7 Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan di Sekitar Rumah, Dijamin Nggak Bakal Datang Lagi

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 27 Maret 2024 21:39
7 Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan di Sekitar Rumah, Dijamin Nggak Bakal Datang Lagi
Cocok nih dilakukan untuk mengusir kucing-kucing yang suka buang air di sembarang tempat.

Bahwa kucing adalah hewan yang menggemaskan memang betul, tapi kucing akan menjadi hewan yang menjengkelkan kalau mulai berak di semabarang tempat. Selain membuat sekitaran rumah kotor, kotoran kucing juga berbau sangat menyengat yang akan mengganggu kenyamanan di sekitar rumah.

Tapi tenang, ada kok cara mengusir kucing agar tidak berak sembarangan di area rumah kita. Tentu saja cara-caranya tidak menyakiti kucing yang bersangkuta ya Diazens. Ini hanya mencegah mereka untuk membuat kekotoran di sekitar rumah.

Berikut ini adalah beberapa cara mengusir kucing agar tidak berak sembarangan. So, mari simak langkah-langkahnya di bawah ini. Check these out~

1 dari 7 halaman

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan © Diadona© Freepik.com

Bersihkan Tempat Langganan Kucing Berak

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membersihkan tempat yang dijadikan langganan berak. Caranya, sapu tempat tersebut hingga bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa. Kemudian kamu bisa menggunakan semprotan antiseptik untuk menghilangkan jejak aroma dari bau kucing tersebut.

Intinya, pastikan untuk membersihkan secara menyeluruh dan menghindari meninggalkan sisa bau yang dapat memancing kucing untuk kembali. Jika ini kamu lakukan dengan benar, kucing tidak akan lagi berak sembarangan.

2 dari 7 halaman

Gunakan Tumbuhan yang Tidak Disukai Kucing

Setelah tempat bersih, cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menanam tumbuhan yang tidak disukai kucing. Pasalnya memang ada beberapa tumbuhan yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh kucing. Tanamlah tumbuhan seperti lavender, rosemary, atau serai di sekitar area tempat kucing sering buang air besar.

Nggak cuma kucing, beberapa hewan yang membuat rumah kotor seperti tikus, clurut, dan kecoa juga tidak suka dengan aroma dari tumbuhan-tumbuhan tersebut. Plus, dengan adanya tumbuhan-tumbuhan ini rumah juga akan semakin penuh dengan oksigen yang segar.

3 dari 7 halaman

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan © Diadona© Freepik.com

Manfaatkan Aroma yang Tidak Disukai Kucing

Jika tidak ada lagan untuk menanam tumbuhan yang tidak disukai kucing, kamu bisa menggunakan aroma-aromanya saja. Ada banyak kok ada bahan alami yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh kucing.

Misalnya, bawang putih, jeruk nipis, atau cuka dapat digunakan sebagai pengusir alami untuk kucing. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan air dan semprotkan di sekitar area yang ingin dijauhkan dari kucing. Dijamin, kucing tidak akan mendekat lagi.

4 dari 7 halaman

Sediakan Botol Plastik Berisi Air

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan botol plastik yang berisi air. Jadi, kucing itu relatif tidak mau mendekat jika ada botol berisi air ini. Selain kucing memang nggak suka dengan air, ada hal lain yang membuat kucing menjauh.

Jadi, botol air yang terpapar sinar matahari akan membiaskan cahaya yang menakutkan bagi kucing. Itulah mengapa kucing tidak akan berani mengorek sampah, buang kotoran, atau mencuri makanan di rumah bila menemukan benda ini.

5 dari 7 halaman

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan © Diadona© Freepik.com

Suara Ultrasonik

Selanjutnya, untuk cara yang lebih praktis, kamu bisa memanfaatkan bunyi suara ultrasonik. Suara jenis ini memang tidak disukai hewan loh Diazens. Nggak cuma kucing, berbagai macam serangga pun juga akan pergi jika mendengar suara ini.

Suara ultrasonik ini pada dasarnya tidak menyatiki hewan kok, sifatnya hanya sebagai pengusir saja. Jadi, ini bisa kamu jadikan untuk cara mengusir kucing agar tidak berak sembarangan di sekita rumah.

6 dari 7 halaman

Beri Jebakan

Memberi jebakan ini tidak harus menyakiti kucing loh ya. Jadi, sifat jebakan yang bisa kamu gunakan ini hanya untuk mengusir saja agar mereka tidak buang air sembarangan dan membuat area rumah berbau tidak sedap.

Caranya, pasang amplas kasar, double tape, atau aluminium foil di dekat tempat yang ia gunakan untuk berak. Jadi, kucing itu adalah hewan yang mempuntai indra sensitif dan tidak menyentuh bahkan mendekati barang dengan permukaan yang aneh.

7 dari 7 halaman

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Berak Sembarangan © Diadona© Freepik.com

Gunakan Obat Pengusir Kucing

Terakhir, jika kamu menginginkan cara instan dan cepat, obat pengusir kucing bisa jadi solusinya. Obat ini sudah banyak dijual di berbagai tempat dan juga lapak online shop.

Obat ini umumnya berupa bubuk dan mengandung aroma urin binatang pemangsa atau aroma yang ditakuti kucing. Cara penggunannya cukup mudah, kamu bisa taburkan di sekitar area tempat kucing buang air. Saat mencium obat tersebut, kucing akan pergi.

Jadi itu ya Diazes, beberapa cara mengusir kucing agar tidak berak sembaranagn di sekitar rumah. Dengan begini area rumah tidak akan lagi berbau kotoran kucing yang menyengat dan sangat mengganggu. So, selamat mencoba ya!

Beri Komentar