7 Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi, Bikin Rumah Kelihatan Mewah dan Luas

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 23 November 2023 14:02
7 Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi, Bikin Rumah Kelihatan Mewah dan Luas
Ternyata ini lho alasan pecinta rumah masa kini memasang plafon lebih tinggi!

Rumah dengan plafon yang tinggi akan memberikan nuansa elegan dan memukau dengan menciptakan keuntungan ruangan yang terasa lebih luas. Rumah modern saat ini telah banyak menerapkan plafon tinggi karena jarak antara lantai dan langit-langit mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang. Umumnya rumah memiliki langit-langit dengan tinggi 2 meter. Namun rumah dengan plafon tinggi dapat memiliki langit-langit yang mencapai 3 meter atau lebih. 

Plafon pada umumnya berfungsi untuk menutupi bagian atap rumah dari paparan sinar matahari atau turunnya air hujan. Namun selain berfungsi sebagai pelindung atap, rumah dengan plafon tinggi juga dapat memberikan keindahan pada tampilan rumah. Plafon memiliki peranan untuk menentukan gaya dekorasi rumah.

Plafon dengan langit-langit yang tinggi dapat menjadi konstruksi untuk membuat rumah terlihat lebih fungsional dan estetis. Seiring dengan perkembangan desain interior, plafon tinggi dengan ukuran yang melebihi batas proporsional kerap digunakan pada hunian modern saat ini. Karena mampu memberikan daya tarik tersendiri.

Selain menjadi daya tarik tersendiri sebagai tampilan rumah, plafon yang tinggi juga memberikan sejumlah keuntungan loh! Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

 

1 dari 7 halaman

Rumah Terasa Lebih Lapang

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi © Diadona

Keuntungan rumah dengan plafon tinggi akan memberikan ilusi ruangan yang lebih besar sehingga mampu menciptakan atmosfer terbuka yang terasa lebih lapang. Sangat cocok untuk diterapkan pada hunian minimalis dengan lahan terbatas, karena menciptakan ruangan terasa lebih luas dan nyaman.

Gunakan dinding vertikal untuk memasang rak tinggi agar membantu memanfaatkan ruang secara efisien dan memberikan dimensi visual yang menarik. Tinggi plafon yang melebihi proporsional dapat menjadi poin utama yang diminati pemilik rumah ketika hendak membangun rumah. 

 

2 dari 7 halaman

Sirkulasi Udara Semakin Lancar

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi © Diadona

Keuntungan lain yang diberikan dari plafon tinggi adalah membuat sirkulasi udara masuk ke dalam rumah dengan lancar. Pada umumnya udara panas bergerak ke arah yang lebih tinggi sehingga plafon yang tinggi dapat mengurangi suhu panas dalam ruangan.

Konsep plafon tinggi ini akan sangat cocok untuk diterapkan pada hunian di perkotaan yang cenderung panas. Dengan memanfaatkan plafon yang tinggi, kamu tidak perlu repot-repot untuk memasang kipas angin atau AC karena udara alami akan masuk ke dalam rumah.

3 dari 7 halaman

Memberikan Pencahayaan Alami dalam Ruangan

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi © Diadona

High ceiling atau plafon yang tinggi juga dapat memberikan keuntungan dengan memaksimalkan masuknya cahaya alami ke dalam rumah. Sehingga dapat mengurangi penggunaan listrik pada pagi atau siang hari dengan memanfaatkan cahaya matahari.

Cahaya matahari alami yang masuk ke dalam rumah dapat mengurangi udara lembap sehingga efektif untuk mengusir berbagai jamur atau debu dalam rumah. Faktanya cahaya alami juga mampu untuk meningkatkan mood dan produktivitas penghuni rumah, sehingga mampu memberikan kebahagiaan untuk memulai hari. 

 

4 dari 7 halaman

Menambah Estetika Interior Rumah

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi © Diadona

Jika kamu menyukai desain interior rumah, maka plafon tinggi pada rumah dapat memberi keuntungan dengan memudahkan kamu untuk berkreasi dengan bebas. Bahkan kamu dapat menerapkan konsep mezzanine pada area ruang keluarga agar tata letak ruangan berjalan lebih efektif dan tidak terlihat sesak.

Kamu dapat memanfaatkan lantai atas sebagai area kamar sedangkan lantai bawah digunakan untuk area berkumpul bersama keluarga. Selain itu, plafon tinggi juga dapat dijadikan sebagai ruang tambahan untuk area kerja, ruang bermain anak, hingga perpustakaan dalam rumah.

5 dari 7 halaman

Membuat Udara dalam Rumah Terasa Lebih Sejuk

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi © Diadona

Rumah dengan plafon tinggi juga memberi keuntungan dengan menciptakan udara yang lebih sejuk dan nyaman dalam rumah.

Plafon yang tinggi menciptakan ruang vertikal yang lebih besar, sehingga memungkinkan sirkulasi udara untuk mengalir dengan baik dan membuang udara panas ke langit-langit plafon. Kamu dapat memanfaatkan ventilasi alami berupa jendela tinggi dengan pintu geser sehingga udara segar dapat masuk ke dalam ruangan dengan leluasa. 

 

6 dari 7 halaman

Menambah Kesan Mewah pada Rumah

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi © Diadona

Selain memudahkan sirkulasi udara, ternyata plafon tinggi juga memberi keuntungan dengan menambahkan kesan mewah pada rumah. Menggunakan plafon tinggi akan menciptakan estetika yang elegan ditambah dengan ruangan yang terasa lebih lapang.

Rumah dengan plafon tinggi seringkali menggunakan material berkualitas tinggi seperti kayu, marmer, atau trim berukuran tinggi untuk mendukung estetika mewah dalam ruangan. Tambahkan lampu gantung dengan elemen dekoratif untuk memberikan sentuhan elegan pada ruangan. 

 

7 dari 7 halaman

Menambah Nilai Jual Properti

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi © Diadona

Rumah merupakan salah satu investasi yang dimiliki penghuninya. Menurut beberapa studi, rumah dengan plafon tinggi akan memberikan keuntungan dengan meningkatkan nilai jual properti bangunan tersebut. Tak heran apabila rumah dengan plafon tinggi jadi lebih cepat laku di pasaran rumah dengan harga jual yang tinggi.

Tampilan yang elegan dan luas dapat menciptakan daya tarik yang kuat saat pertama kali melihat properti bangunan. Ketinggian plafon memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah sehingga menciptakan atmosfer terbuka yang dapat memberikan kesan positif kepada calon pembeli.

Itulah beberapa keuntungan rumah dengan plafon tinggi yang dapat kamu jadikan referensi untuk membangun hunian idaman. Semoga sejumlah keuntungan di atas dapat bermanfaat ya Diazen!

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar