Tanaman Merambat yang Cocok Jadi Hiasan, Beneran Sirih Gading Bawa Sial?

Reporter : Yoyok
Jumat, 8 Maret 2024 16:22
Tanaman Merambat yang Cocok Jadi Hiasan, Beneran Sirih Gading Bawa Sial?
Tanaman Sirih Gading memiliki 10 macam yang berbeda-beda.

Banyak orang percaya jika tanaman Sirih Gading membawa sial, emang bener ya? Tanaman yang termasuk makhluk hidup ternyata bisa menjadi hiasan di rumah lho. Makhluk hidup satu ini bisa banget membuat suasana menjadi segar nan sejuk, serta enak dipandang mata.

Jenis tanaman merambat bisa banget menjadi hiasan di rumah. Tanaman merambat cocok untuk menghiasi tembok yang polos. Salah satu tanaman merambat yang favorit untuk dijadikan hiasan adalah Sirih Gading.

Namun, banyak mitos tentang tumbuhan merambat satu ini. Banyak orang yang bilang kalau tanama Sirih Gading membawa sial. Emang iya? Yuk Diazens kita ulik lebih dalam lagi tentang tanama Sirih Gading.

1 dari 4 halaman

Taksonomi Sirih Gading

Sirih Gading © Diadona© shutterstock.com

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ketahui lebih dahulu tentang taksonomi tanaman Sirih Gading. Taksonomi merupakan cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan klasifikasi, identifikasi, dan penamaan organisme. Tujuan utama taksonomi adalah untuk menyusun sistem yang mengelompokkan organisme berdasarkan kesamaan karakteristik morfologi (struktur fisik), anatomi, embriologi, atau informasi genetik.

Berikut ini adalah taksonomi tanaman Sirih Gading atau nama lainnya disebut dengan Epipremnum Aureum L.:

Kingdom: Plantae

Division: Liliopsida

Subclass: Arecidae

Order: Arales

Family: Araceae

Genus: Epipremnum

Species: Epipremnum Aureum L.

2 dari 4 halaman

Jenis-jenis Tanaman Sirih Gading

Sirih Gading © Diadona© shutterstock.com

Ada banyak jenis dari tanaman Sirih Gading yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah 10 jenis tanaman Sirih Gading:

- Sirih gading Silver

Jenis yang pertama yaitu Sirih Gading silver. Tanaman satu ini terbilang langka dan sulit ditemukan. Sirih Gading silver memiliki warna hijau tua yang dominan serta perak.

- Sirih Gading Kuning

Tanaman berikutnya yaitu Sirih Gading kuning. Memiliki warna kuning yang sangat cerah jenis Sirih Gading yang satu ini tumbuh di iklim sedang dan bisa ditemui di hutan trpois maupun sub-tropis.

- Sirih Gading Hijau

Sirih Gading yang selanjutnya yaitu berwarna hijau. Ukuran jenis yang satu ini memang lebih kecil dari pada yang lain. Walaupun begitu, Sirih Gading hijau memiliki daun yang lebat.

- Sirih Gading Ungu

Selanjutnya ada Sirih Gading ungu yang hanya tumbuh di daerah lembab atau dingin. Jenis satu ini cocok ditanam di daerah dataran tinggi yang bersuhu dingin.

- Sirih Gading Philo Brazil

Selanjutnya ada jenis Sirih Gading Phli Brazil. Jenis satu ini memiliki warna hijau yang dipadukan dengan kuning. Sirih Gading yang satu ini lebih banyak membutuhkan air daripada jenis lainnya.

- Sirih Gading Marbel Queen

Berikutnya ada jenis Sirih Gading Marbel Queen. Jenis satu ini memiliki daun hijau muda dengan corak warna putih. Tanaman merambat satu ini pas banget untuk diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari.

