Pengertian Desain Grafis, Interior, dan Produk Menurut Para Ahli

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 4 Juni 2020 10:32
Pengertian Desain Grafis, Interior, dan Produk Menurut Para Ahli
Pengertian desain adalah perencanaan yang dilakukan oleh seseorang sebelum membuat suatu objek.

Pengertian desain adalah rancangan dari suatu objek yang memiliki nilai keindahan dan bermanfaat bagi manusia.

Pernyataan itu juga diperkuat oleh salah satu pakar desain yang bernama JB Reswick. bahwa pengertian desain ialah kegiatan kreatif yang untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Namun pengertian desain tidak hanya itu saja, sebab desain juga terbentuk dari berbagai konteks pembentuknya yang memiliki hasil beragam.

Untuk itu langsung saja kamu simak ulasan berikut tentang pembagian beberapa cabang ilmu desain yang dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Pengertian Desain Grafis

Pengertian Desain © Diadona

Desain Komunikasi Visual atau biasa disebut desain grafis ini selalu menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang yang menyukai seni.  

Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang digunakan untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan media gambar.

Berikut adalah beberapa pendapat ahli mengenai pengertian desain grafis:

1. Jessica Helfand

Jessica Helfand berpendapat, bahwa desain grafis ialah kombinasi yang kompleks antar teks, gambar, angka, dan grafik. Sehingga membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang untuk bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut.

2. Blanchard

Sedangkan menurut Blanchard, desain grafis adalah seni komunikatif yang berhubungan dengan indusri, dan seni dalam menghasilkan gambar visual dari segala permukaan.

3. Danton Sihombing

Desain  grafis merupakan menggabungkan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisaikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi maupun ilustrasi.

2 dari 4 halaman

Pengertian Desain Interior

Pengertian Desain © Diadona

Mungkin saat ini masih banyak yang menganggap jika desainer interior sama dengan dekorator interior. Padahal memilih dan mencocokan dekorasi adalah bagian kecil dari desain interior. Lalu apa sih definisi dari desain interior yang sebenarnya? Berikut penjelasannya.

Desain interior adalah rancangan bagian dalam gedung sebelum benar-benar dibuat, agar memiliki fungsi yang baik dan memiliki tampilan yang menarik.

Namun, untuk memastikan pengertian desain interior seperti yang kamu inginkan, sehingga kita harus membandingkannya dengan pendapat para ahli. Diantaranya adalah:

1. D.K. Ching

Desain interior ialah menata ruang dalam bangunan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sarana untuk bernaung dan berlindung.

2. Alexander C

Sedangkan pendapat Alexander C, bahwa desain interior adalah komponen fisik tepat dari suatu struktur fisik.

3 dari 4 halaman

Pengertian Desain Produk

Pengertian Desain © Diadona

Saat ini nilai dari sebuah produk tidak hanya dilihat dari manfaatnya saja, namun ada nilai estetika dari desain produk yang harus diperlihatkan.

Selain itu desain pada jenis layanan atau barang produksi sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis. Oleh karena itu perlu diketahui tentang apa itu desain produk.

Desain produk terdiri dari dua kata yaitu desain dan produk. Desain berarti kerangka bentuk atau rancangan, sedangkan produk ialah barang atau jasa yang dibuat dan kemudian di proses produksi menjadi hasil akhir lebih bernilai.

4 dari 4 halaman

Sedangkan beberapa ahli berpendapat tentang desain produk, adapun diantaranya adalah:

1. Imam Djati Widodo

Menurut Imam Djati Widodo, desain produk ialah suatu pendekatan sistematis dalam perencanaan produk dan proses yang berpengaruh, seperti manufaktur dan pendukungnya.

2. Yus R Hadjadinata

Sedangkan menurut Yus R Hadjadinata, berpendapat bahwa desain produk berhubungan dengan bentuk dan fungsi.

3. Bagas Prastyowibowo

Pengertian desain produk merupakan salah satu unsur untuk mengembangkan industri, supaya hasil industri produk tersebut dapat diterima oleh masyarakat.

Beri Komentar