9 Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah, Bebas dari Debu dan Segar Setiap Saat

Reporter : Arifina
Senin, 29 April 2024 14:00
9 Cara Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah, Bebas dari Debu dan Segar Setiap Saat
Bye bye polusi di rumah deh!

Cara memperbaiki kualitas udara di rumah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Sebab, udara yang buruk akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, suasana hari, bahkan hingga produktivitas sehari-hari.

Kualitas udara yang buruk bahkan akan membuat kondisi seseorang di rumah lebih cepat lelah dan lesu. Udara yang kotor dapat mengandung polutan berbahaya seperti debu, asap, bahan kimia, dan alergen.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti alergi, asma, dan penyakit pernapasan lainnya. Karena itulah, meningkatkan kualitas udara dilakukan untuk menghindari berbagai masalah kesehatan. Salah satu cara adalah memperbaiki ventilasi di rumah.

Hal ini penting, karena ventilasi menjadi salah satu area keluar masuknya udara secara alami. Berikut ini beberapa cara mudah memperbaiki kualitas udara di rumah!

1 dari 9 halaman

Penuhi Ventilasi dengan Baik

Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah © Diadona

Pastikan rumah kamu memiliki ventilasi yang cukup baik. Hal ini untuk membantu sirkulasi udara di dalam rumah dan mengurangi penumpukan polutan udara.

Buka jendela secara teratur, terutama saat cuaca sedang cerah. Sehingga, udara segar masuk ke dalam rumah dengan mudah.

Paling penting lagi, lakukan langkah membuka jendela dan pintu rumah di pagi hari atau sore hari dan setelah hujan.

 

2 dari 9 halaman

Pasang Pendingin Udara (AC)

Pendingin udara (AC) di dalam rumah perlu digunakan untuk memperbaiki kualitas udara. Keberadaanya, tak sekedar untuk mengatur suhu di rumah semata, tapi bisa membantu memperbaiki ventilasi udara di dalam rumah.

Caranya, atur AC ke mode on jangan di mode auto. Dengan begitu udara akan terus bereda meski tidak ata pendingin atau pemanas yang aktif.

Langkah ini juga akan membantu udara segar bersirkulasi dengan baik di dalam rumah dan mencegah penumpukan virus ataupun bakteri.

 

3 dari 9 halaman

Gunakan Pembersih Udara

Pembersih udara dapat membantu menyaring polutan dari udara. Sehingga, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli alat ini agar kondisi rumah terhindar dari debu.

Pilihlah pembersih udara atau purifier yang dilengkapi dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) untuk menyaring partikel-partikel kecil di udara, seperti debu, serbuk sari, dan polutan lainnya di dalam rumah.

Dijamin, rumah akan lebih bersih, segar, dan sehat setiap saat.

 

4 dari 9 halaman

Bersihkan Rumah Secara Rutin

ilustrasi membersihkan rumah © Diadona

Debu dan kotoran dapat mengandung polutan berbahaya. Karena itu, selalu bersihkan rumah secara rutin dengan vacuum cleaner dan kain basah untuk menghilangkannya.

Membersihkan rumah secara teratur dapat membantu mengurangi konsentrasi debu, serbuk sari, dan alergen lainnya di udara. Selain itu, pastikan untuk membersihkan filter AC dan perangkat pembersih udara secara teratur agar tetap efektif.

 

5 dari 9 halaman

Pasang Tanaman Hias

Tanaman hias dapat membantu membersihkan udara dengan menyerap polutan dan menghasilkan oksigen. Beberapa tanaman yang baik untuk membersihkan udara di antaranya, lidah mertua, sirih gading, dan pakis Boston.

Pilihlah tanaman yang cocok untuk ditanam di dalam ruangan dan letakkan di beberapa sudut rumah. Selain mampu memperbaiki kualitas udara, tanaman hias indoor ini juga bisa kamu gunakan sebagai interior yang menarik dan asri lho!

6 dari 9 halaman

Hindari Penggunaan Parfum atau Pewangi Udara

Pewangi udara atau parfum ruangan memang membuat ruangan lebih wangi. Namun, penggunannya ternyata tidak disarankan dilakukan setiap saat.

Sebab ada kandungan bahan kimia beracun yang dapat mencemari udara di dalam rumah. Sebisa mungkin hindari penggunaannya atau pilihlah produk pengharum ruangan yang menggunakan bahan-bahan alami ya.

 

7 dari 9 halaman

Hindari Merokok di Dalam Rumah

Ilustrasi Rokok © Diadona

Asap rokok mengandung banyak polutan berbahaya yang dapat mencemari udara di dalam rumah. Rokok juga sumber utama polusi udara di dalam ruangan.

Karena itu, hindari merokok di dalam rumah dan dorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Sehingga, udara yang masuk ke dalam rumah lebih segar dan terserap dengan baik oleh tubuh.

 

8 dari 9 halaman

Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Banyak produk rumah tangga, seperti pembersih dan cat, mengandung bahan kimia yang dapat mencemari udara. Karena itu mulailah mengidentifikasi produk-produk yang kamu gunakan.

Alangkah lebih baik untuk memiilih produk ramah lingkungan. Dengan begitu rumah bebas dari bahan kimia berbahaya dan lebih sehat.

 

9 dari 9 halaman

Pasang Kipas Exhaust

Jenis kipas exhaust ternyata salah satu cara untuk memperbaiki kualitas udara di dalam rumah. Biasanya, kipas ini dipasang di kamar mandi.

Fungsinya, bisa menjernihkan udara dan menghilangkan panas berlebihan dalam ruangan. Sehingga, saat kamu menyalakan kipas exhaust, alat ini akan membuang udara hangat ke luar dan menarik udara segar ke dalam ruangan.

Itulah beberapa cara memperbaiki kualitas udara di rumah yang bisa kamu terapkan. Sehingga, kamu bisa menciptakan lingkungan rumah tetap sehat dan segar sepanjang hari dengan mudah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar