Plus Minus Rumah Kontrakan, Pertimbangkan Dulu Sebelum Jadi Tempat Hunian Ya!

Reporter : Arifina
Selasa, 30 April 2024 18:07
Plus Minus Rumah Kontrakan, Pertimbangkan Dulu Sebelum Jadi Tempat Hunian Ya!
Perhatikan dulu sebelum memutuskan mengontrak rumah ya!

Plus minus rumah kontrakan perlu diperhatikan jika kamu berencana menentukan hunian. Biasanya, mengontrak rumah dilakukan karena tengah berada jauh di perantauan.

Rumah kontrakan menjadi salah satu pilihan tempat tinggal yang banyak dipilih di kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang belum memiliki rumah sendiri atau ingin tinggal di area tertentu dengan biaya sewa yang terjangkau. Selain itu, mengontrak rumah juga cukup sering menjadi pilihan bagi pasangan suami istri yang baru menikah.

Umumnya pasangan pengantin baru akan mencari rumah kontrakan yang didasari dari kondisi yang mereka jalani saat ini.

 

1 dari 11 halaman

Tips Cari Kontrakan © Diadona

Sebab, dibandingkan membeli rumah, mengontrak memang menawarkan fleksibilitas dan mobilitas yang lebih tinggi. Apalagi jika pasangan baru menikah masih memiliki budget pas-pasan dan sedang ingin menabung untuk membeli rumah impian.

Namun, seperti halnya pilihan lainnya, tinggal di rumah kontrakan memiliki sisi positif dan negatif yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menempatinya. Keputusan untuk mengontrak rumah ini biasanya dipengaruhi dari oleh kondisi finansial kebutuhan individu.

Nah, berikut ini plus minus rumah kontrakan yang bisa kamu jadikan acuan sebelum menempatinya dilansir dari berbagai sumber.

 

2 dari 11 halaman

Kelebihan Rumah Kontrakan

Adapun kelebihan rumah kontrakan terbagi menjadi beberapa hal. Tentunya ini akan bisa mempengaruhi kamu untuk memutuskan mengontrak atau tidak.

Fleksibilitas

Kontrakan menawarkan fleksibilitas jangka waktu sewa yang lebih pendek dibandingkan membeli rumah. Tak hanya itu, keuntungan tinggal di rumah kontrakan juga karena fleksibilitas lokasi.

Kamu dapat memilih untuk mengontrak rumah selama beberapa bulan atau beberapa tahun, sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang kamu jalani. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang masih belum yakin ingin menetap di suatu tempat dalam jangka panjang.

 

3 dari 11 halaman

Mobilitas

Jika kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan untuk berpindah-pindah tempat, rumah kontrakan merupakan pilihan yang tepat. Kamu menjadi tidak perlu terikat dengan satu lokasi dan dapat dengan mudah pindah ke tempat lain tanpa harus melalui proses jual beli rumah yang rumit.

Sehingga, jika sewaktu-waktu kamu harus pindah karena berkaitan dengan kerjaan maka kamu juga lebih mudah mengurusnya tanpa ada ikatan apapun. Kamu juga tidak khawatir meninggalkan hunian karena harus pergi ke tempat baru.

 

4 dari 11 halaman

Beban Finansial Lebih Ringan

Tampak Depan Rumah Minimalis Type 36 Konsep Industrial © Diadona

Dibandingkan membeli rumah, rumah kontrakan membutuhkan modal yang lebih kecil. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang muka, biaya KPR, dan pajak properti.

Hal ini tentunya meringankan beban finansial kamu, terutama bagi yang baru memulai karir atau memiliki penghasilan yang belum stabil. Kamu hanya perlu membayar uang sewa dan deposit yang lebih terjangkau jika mengontrak rumah.

5 dari 11 halaman

Fasilitas dan Layanan

Banyak rumah kontrakan yang dilengkapi dengan fasilitas dan layanan yang menarik, seperti taman, kolam renang, keamanan 24 jam, dan jasa kebersihan. Fasilitas dan layanan ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup selama tinggal di kontrakan.

Sehingga, meskipun mengontrak rumah kamu tidak perlu khawatir kebutuhanmu kekurangan. Tinggal pintar-pintar saja memilih area kontrakan yang menyediakan berbagai fasilitas seusai kebutuhanmu.

