sangat berguna bagi mereka.

Beri Komentar