5 Material Lantai buat Percantik Area Dapur, Hayo Pilih yang Mana?

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 15 September 2020 09:00
5 Material Lantai buat Percantik Area Dapur, Hayo Pilih yang Mana?
Banyak material yang bisa dipilih Moms, berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

Dapur menjadi salah satu tempat penting untuk Moms dan keluarga. Meskipun letaknya tersembunyi, namun sudah pasti dapur akan selalu digunakan dan dikunjungi anggota keluarga. Sebagai salah satu ruangan yang sangat aktif, penting bagi Moms untuk menatanya dengan lebih aman dan nyaman. Elemen interior utama yang dapat berpengaruh kepada suasana dapur adalah pemilihan lantai dapur. Berikut ini beberapa material yang bisa moms gunakan.

1 dari 5 halaman

Material Granit

Dapur dengan Material Granit © Diadona

Bahan granit membuat area dapur terlihat semakin mewah dan elegan. Kelebihan material granit adalah sangat kuat, memiliki banyak variasi warna, dan tidak menyerap air.

Walaupun terbilang cukup mahal, bahan ini disukai karena punya karakter kuat. Permukaannya yang halus menciptakan tampilan menarik.

Granit lebih mudah dibersihkan dibandingkan marmer. Namun proses pembuatannya sangat memakan waktu karena susah saat dipotong, bisa retak kalau pemasangan salah, hingga pisau dapur bisa cepat tumpul terkena granit.

 

2 dari 5 halaman

Material Marmer

Batu alam ini juga terkesan mewah dan tidak hanya dipasang untuk lantai, melainkan bisa untuk meja dapur.  Bahan marmer akan membuat area dapur semakin mewah, meski material ini rentan terhadap goresan. 

Kelebihan marmer adalah tahan air, tahan panas, membuat meja dapur terlihat mewah, dan punya motif yang unik. Namun, harganya yang cukup mahal membuat beberapa orang berfikir dua kali saat akan menggunakan bahan ini. Tak hanay itu, bahan marmer juga mudah sekali tergores dan sulit untuk diperbaiki. Marmer agak sulit dirawat karena mudah sekali menyerap noda.

3 dari 5 halaman

Material Stainless

Dapur Material Stainless © Diadona

Kalau dapur atau rumah Moms mengusung gaya kontemporer atau industrial, maka meja dapur dari material stainless steel bisa jadi pilihan.

Kelebihan stainless steel adalah mudah dibersihkan, higienis, dan tahan air. Marelial ini termasuk material yang premium, dan pilihan pas untuk dapur modern. Kekurangan stainless steel adalah bahan ini termasuk berisik dan termasuk mahal, dan mudah tergores.

4 dari 5 halaman

Beton Cor

Jika Moms ingin meja dapur dari material yang berbeda, maka bisa memilih beton untuk meja dan area dapur. Beton tidak hanya untuk lantai atau dinding, tapi bisa untuk meja dapur dan tentunya bahan ini sangat kuat. 

Kelebihan beton adalah bisa diwarnai, tahan gores, tahan panas, terlihat berbeda, dan bisa didekorasi. Kekurangan beton adalah bisa retak setelah cukup lama, mahal lantaran dibuat by custom.

5 dari 5 halaman

Kayu

Dapur Material Kayu © Diadona

Kayu yang telah diberi antijamur dan dikeringkan dengan baik dapat menjadi alternatif bahan untuk area kerja. Agar biayanya tidak terlalu mahal, dapat menggunakan veneer atau MDF dan kayu lapis yang telah dilaminasi.

Kelebihan kayu adalah relatif mudah dibersihkan, tahan lama kalau dirawat, cocok untuk desain dapur bergaya country. Kekurangan kayu adalah mudah tergores oleh pisau, bisa rusak oleh air, bakteri bisa muncul kalau tidak dirawat.

Nah, itulah beberapa ide material untuk area dapur yang bisa digunakan. Semoga menginspirasi Moms.

Beri Komentar