30 Macam-macam Bunga Hias di Dunia yang Bisa Mempercantik Rumah

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 27 Mei 2021 17:28
30 Macam-macam Bunga Hias di Dunia yang Bisa Mempercantik Rumah
Sedikit sentuhan dari bunga, rumah kamu bisa terlihat begitu indah

Macam-macam bunga hias di dunia sangat beragam. Ada lebih dari 400.000 spesies tumbuhan di dunia. Selain itu banyak bunga juga tumbuh secara alami di hutan, pada rumput, gurun, dan tundra yang membuat bunga tersebut terlihat indah dan unik di mata pecinta bunga. Banyak para pecinta bunga rela mengocek kantong untuk memiliki bunga-bunga yang unik dan indah untuk dirawatnya di rumah dan dijadikannya sebagai tanaman hias. 

Bagaimana kamu akan memilih dari 400.000 spesies bunga yang sesuai dengan kamu? 400.000 spesies bukanlah jumlah yang sedikit. Maka dari itu, Diadona akan membantu merangkumkan sedikit macam-macam bunga hias di dunia yang bisa kamu rawat di rumah sebagai tumbuhan yang bisa mempercantik rumah kamu. Apa saja kira-kira?

1 dari 2 halaman

Macam-macam Bunga Hias

Bunga hias sering kali digunakan untuk menghiasi rumah agar terlihat asri dan cantik. Biasanya rumah-rumah yang memiliki banyak tanaman hias terlihat lebih nyaman untuk merileksasikan pikiran sejenak dari hal-hal yang mengganggu. Nah, berikut ini adalah macam-macam bunga hias yang bisa jadi referensi kamu untuk menambah koleksi kamu di rumah :

Bunga Angelica

Macam-macam bunga © Diadona

Macam-macam bunga hias salah satunya adalah bunga Angelica. Bunga Angelica ini sering disebut sebagai seledri liar karena kemiripannya dengan bunga dari seledri. Selain itu bunga Angelica ditemukan dalam teh dan pengobatan herbal. Tumbuhan ini memiliki warna hijau dan putih.

Bunga Angelonia

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Angelonia, macam-macam bunga hias yang yang populer dan bisa ditanam pada pot maupun di pekarangan rumah. Bunga ini tumbuh dan mekar dengan mudah tanpa perlu perawatan yang khusus. 

Bunga Aster

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga aster adalah bunga yang berasal dari Tiongkok. Banyak orang yang suka dengan bunga hias ini. Bunga ini memiliki warna yang beragam dan cantik. Tentunya bunga Aster selalu disukai oleh kupu-kupu selain untuk mendapatkanya nektarnya, warnanya cantik sungguh menarik perhatian.

Bunga Astilbe

Macam-macam bunga © Diadona

Macam-macam bunga hias yaitu bunga Astilbe memiliki tekstur yang tampak halus dengan bunganya yang panjang seperti pakis. Bunga-bunga ini sebenarnya dapat menahan tanah yang lembab dan naungan, sambil tetap tumbuh antara satu hingga enam kaki. Bunga Astilbe memiliki warna pastel yang cantik-cantik. 

Bunga Azalea

Macam-macam bunga © Diadona

Sering disebut sebagai " keluarga kerajaan" , bunga-bunga elegan ini dikenal karena warna dan dedaunannya yang luar biasa. Dengan ribuan varietas untuk dipilih, Azalea membutuhkan sedikit perawatan setelah ditanam dan dapat dibawa masuk untuk membuat buket yang luar biasa.

Bunga Balon

Macam-macam bunga © Diadona

Salah satu macam-macam bunga hias adalah bunga Balon. Bunga Balon ini awalnya berbentuk balon berwarna hijau. Kemudian saat setelah balon itu meledak, bunga ini berubah menjadi bunga berbentuk bintang yang berwarna ungu.

