Pahami dengan Seksama, Ini Kriteria Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Lansia

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 11 Februari 2021 12:00
Pahami dengan Seksama, Ini Kriteria Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Lansia
Penting diketahui, ini adalah beberapa kriteria menghadirkan rumah yang nyaman dan aman bagi lansia tanpa mengurangi produktivitasnya.

Keberadaan rumah menjadi kebutuhan utama bagi setiap manusia. Terlebih, kita tentunya ingin hidup bahagia dan nyaman untuk menikmati hari tua dengan mendiami tempat untuk bersinggah.

Nah, jika saat ini Moms sedang tinggal di rumah bersama seorang lansia, maka perlu diperhatikan pula beberapa hal untuk membuat mereka tetap nyaman dan membuatnya lebih produktif. Jika mereka nyaman dan tenang tinggal di rumah, hal ini juga bisa mengurangi depresi pada lansia lho.

Melansir dari Geriatri pada Kamis (11/2/2021), berikut beberapa kriteria yang sepatutnya Moms perhatikan untuk membuat rumah tampak nyaman dan aman untuk lansia. Semoga membantu!

1 dari 6 halaman

1. Lantai

Pemilihan lantai penting untuk diperhatikan. Sebaiknya Moms menghindari pemilihan material lantai yang licin karena bisa membahayakan lansia. Lantai licin bisa menyebabkan lansia terpeleset. Sebaiknya pilih lantai bertekstur atau dilapisi karpet.

2 dari 6 halaman

2. Perabotan

Kriteria Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Lansia © Diadona

Jangan terlalu banyak menaruh perabot di rumah karena akan membatasi ruang gerak lansia. Tak hanya itu, banyaknya perabotan juga dikhawatirkan akan tersenggol dan jatuh Moms. tentu, bisa berakibat fatal jika pecahannya terkena lansia. Maka, gunakan perebotan seperlunya saja ya.

3 dari 6 halaman

3. Tangga

Jika kondisi rumah terdapat lebih dari satu lantai, maka perhatikan desain anak tangganya. Jangan terlalu tinggi karena akan menyulitkan lansia. Selain itu buat bidang miringnya selandai mungkin ditembah pegangan di kedua sisi.

4 dari 6 halaman

4. Toilet

Pemilihan lantai kamar mandi dan closet harus menjadi perhatian. Closet duduk menjadi pilihan tepat untuk lansia, namun closet jongkok juga tetap bisa digunakan, kok. Yang menjadi poin pentingnya adalah bagaimana mereka bisa beraktivitas dengan mudah di kamar mandi.

5 dari 6 halaman

5. Kamar Tidur

Kriteria Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Lansia © Diadona

Pilih tempat tidur yang tidak terlalu tinggi untuk memudahkan lansia naik-turun. Hal ini juga tentunya untuk menciptakan kenyamanan saat mereka tidur. Usahakan kamar tidur memiliki ventilasi sehinga sinar matahari bisa masuk, terutama pada pagi hari Moms.

6 dari 6 halaman

6. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Keadaan rumah yang nyaman untuk lansia Akan jauh lebih baik lagi jika lingkungan sekitar mampu menunjang aktivitas lansia. Misalnya dekat dengan mini market yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki, dekat denngan fasilitas olah raga dan lain sebagainya.

Nah, semoga para orangtua yang sudah lanjut usia ini tetap aman dan mampu beraktivitas nyaman di rumah tanpa mengurangi produktivitasnnya ya Moms. Semoga tips di atas membantu. Selamat mencoba!

Beri Komentar