- Sirih Gading Majula Pothos

Jenis selanjutnya adalah Sirih Gading Majula Pothos yang memiliki warna gradasi putih serta hijau. Jenis Sirih Gading yang satu ini pas disimpan di dalam ruangan alias indoor karena membutuhkan intensitas cahaya yang rendah serta ditanam di dalam air.

- Sirih Gading Jade Pothos

Tanaman Sirih Gading Jade Pothos satu ini ternyata mudah untuk dirawat. Jenis satu ini memiliki daun berbentuk hati dan warnanya hijau gelap.

- Sirih Gading Satin Photos

Kesembilan ada tanaman Sirih gading berjenis Satin Photos. Jenis satu ini bentuknya seperti hati dan berwarna silver, hijau, dan putih. Tanaman satu ini tidak memerlukan cahaya matahari yang banyak alias yang sedang-sedang saja.

- Sirih Gading Cebu Blue Photos

Terakhir yaitu Sirih Gading Cebu Blue Photos. Janis satu ini memiliki bentuk daun oval atau lonjong. Sirih Gading Cebu Blue Photos membutuhkan cahaya yang sedang-sedang saja.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Tanaman Sirih Gading

Sirih Gading © Diadona© shutterstock.com

Tanaman Sirih Gading memiliki metode khusus dalam perawatannya. Berikut ini adalah cara merawat tanaman Sirih Gading:

Cahaya

Sirih Gading dapat tumbuh baik dalam kondisi cahaya rendah hingga sedang. Meskipun dapat bertahan di tempat teduh, pertumbuhannya lebih baik jika mendapat cahaya yang cukup, namun hindari paparan sinar matahari langsung yang terlalu intens.

Tanah

Tanaman ini tidak terlalu memilih jenis tanah. Gunakan campuran tanah pot yang baik dengan drainase yang baik. Anda bisa menambahkan serat kelapa atau pasir untuk meningkatkan drainasenya.

Pemupukan

Berikan pupuk cair atau butiran pada musim tumbuh (biasanya musim semi dan musim panas) setiap 4-6 minggu sekali. Pupuk khusus tanaman hias dapat digunakan sesuai petunjuk pada label.

Penyiraman

Sirih Gading lebih suka tanah yang lembap, tetapi hindari tergenang air. Biarkan permukaan tanah mengering sebelum penyiraman kembali. Air yang berlebihan dapat menyebabkan akar membusuk.

Suhu dan Kelembaban

Tanaman ini dapat tumbuh pada suhu ruangan yang nyaman, dan tidak terlalu membutuhkan kelembaban tinggi. Namun, tetap pertahankan kelembaban sebanyak mungkin dengan menyemprotkan air di sekitar tanaman jika diperlukan.

Pemangkasan

Pemangkasan dapat membantu memelihara bentuk dan keindahan tanaman. Anda dapat memotong ujung-ujung yang panjang atau daun yang rusak.

Perbanyakan

Sirih Gading dapat diperbanyak dengan memotong batang dan menanamnya dalam air atau langsung di tanah. Setelah akar tumbuh, tanam di pot atau tempat yang diinginkan.

Perhatian terhadap Hama

Monitor tanaman Sirih Gading secara rutin untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah hama atau penyakit. Pembersihan daun secara teratur juga dapat membantu mencegah masalah ini.

4 dari 4 halaman

Sirih Gading Beneran Bawa Sial?

Sirih Gading © Diadona© shutterstock.com

Menurut literatur, tanaman Sirih Gading bisa menjadi pembawa sial karena menyerap energi positif sang pemilik rumah. Maka dari itu, tanaman Sirih Gading lebih baik diletakkan di luar ruangan. Padahal, Sirih Gading juga cocok untuk disimpan di dalam ruangan lho.

Namun, semuanya tentu hanya menurut kepercayaan. Jika Diazens percaya akan mitos tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menanam Sirih Gading di luar ruangan.

Jadi, Diazens masih mau merawat tanaman Sirih Gading gak nih?

 

Beri Komentar