13 Desain Rumah 2 Kamar Tidur Tampak Depan dan Denahnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 4 Februari 2024 10:00
13 Desain Rumah 2 Kamar Tidur Tampak Depan dan Denahnya
Walaupun berupa rumah mungil yang terdiri dari dua kamar tidur, tampak depan rumah memegang peran penting karena mencerminkan karakter dan kepribadian pemiliknya

Ngomongin rumah, tampilan fasad atau tampak depan rumah bukan hanya sekedar menempatkan pintu dan jendela doang. Lebih dari itu, tampak depan rumah walaupun berupa rumah mungil dengan dua kamar saja, merupakan cerminan dari karakter dan kepribadian pemiliknya.

Artikel di bawah ini bakalan ngasih tau kamu inspirasi desain tampak depan rumah dua kamar yang penuh kreativitas. Intip untuk memulai perjalanan inspirasinya yuk!

1 dari 5 halaman

Rumah 2 Kamar Tampak Depan

Rumah 2 Kamar Tampak Depan © Diadona

Rumah dengan tampak depan bergaya kontemporer atau modern berikut ini menyajikan visual yang sederhana berupa bangunan berbentuk kotak-kota. 

Gaya rumah ini cenderung menekankan pada garis-garis lurus, bentuk sederhana, dan penggunaan material yang modern seperti kaca, beton, dan baja. Bangunannya mungil, jadi cocok untukr umah dengan dua hingga tiga kamar.

Rumah-rumah model berikut sering kali memiliki tampilan yang bersih, terstruktur, dan serba minimalis, dengan penekanan pada fungsi dan estetika yang elegan. Baik eksterior maupun interiornya umumnya nggak menggunakan ornamen dan dekorasi yang berlebihan trus lebih mengutamakan bentuk bangunan dan penggunaan ruang yang efisien.

Rumah 2 Kamar Tampak Depan © Diadona

Melipir sebentar dari bangunan kontemporer, berikut adalah tampak depan rumah minimalis yang ngehits banget di awal tahun 2000-an. Konsepnya sudah mulai minimalis, namun masih membawa kesan vintage.

Desain rumah berikut ini masih kita temui di banyak bangunan perumahan saat ini.

Rumah 2 Kamar Tampak Depan © Diadona

Tampak depan rumah 2 kamar berdesain modern umumnya yang ini nih memiliki desain tertutup sehingga memaksimalkan privasi dan keamanan anggota keluarga. Namun tipsnya nih untuk bikin rumah dengan dua kamar terasa luas dan lapang, cipatakan ruang-ruang terbuak di dalam rumah.

Misalnya dengan meminimalkan sekat antar ruangan, memaksimalkan cahaya dna juga udara masuk serta menerapkan konsep hunian minimalis.

Rumah Minimalis 2 Kamar Tampak Depan © Diadona

Atap berebntuk segitiga pada rumah dua kamar tidur tampak depan ini terlihat menarik banget, bukan? Desain ini mulai banyak diterapkan di perumahan, lho!

Atap segitiga sering dianggap lebih menarik secara visual daripada atap datar atau atap dengan bentuk lainnya. Bentuk segitiga ngasih kesan yang lebih dinamis dan menarik, yang dapat meningkatkan daya tarik estetika bangunan.

Rumah Mungil 2 Kamar Tampak Depan © Diadona

Menurut kamu, karakter atau kepribadian pemilik seperti apa nih yang dimiliki oleh penghuni rumah dua kamar dengan tampak depan seperti di atas?

2 dari 5 halaman

Rumah 2 Kamar Tampak Depan dan Denahnya

Rumah 2 Kamar Tampak Depan dan Denahnya © Diadona

Memiliki lahan berbentuk sempit memanjang bukan suatu masalah, sebab kamu bisa menerapkan denah sebagai berikut ini. Tampak depannya sederhana namun tetap modern.

Kamar mandi di bagian depan bisa diganti untuk memperluas area dapur, sementara itu kamar mandi di bagian belakang yang semula merupakan kamar mandi dalam, dialih funsgikan sebagai kamar mandi rumah.