Bunga Pacar Air

Salah satu bunga hias adalah bunga pacar air. Bunga pacar air juga bisa dikenal sebagai bunga balsam. Bunga ini mudah dirawat, tumbuh subur di tempat yang lebih teduh, tahan panas, dan tahan terhadap tanah yang lembab. Bunga datang dalam hampir setiap warna pelangi, termasuk merah, oranye, kuning, ungu, putih dan merah muda.

Bunga Alyssum

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Alyssum memiliki  warna kuning cerah dan bunga-bunga yang tumbuh rendah. Ini menjadi tambahan yang sempurna untuk taman batu atau xeriscape.

Bunga Bee Balm

Macam-macam bunga © Diadona

Dengan nama Bee balm, bunga hias ini tidak hanya menarik lebah, tetapi juga burung kolibri dan penyerbuk bermanfaat lainnya. Bunga Bee Balm sangat dihargai karena warnanya yang merah tua, tetapi juga berwarna biru, ungu, putih dan merah muda.

Bunga Begonia

Macam-macam bunga © Diadona

Macam-macam bunga hias, bunga Begonia dikenal karena saat mekar bunga ini cukup menarik. Begonia adalah favorit abadi di kalangan tukang kebun. Terdiri dari lebih dari 1.700 spesies, Begonia juga merupakan tanaman dalam ruangan yang baik jika disimpan di dekat jendela yang cerah dan disiram secara teratur.

Bunga Bellflower

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Bellflower memiliki bentuk bunga seperti bintang. Bunga Bellflowers yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan setiap tukang kebun. Mulai dari yang pendek hingga tinggi, dan menampilkan hampir setiap warna pelangi, bunga-bunga ceria ini sangat cocok untuk taman atau dipotong untuk dipajang di rumah.

Bunga Blackeyed Susan

Macam-macam bunga © Diadona

Dikenal sebagai bunga resmi untuk Preakness, Black Eyed Susans adalah anggota dari keluarga bunga matahari. Selain membuat rangkaian bunga hias ini dapat membuat ruangan menjadi indah. Selain itu Black Eyed Susans menarik kupu-kupu, lebah, dan serangga bermanfaat lainnya.

Bunga Bloodroot

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Bloodroot adalah tanaman herbal yang berbunga tahunan.  Tanaman ini merupakan satu-satunya spesies dalam genus Sanguinaria, diklasifikasikan ke dalam famili Papaveraceae, dan memiliki hubungan yang dekat dengan Eomecon di belahan timur Asia.

Bunga Butterfly Weed

Macam-macam bunga © Diadona

Macam-macam bunga hias yang salah satunya digemari oleh serangga seperti kupu-kupu adalah bunga Butterfly Weed. Bunga ini adalah tanaman yang kuat ini dapat bertahan di bawah sinar matahari penuh dan berbagai jenis tanah.

Bunga Calendula

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Calendula ini sering kali digunakan sebagai bahan untuk skincare. Bunga ini punya warna yang cantik, orange dan kuning yang dibaur jadi satu. Bunga ini tahan terhadap musim dingin dan bahkan dapat dimakan — daunnya yang pedas sering ditemukan sebagai hiasan dalam salad dan sup.

Bunga Canterbury Bells

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Canterbury Bells seringkali dijadikan sebagai buket bunga hias yang memiliki tinggi kira-kira 2 kaki. Bunga ini terdiri dari warna ungu kebiruan, putih hingga pink.

Bunga Dahlia

Macam-macam bunga © Diadona

Ada 42 spesies Dahlia, tetapi versi yang paling populer dikenal dengan bunganya yang lebat dan berbonggol. Bunga Dahlia adalah bunga hias dan memiliki kecenderungan untuk sulit tumbuh, membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik dan sinar matahari penuh, tetapi hasilnya bagus dengan taman berwarna-warni mulai dari merah hingga ungu hingga merah muda.

Bunga Daisy

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga daisy yang ikonik dan menyenangkan paling dikenal karena bagian tengah kuning cerah dan kelopak putihnya. Bunga Daisy mudah tumbuh dan tidak rewel dalam hal jenis tanah, meskipun tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh.