6 dari 11 halaman

Perawatan dan Renovasi Terkelola dengan Baik

ebanyakan pemilik rumah kontrakan bertanggung jawab atas perawatan dan perbaikan rumah. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan yang terkait dengan pemeliharaan properti.

Tanggung jawab untuk melakukan perawatan dan renovasi rumah kontrakan ditanggung oleh pemilik kontrakan. Jika kamu menemui ada kerusakan rumah, cukup memberitahu pemilik kontrakan dan semuanya bisa lebih mudah teratasi.

 

7 dari 11 halaman

Kekurangan Rumah Kontrakan

Plus Minus Rumah Kontrakan © Diadona

Sementara itu, rumah kontrakan juga memiliki sisi kekurangan ya. Di antaranya sebagai berikut:

Ketidakpastian

Sebagai penyewa, kamu tidak memiliki jaminan atas masa tinggal Anda di rumah kontrakan tersebut. Karena, kontrak rumah umumnya memiliki jangka waktu tertentu.

Ketika masa kontrak berakhir, kamu mungkin diminta untuk memperpanjang kontrak atau kemungkinan buruknya bisa diminta pindah ke tempat lain. Hal ini bergantung pada pemilik rumah apakah mau untuk memperpanjang masa kontrak atau tidak.

Hal ini dapat menimbulkan ketidakpastian dan mengganggu stabilitas hidup yang kamu jalani.

 

8 dari 11 halaman

Keterbatasan Modifikasi

Sebagai penyewa, kamu juga tidak memiliki hak untuk melakukan modifikasi atau renovasi besar pada rumah kontrakan. Hal ini dapat membatasi diri untuk menyesuaikan rumah dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Kebanyakan pemilik rumah kontrakan memiliki aturan tertentu yang mengatur apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh penyewa. Sehingga, mau tidak mau kamutidak bisa melakukan perubahan besar pada rumah tersebut.

 

9 dari 11 halaman

Kenaikan Harga Sewa

Pemilik kontrakan berhak untuk menaikkan harga sewa secara berkala sesuai dengan kondisi pasar. Hal ini pun bisa terjadi sewaktu-waktu jika pemilik rumah ingin menaikkan Harga sewa.

Tentunya ini dapat memberatkan kamu sebagai penyewa, terutama jika kenaikan harga sewa tidak sesuai dengan kemampuan finansial yang kamu miliki.

Hubungan dengan Pemilik

Hubungan yang baik dengan pemilik kontrakan sangatlah penting untuk kelancaran selama kamu tinggal di sana. Jika kamu memiliki masalah dengan pemilik kontrakan, hal ini dapat membuatmu merasa tidak nyaman dan tidak aman.

 

10 dari 11 halaman

Tampak Depan Rumah Minimalis Type 36 Bentuk Atap Segitiga © Diadona

Karena itu, penting untuk menjaga hubungan baik tersebut. Kamu tidak bisa bebas berpendapat apapun terutama mengenai rumah kontrakan yang ditempati.

Kehilangan Hak Atas Properti

Sebagai penyewa, kamu tidak memiliki hak atas properti rumah kontrakan yang kamu tempati. Artinya, kamu tidak dapat menjual, mewariskan, atau menggadaikan rumah kontrakan tersebut.

Pemilik rumah bahkan memiliki hak untuk tidak memperpanjang kontrak sewa kamu atau bahkan menjual properti tersebut. Sehingga, besar kemungkinan kamu harus mencari tempat tinggal baru dalam waktu yang relatif singkat.

11 dari 11 halaman

Keterbatasan Ruang dan Privasi

Rumah kontrakan cenderung memiliki ruang yang lebih terbatas dibandingkan dengan rumah yang Anda miliki sendiri. Selain itu, kamu mungkin juga harus berbagi dinding dengan tetangga yang tinggal di sebelah atau di atas bawah rumah yang kamu tempati.

Hal ini tentu saja dapat mengurangi tingkat privasi kamu. Mau tidak mau, kamu harus bersabar jika dihadapkan dengan ketidaknyamanan di area rumah kontrakan yang ditempati.

Itulah plus minus rumah kontrakan yang penting diperhatikan sebelum memutuskan menempatinya sebagai hunian. Pertimbangkan dengan baik kebutuhan, situasi, dan kemampuan finansial kamu sebelum memutuskan untuk menyewa rumah kontrakan ya!

Beri Komentar