8 Inspirasi Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik yang Bikin Kamu Nyaman saat Beribadah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 25 September 2023 19:47
8 Inspirasi Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik yang Bikin Kamu Nyaman saat Beribadah
Mushola dalam rumah minimalis unik tidak hanya sekadar untuk pelengkap rumah saja, tetapi juga bisa menampilkan keindahan di dalamnya.

Bagi muslim, kehadiran mushola dalam rumah minimalis unik bisa menjadi salah satu cara untuk tetap melaksanakan ibadah dengan lebih mudah. Dengan adanya mushola, kamu bisa beribadah dengan lebih tenang dan khusyuk tanpa ada gangguan dari aktivitas di ruangan lain.

Adapun menciptakan ruangan mushola dalam rumah dapat memberikan kenikmatan tersendiri untuk menjalankan ibadah setiap harinya. Kesempatan dalam melaksanakan ibadah tidak serta merta dilakukan secara individual, tetapi kamu juga bisa mengajak keluarga untuk melaksanakan ibadah secara bersama-sama. 

Berikut ini rekomendasi 8 model mushola dalam rumah minimalis unik yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi di rumah.

1 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik dengan Gaya Industrial

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Ruangan mushola yang satu ini memiliki tampilan yang unik ya! Gaya industrial merupakan konsep ruangan dengan tampilan setengah jadi atau unfinished. Gaya ini menggunakan komponen-komponen yang sengaja diperlihatkan untuk menghasilkan kehadiran ruangan dengan sentuhan alami dari bahan penyusunnya. Kehadiran dinding dari batu bara, lantai dari kayu serta atap yang hanya disemen menunjukan tampilan ruangan yang hangat tetapi tetap estetik.

2 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik dengan Nuansa Hitam dan Putih

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Penggunaan warna hitam dan putih pada ruangan mampu memberikan kesan yang elegan dan memukau mata. Kedua warna ini merupakan kombinasi warna terbaik dan cocok untuk digunakan di segala konsep ruangan. Warna hitam dan putih juga merupakan warna dasar yang mudah untuk dicari. 

Adapun kamu bisa mulai untuk menghiasi ruangan dengan nuansa hitam dan putih ini dengan mencari dekorasi-dekorasi ruangan yang mempunyai sentuhan warna hitam dan putih yang polos maupun bermotif. Selain itu, pilihan furnitur dengan menggunakan tekstur yang mengkilap, matte, velvet maupun berbagai macam tekstur lain bisa kamu pilih untuk menambahkan kesempurnaan mushola di rumah.

3 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik dengan Nuansa Cokelat Tua

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Warna cokelat adalah warna yang menciptakan tampilan ruanganmu terlihat sederhana. Warna ini juga melibatkan unsur alam yang bisa membuatmu terasa nyaman saat berada di dalam ruangan. 

Meskipun dasar dari warna cokelat tua memang memiliki tampilan yang cenderung gelap, tetapi kamu juga bisa menampilkan ruang mushola terlihat menyala. Kamu bisa memadukan warna dinding lainnya yang memiliki keserasian dengan warna cokelat, salah satunya dengan warna putih. Selain itu, kehadiran pencahayaan ruang mushola yang cukup bisa membantumu dalam melaksanakan ibadah secara maksimal.

4 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik dengan Tampilan Semi Modern

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Jika kamu ingin memiliki tampilan mushola yang memperlihatkan gaya tradisional tetapi juga menghadirkan kesan yang modern, mungkin kamu bisa coba dengan desain yang satu ini. Kehadiran ornamen kayu yang diletakan di dalam mushola tidak hanya untuk memberikan keindahan saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai pembatas dalam menentukan arah kiblat sholat yang terlihat lebih mencolok. Selain itu, tambahan dari dekorasi lampu yang memiliki bentuk seperti lentera lilin dapat menambahkan kesan ruangan mushola yang klasik.

5 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik dengan Sentuhan Marmer

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran marmer yang ada di sebuah ruangan mushola akan memberikan kesan yang terasa elegan dan mewah. Dengan berbagai motif dan corak yang khas serta alami yang dibawa oleh marmer akan menjadikan ruangan mushola kamu tidak sepi. 

Adapun marmer juga memiliki sifat yang bisa menahan panas, sehingga cocok untuk memberikan efek yang sejuk saat berada di mushola rumah minimalis tersebut.

6 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik Dengan Konsep Tropis yang Kontemporer

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Desain mushola ini dirancang untuk bisa menggunakan penerangan ruangan secara alami, terlebih di siang hari. Dengan menggunakan kaca yang diletakkan di sudut ruangan dan memiliki ukuran yang pas, ini bisa membantumu untuk mendapatkan penyinaran yang cukup untuk ruang mushola. Selain itu, ruang mushola juga akan terlihat lebih menonjol dengan menghadirkan simbol suci yang terukir di kaca. 

Tampilan dinding dan atap yang menggunakan bahan baja atau metal yang berwarna putih menjadikan tampilan ruang mushola terasa lebih leluasa, kuat dan mampu melindungi dari benturan.

7 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik di Tengah Ruangan

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Ingin memiliki ruangan mushola secara terpisah tetapi bingung untuk menentukan letak pembangunannya di mana? Coba deh ikutin desain mushola seperti yang ada di gambar ini.  

Meskipun memiliki lahan rumah yang terbatas, kamu juga bisa loh menciptakan mushola terbuka seperti ini. Kamu bisa menyisakan ruang mushola yang menyempil di antara ruangan-ruangan lainnya dengan menggunakan penyekat dinding.  Mushola tidak harus memiliki ukuran ruangan yang terlalu besar maupun kecil, tetapi sebaiknya memiliki ukuran yang pas sehingga tidak terkesan sempit.

8 dari 8 halaman

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik dengan Tempat Wudhu di Samping

Mushola Dalam Rumah Minimalis Unik © Diadona

Kemudahan dalam mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan sebelum melaksanakan ibadah bisa dilakukan dengan cara menyediakan tempat wudhu yang ada di samping mushola. Dengan jarak antara tempat wudhu dan tempat sholat yang dirancang lebih dekat, kamu gak perlu waktu yang lama dalam menyegerakan pelaksanaan ibadah.  

Adapun jika kamu tidak ingin lantai di tempat wudhu menjadi terlalu basah, kamu bisa menggunakan rumput sintetis yang memiliki kemudahan dalam menyerap air dibandingkan dengan ubin. Sebagai pemanis ruang mushola, kamu juga bisa menambahkan batu dan tanaman di sekitar tempat wudhu. 

Berbagai kondisi dalam rumah tidak membatasi kamu untuk tetap menciptakan mushola dalam rumah minimalis unik ya! Kehadiran mushola di rumah bisa membantumu untuk tetap fokus dalam menjalani ibadah dengan lebih nyaman. Mana nih desain mushola rumah minimalis yang menarik perhatianmu?

 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Baca Juga: 8 Desain Kantor Minimalis yang Nyaman, Bikin Kinerja Kian Produktif 8 Meja Kerja Minimalis dengan Berbagai Model yang Menarik dan Modern 8 Meja Kantor Minimalis Ini Bikin Nyaman saat Bekerja loh, Yakin Gak Mau Coba? 9 Pagar Lipat Minimalis dengan Model yang Simpel dan Tahan Lama 10 Rekomendasi Kursi Besi Minimalis, Bikin Ruangan Makin Estetik!

Beri Komentar