Sayangnya, penempatannya kurang baik dari sisi fengshui sebba pintu kamar mandi terletak berhadapan dengan pintu rumah. Posisi tersebut dianggap kurang baik karena dapat menghalangi aliran energi yang masuk ke dalam rumah.

Rumah 2 Kamar Tampak Depan dan Denahnya © Diadona

Salah satu tips membangun rumah di lahan sempit yakni dengan mengguunakan desain open space, yakni mengurangi sekat antar ruangan. Seperti pada desain rumah di atas di mana dapur, ruang tamu dan ruang makan berada dalam satu ruangan.

Rumah 2 Kamar Tampak Depan dan Denahnya © Diadona

Untuk lahan dengan bentuk persegi, desain tampak depan rumah dua kamar berikut ini merupakan pilihan yang paling umum. Kamar utama ditempatkan di bagian depan rumah, bersebelahan dengan kamar lainnya.

Denah rumah di atas umumnya merupakan denah dari bangunan dasar rumah subsidi, di mana dapur berada di luar rumah.

3 dari 5 halaman

Rumah 2 Kamar Tampak Depan di Ukuran Kecil

Rumah 2 Kamar Tampak Depan di Kampung © Diadona

 

 

 

 

Rumah Minimalis 2 Kamar Tampak Depan

Rumah 2 Kamar Tampak Depan Minimalis © Diadona

Rumah dua kamar tampak depan dengan desain kotak-kotak cenderung menekankan pada garis-garis lurus, bentuk sederhana, dan minimnya ornamen. Ini menciptakan kesan minimalis dan bersih yang sering dicari dalam desain rumah modern.

Karena bentuknya yang sederhana, sangat mungkin menambahkan lantai atas jika memang diperlukan. Rumah dengan desain berikut ini ngasih fleksibilitas pemiliknya buat menyesuaikan rumah sesuai dengan kebutuhan keluarga mereka.

Kalau sekarang masih hanya butuh rumah dengan dua kamar, mungkin selanjutnya akan bikin rumah dengan tiga hingga empat kamar serta tambahan ruang lainnya?

4 dari 5 halaman

Rumah 2 Kamar Tampak Depan dengan Atap Miring © Diadona

Kehadiran rumah atap miring satu sisi sangat diminati saat ini. Atap ini memiliki bentuk yang cukup menarik dibandingkan bentuk atap datar yang sejak dulu telah digunakan oleh hunian di Indonesia. Tampilan atap miring satu sisi juga bisa dipasangkan dengan cara yang berbeda-beda seperti miring ke depan, miring belakang ataupun miring ke samping.

5 dari 5 halaman

Rumah 2 Kamar Tidur Tampak Depan dari Renovasi Rumah Subsidi

Rumah 2 Kamar Tampak Depan dari Renovasi Rumah Subsidi Sederhana © Diadona

Rumah dua kamar tampak depan di atas ini merupakan salah satu bentuk rumah subsidi. Memang sih ada aturan untuk tidak mengubah fasad atau tampak depan rumah subsidi dalam kurun waktu tertentu, kecuali melakukan renovasi ringan.

Renovasi ringan adalah renovasi yang tidak mengubah struktur bangunan dan pondasi bangunan. Contoh renovasi ringan yang diperbolehkan antara lain:

  • Mengganti atap, lantai, dan dinding.
  • Memasang keramik, granit, atau marmer.
  • Memasang kusen, jendela, dan pintu.
  • Memasang instalasi listrik dan air.
  • Membangun dapur, kamar mandi, atau garasi.

Aturan renovasi rumah subsidi ini diperbolehkan untuk memperbaiki kerusakan atau konslet kecil pada bagian rumah.

Rumah 2 Kamar Tampak Depan dari Renovasi Rumah Subsidi © Diadona

Aturan renovasi rumah subsidi memang melarang merubah bentuk fasad karena telah diatur dalam undang-undang pemerintah.

Meski begitu, kamu tetap bisa mempercantik tampilan fasad rumah dengan mengecat ulang atau menambah dekorasi pasang. Kamu juga bisa menambah pagar, pot bunga, atau lampu LED seperti pada rumah berikut ini.

Nah, rumah dua kamar tidur tampak depan mana nih yang sesuai dengan karakter kamu?

Beri Komentar