Paling Banyak Digandrungi, Ini Aturan Membuat Desain Rumah Bergaya Open Floor!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 16 September 2020 17:09
Paling Banyak Digandrungi, Ini Aturan Membuat Desain Rumah Bergaya Open Floor!
Trend dekorasi rumah konsep modern yang banyak diminati.

Salah satu konsep hunian era modern yang banyak digandrungi khususnya untuk para workaholic adalah open floor plan. Konsep yang cocok digunakan pada rumah minimalis ini bahkan memungkin untuk tidak memberikan sekat sama sekali di dalam rumah lho Moms. Jadi benar-benar hanya ada satu ruangan yang mencakup keseluruhan.

Dengan menerapkan konsep open floor plan, Moms bisa menggabungkan antara ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, hingga ruang kerja dalam satu ruang yang luas. Tak asal, berikut in beberapa aturannya.

1 dari 5 halaman

Menggunakan Karpet

Tips Memilih Karpet Sesuai dengan Ruangan © Diadona

Keuntungan mengaplikasikan konsep ini adalah memudahkan Moms untuk melakukan berbagai aktivitas secara lebih praktis dan efesien selain meminimalisir penggunaan ruangan. Karpet sendiri merupakan salah satu benda yang penting dalam rumah yang menggunakan layout open floor.

Area keberadaan karpet mewakili fungsi-fungsi tersendiri dari sebuah ruangan. Contohnya ketika Moms akan mendesain ruang keluarga, maka karpet yang digunakan merupakan karpet tebal dan hangat. Hal ini akan mencerminkan suasana yang diharapkan dari ruangan tersebut.

2 dari 5 halaman

Pisahkan Area untuk Pribadi dan Umum

Salah satu hal yang perlu Moms perhatikan ketika akan membuat desain rumah dengan layout open floor adalah mengetahui mana ruangan yang pantas untuk dibatasi dan mana yang tidak. Sebagai contoh sebuah ruang tamu merupakan ruang untuk menerima tamu, mereka bisa keluarga jauh atau bahkan orang asing. Jadi perlu diperhatikan sejak awal pembangunan bahwa meski menggunakan gaya open floor sebuah ruangan memang perlu diperhatikan fungsinya.

3 dari 5 halaman

Jangan Membuat Sebuah Area Terlalu Lebar

Sering kali karena tidak ada pembatas antara ruang satu dengan yang lainnya orang malah membuat tatanan yang terlalu besar untuk sebuah area. Hal ini selain akan memakan space juga akan mengurangi keintiman dalam keluarga. Oleh karena itu buatlah area-area kecil dalam tatanan sehingga kehangatan dalam keluarga tetap terjaga.

4 dari 5 halaman

Memilih Furnitur

Open Plan Floor © Diadona

Selain dengan menggunakan karpet, banyak orang menggunakan furnitur untuk memisahkan ruang satu dengan yang lainnya. Hal ini juga bisa Moms lakukan. Namun, jika Moms ingin menggunakan furnitur untuk memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya, maka pastikan memilih furnitur yang tepat.

Banyak furnitur yang memiliki bagian belakang yang tidak terpoles dengan baik hal ini mungkin akan menyebabkan ketidak nyamanan dalam aktivitas. Oleh sebab itu, perhatikan bagian belakang furnitur dan pastikan bagian tersebut dapat dimasukkan dalam dekorasi interior rumah minimalis sederhana di rumah.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Cat

Cara cerdas yang bisa Moms gunakan untuk membedakan satu ruangan dengan ruangan lainnya adalah dengan menggunakan cat di dalam rumah. Selain untuk memisahkan fungsi dari dua ruangan, penggunaan cat juga dapat menambah kenyamanan dalam sebuah rumah. Memberikan warna cat yang berbeda dalam sebuah ruangan dapat memberikan dimensi dalam ruangan tanpa menghadirkan kesan berlebihan.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengapliaksikan konsep open floor plan di rumah. Semoga menginspirasi Moms.

Beri Komentar