10 Inspirasi Rumah Minimalis Ruang Terbuka yang Sejuk nan Rindang

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 24 November 2023 21:17
10 Inspirasi Rumah Minimalis Ruang Terbuka yang Sejuk nan Rindang
Desain rumah minimalis ruang terbuka memberikan kesan yang luas dan terang, sejuk dan bikin pikiran jadi tenang!

Rumah minimalis dengan ruang terbuka biasanya dirancang untuk menciptakan kesan yang luas, bersih dan fungsional. Dengan menerapkan desain rumah minimalis ruang terbuka memberikan banyak keuntungan bagi penghuninya.

Mulai dari memberikan area terbuka yang lebih lapang, mendapat pencahayaan alami yang lebih maksimal, membantu masuknya sirkulasi udara agar lebih lancar. Konsepnya yang terbuka membuat cahaya matahari lebih mudah masuk ke dalam rumah, sehingga menghemat penggunaan listrik di pagi atau siang hari. 

Letak ruang terbuka dapat diletakkan di tengah-tengah bangunan rumah, namun terkadang pemilik rumah juga menempatkannya pada area belakang atau depan rumah. Jika kamu memiliki hunian dengan lahan terbatas, rumah minimalis ruang terbuka dapat menjadi solusi yang tepat untuk memudahkan sirkulasi udara masuk ke dalam ruangan.

Dibantu dengan jendela berukuran minim sebagai akses keluar masuknya udara ke dalam rumah. Nyatanya ruang terbuka dapat dijadikan sebagai area multifungsi. Tidak cuma taman, ruang terbuka juga dapat dipakai untuk tempat santai untuk bermain sang buah hati. 

Desain rumah minimalis ruang terbuka memberikan kesan yang luas dan terang. Pintu kaca atau jendela berukuran besar menjadi ciri khas rumah minimalis ruang terbuka. Karena membantu memaksimalkan pencahayaan alami, sehingga menciptakan atmosfer yang menyenangkan bagi para penghuninya. Kamu tertarik untuk menerapkan rumah minimalis ruang terbuka? Yuk langsung aja simak artikel beberapa inspirasinya di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka Bergaya Sederhana

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Rumah minimalis ruang terbuka yang pertama mengusung gaya sederhana. Sesuai dengan namanya konsep rumah tersebut tidak memiliki banyak detail ornamen berlebih yang melapisi interior rumah.

Sehingga memberikan hunian terasa lebih simple, homey dan nyaman untuk ditinggali keluarga kecil. Ruang terbuka yang dilengkapi dengan kaca geser menghadap langsung ke arah taman, membuat hunian terasa lebih alami didukung dengan sirkulasi udara yang masuk dalam ruangan. 

 

2 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka Berkonsep Indoor Garden

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Rumah minimalis ruang terbuka dengan konsep indoor garden akan menciptakan suasana yang segar dan alami dalam ruangan. Gunakan fasad rumah yang kokoh untuk menjadi pembatas antara ruang keluarga dengan ruang terbuka.

Jika memungkinkan tambahkan jendela geser yang membantu cahaya matahari agar masuk ke dalam ruangan dengan leluasa dengan menyuguhkan pemandangan langsung ke indoor garden. Tempatkan indoor garden di pusat rumah sebagai daya tarik visual yang menjadi area berkumpulnya keluarga untuk saling berbincang atau sekedar bersantai menikmati suasana pagi hari.

3 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka untuk Ruang Keluarga

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Rumah minimalis ruang terbuka untuk ruang keluarga tidak hanya menciptakan lingkungan yang modern dan bersih, namun juga menghadirkan kenyamanan dan kesejukan bagi penghuninya.

Dengan memadukan konsep indoor dan outdoor, desain ini akan memberikan kesan terbuka yang menyatukan ruang keluarga dengan alam. Kamu dapat memanfaatkan dinding kaca transparan yang memisahkan ruang keluarga dengan area terbuka agar memungkinkan cahaya alami masuk dalam rumah. Sehingga membuat suasana berkumpul antar anggota keluarga semakin syahdu dan nyaman.

4 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka Menggunakan Sentuhan Rustik

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Rumah minimalis ruang terbuka menggunakan sentuhan rustik dapat menciptakan atmosfer ruangan yang hangat dan unik, karena memadukan konsep modernitas dengan kehangatan tradisional. Gunakan material alami seperti kayu untuk elemen dekoratif, pijakan tangga, area dinding, hingga lapisan lantai.

Pilihan furnitur dari sentuhan rustik seperti kursi atau meja dengan kerangka kayu dapat dijadikan pilihan untuk mempercantik ruangan. Konsep rustik juga dapat dipadukan dengan material batu alam sebagai elemen interior rumah agar mendukung nuansa alam yang khas pada rumah minimalis.

