7 Bahan Pengusir Semut Alami, Bikin Semut Nggak Mau Balik Lagi!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 4 April 2024 07:00
7 Bahan Pengusir Semut Alami, Bikin Semut Nggak Mau Balik Lagi!
Jangan mau kalah sama hewan kecil ini ya~

Kehadiran semut baik dalam jumlah sedikit atau banyak akan menganggu. Jika tidak menggigit, semut akan membuat ruangan terlihat kotor. Oleh sebab itu, mari kita buat bahan pengusir semut alami dengan alat dan bahan yang mudah.

Sebenarnya ada sih obat pengusir semut yang bisa membuat semut langsung mati, namun pasti mengandung bahan kimia. Nah, agar tidak membahayakan penghuni rumah, pengusir semut alami lah solusinya.

Diadona telah merangkum dari berbagai sumber terkait bahan pengsuri semut alami ini. Jadi, mari kita simak daftarnya di bawah ini sampai habis ya!

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Tepung Beras © Diadona© 2020 https://www.diadona.id

Tepung

Bahan pengusir semut alami yang pertama adalah tepung. Tepung adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mengusir semut dari rumah. Cara kerjanya sederhana namun efektif. Tepung akan membuat semut kehilangan jalur komunikasinya karena menempel di tubuh mereka, sehingga mereka akan kesulitan untuk kembali ke sarang mereka.

Selain itu, tepung juga memiliki sifat menyerap kelembapan, sehingga dapat mengeringkan tubuh semut dan menyebabkan kematian. Untuk menggunakan tepung sebagai pengusir semut, cukup taburkan secara merata di jalur-jalur yang sering dilalui oleh semut, seperti di dekat jendela, pintu, atau celah-celah di dinding.

2 dari 8 halaman

Ilustrasi Cengkeh © Diadona© worldspice.com

Cengkeh

Kemudian yang selanjutnya ada cengkeh. Cengkeh memiliki aroma yang kuat dan tidak disukai oleh semut. Baunya yang tajam membuat semut merasa tidak nyaman dan akhirnya menjauh dari area yang terkena bau cengkeh. Kamu bisa menggunakan minyak cengkeh atau cengkeh kering untuk mengusir semut.

Caranya adalah dengan menaruh beberapa tetes minyak cengkeh di daerah-daerah yang sering dilalui oleh semut atau menaburkan cengkeh kering di sekitar tempat-tempat yang rawan diserang semut. Cengkeh sebagai pengusir semut, tidak hanya menjadi solusi yang efektif tetapi juga aman dan ramah lingkungan.

3 dari 8 halaman

Ilustrasi Minyak Kayu Putih © Diadona© pikiran-rakyat.com

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dikenal memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang kuat, sehingga sering digunakan dalam produk-produk perawatan tubuh dan kesehatan. Namun, minyak kayu putih juga dapat digunakan sebagai pengusir semut alami. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan campuran tersebut di daerah-daerah yang sering dilalui oleh semut.

Bau kuat dari minyak kayu putih akan membuat semut menjauh dari area yang telah disemprotkan. Plus, minyak kayu putih juga memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu mencegah infeksi dan iritasi pada kulit akibat gigitan semut.

4 dari 8 halaman

Ilustrasi Cuka Putih © Diadona© 2020 https://www.diadona.id

Cuka Putih

Bahan pengusir semut alami yang selanjutnya adalah cuka. Campurkan cuka putih dengan air dalam botol semprot dan semprotkan di daerah-daerah yang sering dilalui oleh semut. Bau asam dari cuka akan membuat semut merasa tidak nyaman dan akhirnya mereka akan pergi mencari tempat lain.

Keuntungan lain dari penggunaan cuka ini adalah memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu membersihkan permukaan dan mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri di rumah. Lumayan kan untuk kebersihan rumah.

5 dari 8 halaman

Ilustrasi Kemangi © Diadona© 2020 https://rawpixel.com/

Daun Kemangi

Daun kemangi juga bisa kamu gunakan sebagai bahan pengusir semut alami. Bau yang khas dari daun kemangi ternyata tidak disukai oleh semut loh, Diazens. Selain itu, cara penggunaannya pun cukup mudah.

Jadi, kamu bisa menempatkan daun kemangi segar di daerah-daerah yang sering dilalui oleh semut, seperti di sekitar dapur atau area tempat makan. Selain itu, kamu juga bisa membuat larutan air dengan daun kemangi yang telah ditumbuk, lalu menyemprotkannya di area yang rawan diserang semut.

6 dari 8 halaman

Ilustrasi Merica Putih © Diadona© 2020 https://www.diadona.id

Merica

Merica adalah bahan alami selian cabe yang memiliki aroma yang pedas. Nah, ini lah yang tidak disukai semut. Bau dan rasa pedas dari merica dapat membuat semut menjauh.

Carapenggunaannya sangat sederhana, kamu hanya perlu menaburkan sedikit merica di jalur-jalur atau daerah-daerah yang sering dilalui oleh semut. Merica dapat mengganggu penciuman semut, sehingga mereka akan bingung dan akhirnya meninggalkan area tersebut.

7 dari 8 halaman

Manfaat Kulit Jeruk © Diadona© 2021 cookist.com/

Kulit Jeruk

Terakhir, bahan pengusir semut alam i yang bisa kamu gunakan adalah kulit jeruk. Sama seperti bahan-bahan di atas, kulit jeruk memiliki aroma yang cukup kuat. Sehingga bisa kamu gunakan untuk mengusir semut dari rumah.

Caranya adalah dengan menempatkan potongan-potongan kulit jeruk di sekitar tempat-tempat yang sering dilalui oleh semut, seperti di sekitar tempat makan atau di sudut-sudut dapur. Selain itu, kamu juga bisa membuat campuran air dengan kulit jeruk yang ditumbuk dan menyemprotkannya ke tempat yang rawan dilalui semut.

Selain itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan rumah agar tidak ada semut yang mendekat. Pastikan tidak ada sisa-sisa makanan yang berserakan dan pastikan juga tempat sampah selalu tertutup rapat. So, selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diazens!

Beri Komentar