Menata Ulang Hunian dengan 4 Dekorasi yang Bisa Dibuat Sendiri

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 29 Januari 2021 12:00
Menata Ulang Hunian dengan 4 Dekorasi yang Bisa Dibuat Sendiri
Tips mendekorasi rumah dengan barang seadanya.

Memiliki hunian yang nyaman tentu adalah tujuan utama. Namun, dibalik kenyamanan tersebut Moms harus melakukan beberapa usaha untuk membuat rumah tampak menarik dipandang.

Yap, belakangan ini memang lagi tren mendekorasi rumah dengan barang seadanya. Tentu, Moms juga bisa kok melakuakn hal ini di rumah. Melansir dari Suara pada Jumat (29/1/2021), berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat dekorasi sendiri di rumah yang tentunya praktis dan mudah ditiru.

1 dari 4 halaman

1. Memaksimalkan Fungsi Botol dan Toples Kaca

DIY Lampu Gantung © Diadona

Botol dan toples kaca yang tak terpakai di rumah bisa dimanfaatkan untuk mengubah berbagai keperluan dekorasi pada hunian. Sebagai contoh, toples bisa menjadi wadah untuk tanaman hias terrarium, diisi tanaman lalu digantung di teras, atau dihias untuk jadi tempat pensil, wadah aksesoris, atau barang-barang kecil lain di rumah. Botol atau toples kaca juga bisa jadi bahan cover lampu meja dengan memasang bohlam di dalamnya, lho. Jadi, jangan dibuang ya Moms.

2 dari 4 halaman

2. Manfaatkan Sisa Material Bangunan untuk Dekorasi

Ilustrasi Material Bangunan © Diadona

Material sisa seperti balok beton, peti kayu, lempengan keramik, atau cat tembok yang masih tersisa, bisa dimanfaatkan untuk membuat furnitur sendiri atau untuk memperbaiki furnitur yang sudah usang, Moms. Misalnya, Moms bisa membuat nakas tempat tidur, coffee table, atau kabinet menggunakan balok beton, menumpuk peti kayu yang sudah dicat menjadi rak, atau membuat meja makan kecil dari keramik.

3 dari 4 halaman

3. Menggunakan Selotip untuk menghias Dinding

Menghias Tembok dengan Selotip © Diadona

Dengan menempelkan selotip warna, Moms bisa membentuk sebuah motif atau pola sesuai keinginan. Seberapa rumit dan mendetail pola yang dibuat tergantung dengan kemampuan orang yang mengerjakannya. Selotip ini juga bisa ditempel membentuk mozaik dengan ukuran yang besar. Lalu, sebagian dari bidang di tembok bisa dicat untuk memberikan efek mozaik yang lebih berwarna dan ramai.

4 dari 4 halaman

4. Mengguanakan Serteb Tie Dye untuk Menambah Warna Meja Makan

Mengguanakan Serteb Tie Dye © Diadona

Teknik tie dye belakanmgan ini memang lagi hits. Perpaduan warna putih dan warna lain yang menjadi pilihan akan menarik perhatian dan mempercantik meja makan rumah. Caranay adalah sebagai berikut.

Gulung serbet putih hingga berbentuk spiral. Ikat serbet dengan tali secara menyilang pada sisi yang berbeda hingga membentuk beberapa bagian. Tumpahkan pewarna pakaian pada bagian yang Anda inginkan. Diamkan selama 6-8 jam dan jauhkan dari paparan sinar matahari. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan serbet sudah siap digunakan untuk jamuan.

Bagaimana Moms, tertarik untuk mendekorasi rumah dengan barang yang bisa dibuat sendirikan? Semoga menginspirasi ya.

Beri Komentar