Macam-macam Warna yang Cocok untuk Jadi Referensi Dekorasi Rumah Kamu

Reporter : Sheila Fathin
Sabtu, 5 Juni 2021 11:00
Macam-macam Warna yang Cocok untuk Jadi Referensi Dekorasi Rumah Kamu
Pilih warna yang cocok sesuai dengan kamu!

Macam-macam warna punya arti dan kesan akibat ditimbulkan dari suatu pantulan cahaya pada mata. Warna masuk ke dalam unsur seni rupa yang terbuat dari sebuah pigmen warna atau zat warna. 

Warna sendiri merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya putih dan dapat tercipta melalui gelombang cahaya. Penciptaan warna ini ditentukan dari panjang gelombang. Contohnya adalah warna biru yang memiliki panjang gelombang 460 nanometer, sedangkan panjang gelombang warna yang bisa ditangkap mata berkisar 380-780. Sehingga, warna biru merupakan warna dingin yang tidak mencolok.

Macam-macam warna ini sangat beragam, setiap warna mengandung makna yang terkandung di dalamnya. Warna juga bisa melambangkan sesuatu hal, baik itu sifat seseorang, karakter ataupun kepribadian. Agar lebih tahu tentang macam-macam warna beserta penjelasannya, kamu bisa simak artikel ini baik-baik, ya!

1 dari 7 halaman

Macam-macam Warna Biru

Macam-macam Warna © Diadona

Warna biru adalah salah satu warna primer selain warna merah dan kuning. Warna biru sendiri memiliki warna turunan yang bisa diidentifikasikan ke dalam beberapa macam warna yang memiliki kemiripan dengan biru. Apa saja itu?

  • Biru muda

  • Biru Langit

  • Biru toska

  • Biru dongker atau navy

  • Biru gelap

Beberapa diantaranya masih banyak macam-macam warna biru yang belum disebutkan. Untuk menjadi referensi bisa lihat color palettenya

2 dari 7 halaman

Macam-macam Warna Pink

Macam-macam Warna © Diadona

Warna pink atau merah muda adalah warna hasil dari pencampuran dari warna primer merah dengan warna putih. Macam-macam warna pink ini juga beragam. Seperti misalnya :

  • Warna peach

  • Baby Pink

  • Bubble gum

  • Violet Red

Macam-macam warna pink bisa kamu lihat di color palettenya, ya.

3 dari 7 halaman

Macam-macam Warna Hijau

Macam-macam Warna © Diadona

Sebelum menjadi warna hijau, ada pencampuran warna dulu yang harus dilakukan. Warna yang dicampur adalah warna kuning dan biru. Warna yang dihasilkan dari pencampuran dua warna primer ini nantinya akan membuat macam-macam warna hijau. Macam-macam warna hijau diantaranya :

  • Warma hijau army

  • Hijau toska

  • Hijau lumut

  • Hijau muda

 

4 dari 7 halaman

Macam-macam Warna Ungu

Macam-macam Warna © Diadona

Dulu warna ungu dikenal sebagai warna janda dan jarang pula orang-orang mengenakan busana yang berwarna ungu. Namun, hal itu berbeda sekarang. Warna ungu tidak lagi identik dengan warna janda.

Membuat warna ungu, kita hanya perlu mencampurkan dua jenis warna primer yaitu biru dan merah. Macam-macam warna ungu juga beragam. Jika ingin tahu lebih detailnya bisa lihat color palette dari warna ungu, ya.

5 dari 7 halaman

Macam-macam Warna Coklat

Macam-macam Warna © Diadona

Macam-macam warna coklat yang beragam ini merupakan perpaduan dari warna kuning gelap, merah dan orang. Warna coklat adalah warna yang digemari untuk baju karena warnanya cocok dan bisa dipadupadankan dengan warna lain. Warna coklat ini juga identik dengan warna earth tone.

6 dari 7 halaman

Macam-macam Warna Merah

Macam-macam Warna © Diadona

Warna merah memiliki macam-macam warna yang beragam juga di dalamnya. Warna merah adalah warna yang berada di posisi frekuensi cahaya yang paling rendah yang bisa ditangkap oleh mata. Memiliki panjang gelombang cahaya, warna merah jangkaunnya sekitar 630-760

Warna juga termasuk ke dalam warna primer yang digunakan untuk mencampur warna-warna lainnya dan membuat warna baru. Macam-macam warna merah bisa dilihat pada color palettenya ya.

7 dari 7 halaman

Macam-macam Warna Kuning

Macam-macam Warna © Diadona

Macam-macam warna kuning berada pada posisi derajat frekuensi cahaya yang paling tinggi. Hal itu lah yang membuat warna kuning termasuk warna yang paling cerah dibandingkan warna-warna lainnya. 

Macam-macam warna ini seringkali digunakan sebagai pilihan warna untuk mendesain entah itu desain grafis, lettering dan masih banyak lainnya lagi. Menurut Diazens, kira-kira palette warna ini bermanfaat nggak?

Beri Komentar