5 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka dengan Konsep Ala Japandi

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Kamu mendambakan hunian bergaya Jepang? Rumah minimalis ruang terbuka dengan konsep ala Japandi dapat dijadikan sebuah inspirasi. Desain rumah ini akan memberikan nuansa tenang dan hangat ala hunian Jepang.

Material alami seperti kayu, bambu dan batu dipakai untuk melapisi area lantai, dinding dan elemen dekoratif lainnya untuk menciptakan kesan alami yang khas. Manfaatkan penggunaan pintu kaca geser untuk memudahkan sirkulasi udara masuk ke dalam rumah dan menghubungkan ruang dalam rumah dengan area luar.

6 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka Berlapis Kaca

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Desain selanjutnya adalah rumah minimalis ruang terbuka berlapis kaca. Meskipun ukuran lahannya minimalis, namun tetap menciptakan kesan yang elegan, modern dan terang. Desain rumah minimalis di atas menampilkan penggunaan pintu kaca geser untuk melapisi keseluruhan dinding.

Hal ini tidak hanya memberikan tampilan yang modern, namun juga memaksimalkan penerimaan cahaya alami masuk dalam ruangan sehingga memungkinkan penghuni untuk merasakan kebebasan ruang terbuka. Ruang terbuka berlapis kaca dapat ditempatkan di sebelah taman untuk memberikan nuansa alami yang asri.

 

7 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka untuk Ruang Dapur

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Jika kamu ingin memiliki dapur dengan konsep terbuka, rumah minimalis ruang terbuka seperti contoh di atas bisa akan menjadi pilihan yang tepat. Dapur dijadikan sebagai area terbuka dengan menggunakan atap berlapis kaca, sehingga menyuguhkan pemandangan dari luar ketika penghuni sedang memasak.

Jendela berukuran besar dibuka menghadap langsung ke area taman kecil belakang rumah untuk memungkinkan sirkulasi udara masuk ke dalam ruang dapur agar tidak pengap. Untuk menghemat ruangan, kamu dapat menyatukan ruang makan dengan dapur sehingga tampak lebih fungsional dan estetis. 

 

8 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka dengan Kesan Lapang

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Rumah minimalis ruang terbuka dengan kesan lapang akan membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Desain rumah tersebut menggunakan atap yang menjulang tinggi ke atas pada area ruang keluarga sehingga membuat suasana berkumpul menjadi lebih nyaman.

Agar tampak lebih asri, kamu dapat menambahkan pohon dan taman indoor garden yang akan menambah pemasok oksigen pada hunianmu. Lengkapi juga dengan jendela besar untuk memudahkan masuknya pencahayaan alami dengan optimal. 

 

9 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka Bertema Skandinavia

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Jika ingin mempunyai hunian bergaya ala Skandinavia, pilihan rumah minimalis dengan ruang terbuka seperti contoh di atas dapat menjadi pilhan yang ideal. Konsep skandinavia memiliki ciri khas dengan material kayu yang digunakan untuk lantai, dinding hingga furnitur rumah.

Kayu dapat memberikan kehangatan dan keseimbangan antara estetika minimalis dengan nuansa alam. Maksimalkan cahaya alami dengan jendela berukuran besar yang memungkinkan sinar matahari masuk dengan maksimal ke dalam rumah. Jika ingin menghadirkan area bersantai, coba tambahkan beberapa elemen kursi kayu di depan rumah.

 

10 dari 10 halaman

Rumah Minimalis Ruang Terbuka Ala Kontemporer Modern

Rumah Minimalis Ruang Terbuka © Diadona

Inspirasi terakhir yang dapat kamu coba adalah rumah minimalis ruang terbuka bergaya ala kontemporer modern. Desain kontemporer memiliki konsep yang unik dengan ciri khas atap berbentuk segitiga pada bagian puncaknya.

Rumah kontemporer terbuka seperti contoh di atas mengarah langsung ke area taman depan rumah sehingga membuat sirkulasi udara masuk dalam rumah. Coba kombinasikan dengan palet warna netral seperti abu-abu, hitam dan putih pada interior rumah agar memperkuat nuansa kontemporer modern. 

Itulah sejumlah inspirasi rumah minimalis ruang terbuka yang dapat kamu jadikan referensi dalam membangun rumah impianmu. Dengan menggunakan konsep terbuka akan memudahkan sirkulasi udara dan cahaya matahari masuk dengan baik ke dalam rumah. Tak heran jika konsep rumah tersebut populer dan diminati oleh berbagai kalangan. 

 

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

 

Beri Komentar