Bunga Lily

Macam-macam bunga © Diadona

Dengan lebih dari 100 spesies, Lily dikenal karena bunganya yang besar dan menonjol serta filamennya yang panjang. Bunga lili yang masuk ke dalam kategori bunga hias, hadir dalam berbagai warna termasuk putih, kuning, orange, merah muda, merah dan ungu dan beberapa termasuk tanda seperti bintik atau sapuan kuas. 

Bunga Lavender

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga lavender yang termasuk ke dalam macam-macam bunga hias ini sudah tidak asing lagi dikalangan pecinta bunga. Bunga ini cukup memiliki kemampuan yang serbaguna dan bunga Lavender mudah tumbuh, hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari penuh.

Bunga Moonflower

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Moonflower adalah bunga hias berwarna putih yang mekar di malam hari dan menimbulkan bau harum. Bunga Moonflower terlihat semanis kedengarannya. Tanaman ini hanya mekar saat senja dan menutup kembali setelah fajar. Menarik serangga bermanfaat seperti burung kolibri dan ngengat nokturnal, Bunga Moonflower adalah bunga yang sempurna untuk teralis taman, gerbang, atau pagar.

Bunga Anggrek

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Anggrek adalah salah satu bunga hias yang cukup populer.  Bunga Anggrek terdiri dari sekitar 27.800 spesies yang diterima. Genus yang paling umum, Phalaenopsis, biasanya terlihat di kebun rumah. Mereka datang dalam berbagai warna tropis, termasuk ungu, merah muda, orange, merah dan putih.

2 dari 2 halaman

Macam-macam Bunga di Dunia

Bunga Tapak Darah

Tanaman ini bisa tahan lama di kondisi apapun, mudah dikelola dan menghasilkan bunga yang cerah dalam warna ungu, putih atau merah muda. 

Bunga Primula

Macam-macam bunga © Diadona

Macam-macam bunga di dunia salah satunya adalah bunga Primula yang hadir dalam berbagai warna cerah, termasuk merah, oranye, kuning, biru, nila, ungu, putih, dan merah muda. Meskipun populer untuk wadah dalam ruangan, bunga Primula tidak termasuk ke dalam bunga yang tahan lama sama halnya seperti Anggrek atau Poinsettia.

Bunga Mawar

Macam-macam bunga © Diadona

Memiliki lebih dari 100 spesies, bunga Mawar paling sering dikategorikan sebagai bunga berduri karena batangnya yang menjuntai dengan duri tajam. Bunga Mawar bervariasi dalam ukuran dan bentuk, tetapi warnanya cerah mulai dari merah, kuning, oranye, biru, putih, dan merah muda.

Bunga Sanvitalia

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga Sanvitalia adalah bunga yang mirip dengan bunga matahari, hanya bedanya lebih pendek. Bunga Sanvitalia kecil menyerupai bunga matahari yang lebih tinggi dengan bagian tengah berwarna coklat tua dan kelopak kuning keemasan.

Bunga Matahari

Macam-macam bunga © Diadona

Di dunia, bunga matahari selalu menjadi bunga yang disukai semua orang. Dikenal karena batangnya yang tinggi dan kelopaknya yang kuning cerah, Bunga Matahari adalah bunga liar klasik sepanjang masa.

Bunga Sweet Alyssum 

Macam-macam bunga © Diadona

Bunga hias dengan tinggi 30 cm yang tergolong ke dalam tanaman jenis pendek.

Bunga Violet

Macam-macam bunga © Diadona

Di dunia bunga Violet adalah tanaman yang mudah dirawat abadi dengan mekar mulai dari ungu pucat hingga persik.

Bunga Zinnia

Macam-macam bunga © Diadona

Macam-macam bunga di dunia salah satunya adalah bunga Zinnia  yang mudah tumbuh dan menghasilkan bunga mekar berwarna merah, oranye, kuning, ungu, atau merah muda cerah. 

Macam-macam bunga hias di dunia sangat bervariasi dari segi bentuk dan warna bunganya. Bahkan terdapat bunga hias yang bisa dijadikan obat herbal untuk kesehatan kita, lho.

Beri Komentar